Cara Membuat Bootable Linux Dengan USB Flashdisk

Image dari Techxplore.com

Image dari Techxplore.com

Perkembangan #sistem operasi yang berbasis Linux saat ini sangatlah pesat. Ada puluhan bahkan ratusan distro linux yang siap pakai dengan berbagai kelebihannya. Beberapa distro linux yang cukup populer misalnya Ubuntu, Debian, Linux Mint, Backtrack, dan distro lainnya.

Banyaknya pilihan yang disediakan oleh Linux membuat OS ini berkembang sangat cepat karena sistem operasi Linux sangat powerful dan sebagian OS dibuat untuk hal yang cukup spesifik seperti Ubuntu Server untuk mengurusi masalah server sampai dengan Backtrack yang dikhususkan untuk aktivitas hacking.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat bootable linux dengan USB flashdisk. Tips ini sangat berguna bagi anda yang memiliki kesulitan dalam hal instalasi sistem operasi baik itu karena tidak tersedianya CD ROM maupun tidak adanya CD/DVD Installer Linux yang diinginkan. Cukup dengan menyediakan usb flashdisk dengan kapasitas minimal 1GB, file iso sistem operasi yang ingin diinstall, dan software yang diperlukan. Maka Bootable Linux pada flashdisk akan siap dalam beberapa menit.

Cara Membuat Bootable Linux Dengan USB Flashdisk

Seperti biasa, sebelum memulai pembuatan bootable linux dengan menggunakan flashdisk ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, antara lain :

1. USB Flashdisk: Minimal ukuran flashdisk tergantung pada distro yang akan anda install karena ukuran file iso tiap distro berbeda-beda. Sebagai contoh jika anda ingin menginstall distro ubuntu yang masih fresh ukurannya hanya sekitar 700MB, jadi cukup menggunakan flashdisk dengan ukuran 1GB. Namun jika anda akan menginstall Linux Mint dengan Cinnamon desktop ukurannya bisa mencapai 1,5GB, anda membutuhkan flashdisk dengan ukuran setidaknya 2GB.




2. Software: #Software yang akan kita gunakan adalah YUMI – Multiboot USB Creator. YUMI (Your Universal Multiboot Integrator) merupakan portable software yang bisa digunakan untuk membuat multiboot USB Flash Drive, mendukung banyak sekali distro Linux dalam pembuatan bootable usb flashdisk. Silahkan download melalui link ini

3. File ISO Linux: Anda bebas memilih distro linux mana yang akan anda install karena YUMI mendukung banyak sekali distro Linux. Sebagai contoh di artikel ini saya akan menggunakan file iso Linux Mint Cinnamon 64 bit dengan nomor versi 17.1.

Setelah semuanya sudah anda persiapkan, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat bootable linux dengan usb flashdisk :

1. Silahkan buka YUMI, maka anda akan dihadapkan pada tampilan seperti pada gambar dibawah ini:
yumi_1

2. Pada jendela License Agreement, klik Agree dan anda akan dihadapkan pada jendela utama dari software ini.
yumi_2




3. Pilih flashdisk yang ingin anda jadikan installer pada dropdown seperti pada gambar dibawah ini :
yumi_3

4. Setelah itu, silahkan pilih distro yang ingin anda install. Sebagai contoh saya akan menginstall Linux Mint Cinnamon 17.1 64 bit
yumi_4

5. Klik tombol Browse, kemudian buka folder tempat penyimpanan file ISO anda dan pilih file iso yang akan anda install
yumi_6

6. Setelah semua hal diatas dilakukkan, klik pada Create dan jendela berisi detail dan peringatan akhir akan muncul. Cukup klik Yes dan proses akan berjalan.
yumi_8

7. Tunggu sampai proses pembuatan bootable usb flashdisk selesai. Lama waktunya bisa berbeda tergantung pada distro linux yang ingin anda buat karena tiap distro memiliki ukuran yang berbeda.
yumi_9

8. Setelah jendela seperti pada gambar dibawah ini muncul, berarti proses pembuatan bootable flashdisk sudah selesai. Anda bisa menutup YUMI dan flashdisk anda sudah siap untuk menginstall Linux.
yumi_10

Sampai sekarang, saya masih menggunakan YUMI – Multiboot USB Creator untuk membuat installer linux dengan usb flashdisk. Selain karena YUMI mendukung banyak sekali distro linux dari yang populer sampai yang kurang populer, YUMI juga rutin mendapatkan update baik itu untuk memperbaharui database distro linuxnya maupun untuk menambah fitur baru.

Sekian untuk artikel tutorial kali ini. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua dan terima kasih sudah membaca.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Bisa dual boot nih gan ?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud