Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Buat Anda yang ingin membangun sebuah bisnis online yang menguntungkan, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membangun sebuah toko online atau online shop. Toko online ini bisa kita gunakan untuk menjual produk kita sendiri atau bisa juga untuk menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship.

Sebenarnya kita bisa saja langsung memasarkan produk di #media sosial, misalnya Facebook dan tidak harus membangun toko online sendiri. Namun cara seperti ini menurut saya tidak efektif untuk jangka panjang. Akan lebih baik kita membangun sebuah toko online sendiri, dan mempromosikan toko online kita tersebut di media sosial. Dengan cara seperti ini kita bisa membangun brand dan terlihat lebih profesional dalam membangun sebuah bisnis jangka panjang di internet.

Bagi sebagian besar orang yang masih awam, membangun sebuah toko online itu adalah sesuatu yang sangat sulit dan memusingkan. Namun, sebenarnya membuat sebuah toko online untuk bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan asalkan Anda mau belajar. WordPress adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk membangun sebuah toko online yang profesional, yang kita perlu kita siapkan adalah nama domain untuk website, hosting, dan juga template untuk toko online tersebut.




Maxmanroe.com akan berbagi sedikit tentang cara membuat #toko online untuk bisnis dropship dengan menggunakan WordPress sebagai platformnya. Langkah-langkahnya tidak sulit, namun memerlukan sedikit ketelitian agar toko online yang dibangun dapat maksimal. Perlu diperhatikan, dalam artikel ini kami merekomendasikan theme khusus untuk toko online agar tampilan dan fungsinya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan keinginan.

Artikel lain: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

cara-membuat-toko-online-platform-wordpress

Toko online dengan WordPress

Berikut ini adalah cara membuat toko online profesional dengan memanfaatkan platform WordPress:

1. Mempersiapkan Nama Domain dan Hosting

Untuk membangun sebuah website toko online tentunya kita harus memiliki sebuah nama domain unik yang akan menjadi brand bisnis. Nama domain ini sangat penting karena akan menjadi identitas bisnis kita di internet, jadi jangan sembarangan memilih nama domain untuk toko online Anda. Beberapa waktu yang lalu Maxmanroe.com pernah membuat tips memilih domain, baca artikel ini Tips Memilih Nama Domain untuk Situs Anda. Untuk tempat membeli domain, kita bisa memilih beberapa registrar ternama seperti Namecheap.com, Domain.com, Name.com, atau registrar lokal seperti Masterweb.com.

Kita juga perlu mempersiapkan hosting untuk menyimpan data base toko online yang akan kita bangun. Sebaiknya gunakan jasa penyedia hosting yang punya reputasi baik agar toko online Anda dapat beroperasi dengan maksimal. Saat artikel ini dibuat, hostinger yang digunakan oleh Maxmanroe.com adalah di Hawkhost.com. Anda juga bisa menggunakan jasa hosting dari provider lokal seperti Masterweb, Klikhost, atau Jogjahost.

2. Menginstal WordPress dan Menyiapkan Template Untuk Toko Online

Inilah salah satu keuntungan menggunakan platform WordPress, ada banyak sekali Themes atau template yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online. Selain harga theme nya cenderung murah, tampilannya juga terlihat menarik dan profesional. Sebenarnya kita bisa menggunakan theme gratisan dari WordPress, tapi saya merekomendasikan Anda untuk menginvestasikan uang untuk membeli theme premium, toh ini juga untuk bisnis Anda. Setelah Anda menginstall WordPress di hosting Anda, langkah selanjutnya adalah menginstal Theme untuk toko online Anda.

Salah satu theme WordPress untuk toko online yang sangat saya rekomendasikan adalah WP Grosir buatan developer Theme-id. Theme unik ini dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu seharga $25 atau sekitar Rp 250.000,-. Selain theme WP Grosir, Theme-id juga menawarkan berbagai template toko online yang lain, dan saya semua theme mereka sangat unik.

Anda juga akan mendapatkan Tutorial cara menggunakan theme tersebut agar lebih maksimal untuk toko online yang akan dibangun. Tutorial ini sangat mudah untuk dipelajari, dilengkap dengan cara setting awal, cara posting produk, memasukkan nomor kontak, media sosial, dan lainnya.

3. Menginstal Plugins Pendukung Untuk Toko Online

Untuk mendukung performa toko online yang akan kita bangun, tentunya kita perlu menginstal beberapa plugins. Plugins ini dapat membantu performa toko online Anda, tapi pastikan Anda menginstal plugins yang dibutuhkan saja karena terlalu banyak plugins juga bisa memperlambat loading sebuah website. Beberapa plugins yang saya rekomendasikan adalah:

  • Akismet: mencegah SPAM
  • BulletProof Security: untuk membantu keamanan website
  • Contact Form 7: form kontak untuk website
  • Google XML Sitemaps: sitemaps untuk website
  • SEO Friendly Images: membantu meningkatkan SEO images website
  • WordPress SEO: mengoptimalkan SEO setiap postingan sebuah website
  • WP Smush.it: membantu mempercepat load gambar

Artikel lain: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger

4. Membuat Pengaturan Toko Online dengan Theme WP Grosir

Masing-masing theme WordPress pasti memiliki pengaturan yang agak berbeda. Walaupun pihak developer Theme-id memberikan ebook panduan cara menggunakan Theme WP Grosir, Maxmanroe.com akan membahas sedikit apa saja yang perlu kita lakukan pada settingnya. Cara setting theme ini dibagi menjadi 5 bagian penting, yaitu:

I. Cara Upload Theme: di bagian ini kita bisa membaca tutorial singkat cara upload theme ke WordPress kita dengan aman.

II. Setting: di sini kita bisa membaca tutorial berbagai settingan untuk theme WP Grosir, diantaranya:

  • Cara mengatur theme
  • Cara mengatur widget di side bar
  • Cara membuat custom menu
  • Cara membuat slider
  • Cara mengatur permalinks yang baik
  • Dan lain-lain

III. Cara Posting: di sini kita bisa membaca tutorial yang berkaitan dengan postingan di toko online, diantaranya:

  • Rating produk
  • Menentukan Size produk (bila perlu)
  • Cara posting produk dan posting blog di toko online
  • Dan lain-lain

IV. Membuat Halaman Khusus

  • Cara membuat halaman testimoni
  • Cara membuat halaman cek keranjang belanja
  • Dan lain-lain

V. Cara Edit Ongkos Kirim JNE: di sini kita bisa membaca cara membuat halaman cek ongkos kirim JNE dan juga mengeditnya bila diperlukan.

Baca juga: Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

Secara keseluruhan, cara membuat toko online dengan menggunakan platform WordPress adalah yang termudah menurut saya. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk semua pengaturannya, cukup membaca tutorial singkat yang disediakan oleh developer theme nya. Di bawah ini adalah screen shoot salah satu toko online yang dibuat dengan menggunakan theme WP Grosir, klik buka spoiler.

Silahkan tonton video berikut ini:



83 total comments on this postSubmit yours
  1. untuk kondisi sekarang web toko online apa yah yang cocok ? dan persaingan rendah ?
    thanks

  2. bang mau nanya nih total untuk build web seperrti itu kena berapa?? untuk tahun sekarang ya.

  3. Mantaf nih cuma kurang pede hehehe

  4. Minimal kapasitas hosting yang dibutuhkan untuk sebuah toko online wordpress berapa yang bagusnya mas?

    • Disarankan menggunakan hosting yang memiliki disk space 1 gb
      karena kalau pilih yang 200mb maka foto yang banyak akan cepat menghabiskan diskspacenya

      terima kasih

  5. sekarang yg di cari toko online shop hosting nih malah online shop barang

  6. wah keren ya bisa dibuat begitu juga

  7. pengen belajar gmna cara. mejDikN word pres untuk online shop.

  8. Panduannya cukup lengkap untuk belajar bisnis online melai toko online. Nice post

  9. Sekarang WP Smush It sedang tidak bisa digunakan karena API nya yang berbasis di Yahoo sedang diterminate. Alternatifnya bisa pakai Karaken Image Optimizer, free 50MB

  10. Sementara ini saya belum memikirkan untuk membuat toko online mas … :D

  11. makasih banyak infonya mas, saya juga sedang belajar membuat toko online :D

  12. ini kan yang bayar,. kalau yang gratis kira-kira ada gak mas?

  13. maaf mau tanya, apa bisa membuat toko online di blog gratisan seperti wordpress dan blogger?

    • Untuk blog gratisan WordPress setahu saya belum ada themenya, tapi untuk blogger sudah ada theme khusus untuk toko online.

  14. Saya sedang membuat toko online namun saya masih awam.. dan info ini sangat membantu saya menambah pengetahuan baru tentang toko online.. makasih banyak ilmunya gan…

  15. beres. enaknya pake VPS dari pada hosting ya?

    • Tergantung kebutuhan saja. Kalau trafik masih kecil dan dana kurang, akan lebih baik menggunakan shared hosting :)

  16. Makasih infonya gan… Selama ini saya pikir toko online dngn wordpress menggunakan cms yang lain, ternyata cms wordpress itu sendiri. Template sama plugin nya yg sedikit berbeda yang membuat dia jadi sebuah web toko online ya…

  17. Nice tutorial…sangat bermanfaat bagi seorang pemula seperti saya. yg saya bingungkan saya mau buat toko online lebih ke promosi produk tapi bukan fashion jadi pinginnya ga ada fitur add to chart jadi lebih ke display gambar portofolio gitu. kira-kira rekomendasi plugin image yg bagus atau theme yg seo friendly dan responsiv apa ya mas dari wp ? terimakasih sebelumnya

  18. Saya suka dengan Theme dari Theme-id karena selain responsive juga SEOnya bagus. Entah apa yang mempengaruhi namun semua yang pakai theme id jos gandos.

  19. gan ane mau tanya, kalau beda’y WP-grosir sama
    Woocommerce itu dimananya ya gan ?

    Kira” lebih simple mana gan kalau menurut kategori toko online gan ?
    Mohon pencerahan gan… ^^

  20. Gan, kalau template yang responsif blogger/WP untuk toko online ada gak ya?
    Saya googling tapi belum dapet.

  21. Wah penting banget tuh pelajarannya… Berarti untuk membuat toko online membutuhkan modal yang sangat besar ya…

  22. boleh tanya gak?
    templatenya mudah eror gak tuh

    • Theme nya tidak mudah error kecuali kalau kita edit scriptnya dan salah coding, pasti bisa error :)

  23. Mantep banget om, btw apa gak lebih enak pake VPS dari pada hosting?

  24. mas . aku masi awam gk gerti ..
    minta tolong pencerahan tentang…. Makasih

    II. Setting: di sini kita bisa membaca tutorial berbagai settingan untuk theme WP Grosir, diantaranya:

    Cara mengatur theme
    Cara mengatur widget di side bar
    Cara membuat custom menu
    Cara membuat slider
    Cara mengatur permalinks yang baik
    Dan lain-lain
    III. Cara Posting: di sini kita bisa membaca tutorial yang berkaitan dengan postingan di toko online, diantaranya:

    Rating produk
    Menentukan Size produk (bila perlu)
    Cara posting produk dan posting blog di toko online
    Dan lain-lain
    IV. Membuat Halaman Khusus

    Cara membuat halaman testimoni
    Cara membuat halaman cek keranjang belanja
    Dan lain-lain
    V. Cara Edit Ongkos Kirim JNE: di sini kita bisa membaca cara membuat halaman cek ongkos kirim JNE dan juga mengeditnya bila diperlukan.

    • Itu settingan di WordPress dengan menggunakan Thema Wp Grosir. Thema yang lain pasti pengaturannya berbeda

  25. terimakasih gan panduanya sangat membantu skali tutotrialnya gan… salam persoadaraan semua..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud