Beranda Sains-Teknologi Cara Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Website Bisnis Anda

Cara Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Website Bisnis Anda

Cara Memilih Hosting Murah Terbaik

Ketika kita bicara tentang cara memilih hosting murah terbaik untuk website bisnis, maka sebagian orang akan bingung dalam menentukan provider hosting. Di satu sisi kita ingin hosting yang murah karena budget terbatas, tapi di sisi lain kita juga ingin performa website tetap berjalan dengan baik.

Pada umumnya hosting dengan kualitas performa terbaik akan disertai dengan harga yang cenderung mahal. Namun, tidak selalu seperti itu karena sebenarnya ada juga layanan hosting murah dengan performa yang tidak kalah hebatnya dengan yang mahal.

Seperti kita ketahui bahwa layanan hosting yang kita pakai untuk sebuah website akan sangat berpengaruh pada kinerja website tersebut. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menentukan hosting untuk sebuah website, apalagi website tersebut untuk keperluan bisnis.

Cara Memilih Hosting Murah Terbaik

Perlu dicatat bahwa murah bukan berarti murahan, dan mahal tidak selalu disertai kualitas dan spesifikasi yang kita butuhkan. Jangan pula menyewa hosting terbaik dengan harga yang mahal padahal spesifikasinya terlalu tinggi dan tidak dibutuhkan.

Nah, berikut ini adalah cara mudah menghemat pengeluaran saat menyewa hosting untuk website bisnis:

1. Perhatikan Harga

Ok, budget kamu memang terbatas tapi bukan berarti tidak bisa mendapatkan hosting murah yang handal. Bukalah beberapa situs hosting provider lokal yang cukup ternama di Indonesia dan bandingkan setiap paket yang mereka tawarkan.

Setiap hosting provider memiliki paket-paket harga tertentu yang dapat kamu sesuaikan dengan budget. Kamu juga bisa mencoba mendapatkan harga paket hosting murah dengan menggunakan kode promosi dari situs Promohosting.id. Situs ini merupakan salah satu tempat untuk mendapatkan diskon dari jasa layanan Web Hosting terbaik di Indonesia.

2. Menentukan Tipe Hosting

Mengetahui kebutuhan hosting website kamu adalah suatu keharusan karena akan menentukan performa website dan efisiensi pengeluaran. Secara umum, ada 4 tipe hosting website dengan spesifikasi yang berbeda-beda, yaitu;

  • Shared hosting
  • Virtual Private Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Cloud Hosting

Jika website kamu masih baru akan dibuat, maka sebaiknya menggunakan tipe shared hosting karena lebih murah. Kamu bisa melakukan upgrade bila suatu saat website kamu butuh spesifikasi hosting yang lebih tinggi.

3. Menentukan Kapasitas Bandwidth

Ok, anggap saja kamu memilih shared hosting karena baru akan membuat website. Perhatikan kapasitas bandwidth yang ditawarkan oleh hosting provider kamu, apakah terbatas atau unlimited. Saran saya, sebaiknya pilih hosting yang menawarkan kapasitas bandwidh unlimited sehingga website kamu dapat tetap online meskipun saat trafik sedang melonjak.

Salah satu hosting provider yang menawarkan unlimited bandwidth untuk shared hosting adalah Niagahoster. Kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik dengan menggunakan Kode Promosi Niagahoster.

4. Perhatikan Kualitas Server

Kualitas sever akan sangat mempengaruhi performa website bisnis kamu. Tidak jarang lho ada website bagus ternyata loadingnya lambat karena servernya jelek.

Bagaimana cara menentukan parameter kualitas sever? Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan lokasi servernya, misalnya lokasi server di Indonesia, Singapura, Amerika, Perancis, dan lain-lain.

Bila target market website mu ada di Indonesia maka sebaiknya gunakan hosting dengan server terdekat, misalnya di Indonesia atau Singapura. Selain lokasi server, perhatikan juga kapasitas RAM dan network speed karena itu juga mempengaruhi kecepatan loading website.

5. Perhatikan Sistem Keamanan

Meskipun hosting murah, bukan berarti sistem keamanannya lemah lho. Hosting provider yang profesional umumnya memiliki sistem keamanan yang cukup baik agar keamanan situs klien tetap terlindungi dari serangan hacker.

Namun, dari sisi pemilik website juga harus memperhatikan keamanan website mereka. Ada beberapa upaya yang mudah dilakukan untuk membantu keamanan website, untuk situs WordPress misalnya;

  • Menggunakan cloudflare
  • Menggunakan WordPress yang up-to-date
  • Menggunakan thema dan plugin yang original
  • Menggunakan plugin dan script dari website resmi WordPress
  • Mengaktifkan firewall
  • Membuat password yang sulit ditembus
  • Dan lainnya

6. Perhatikan Kualitas Support

Meskipun semua tips sebelumnya telah dilakukan, bukan berarti website kamu tidak akan ada masalah. Terkadang masalah muncul tanpa kita ketahui penyebabnya, apalagi bila kamu bukanlah seorang tech savvy.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan hosting provider dengan support pelanggan yang siap 24 jam sehari membantu menyelesaikan masalah website kamu. Selain membantu masalah utama pada website kamu, sebagai pemilik bisnis kamu akan merasa lebih tenang.

Baca juga: Pengertian Hosting

Kita semua setuju bahwa kualitas hosting merupakan sesuatu yang sangat penting dan krusial bagi setiap website bisnis. Meskipun ada banyak penawaran hosting murah di market lokal, tidak semua penawaran tersebut sesuai dengan harapan kamu. Saat kamu bingung dalam memilih hosting murah terbaik untuk website bisnis kamu, maka kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas. Selamat mencoba.

4 KOMENTAR

  1. Spesifikasi server merupakan salah satu pertimbangan terpenting dalam memilih layanan web hosting, karena kualitas server akan jadi penentu performa website kita.

    Mendapatkan harga termurah jelas pilihan logis, tapi kualitas tetap harus jadi prioritas.

    Thanks sudah berkenan berbagi.

  2. Hmmm, benar Mas Syafiq Salman. Memilih hosting terkadang tidak mudah. Cara terbaik ya mengetahui pengalaman orang lain yang sudah lama memakai, kualitas layanan dan tinjauan dari penulis yang berkompeten. Selain itu, juga pertimbangan harga.

  3. Sepakat. Saat ini memang sudah banyak perusahaan web hosting lokal yang menawarkan biaya sewa murah namun kualitasnya juga cukup baik.

  4. Hmm, pilih hosting buat website kita memang susah-susah gampang, kalaupun ada biasanya harganya gak cocok, hihihi. Btw baru tau ada situs kyk promohosting. Enak nih bisa mantau hosting mana aja yang lagi diskon biar bisa dapet harga termurah.

Tinggalkan Balasan