Beranda Social Media Cara Membuat Avatar Facebook di Android dan iOS

Cara Membuat Avatar Facebook di Android dan iOS

Cara Membuat Avatar Facebook

Beberapa waktu yang lalu Facebook meluncurkan fitur terbaru mereka, yaitu avatar yang dapat digunakan di Messenger, komentar Facebook, dan Facebook stories. Dengan fitur ini, para pengguna Facebook dapat membuat avatarnya sendiri dengan beragam pilihan sesuai dengan keinginannya.

Nah, karena kemungkinan besar saat ini ada banyak orang yang tidak tahu cara membuat avatar di Facebook, maka di artikel ini saya akan memberikan tutorial langkah-langkah cara membuat avatar Facebook tersebut.

Namun, sebelum masuk ke bagian tutorial cara membuat avatar Facebook, tidak ada salahnya kita membahas secara ringkas apa itu avatar Facebook.

Apa Itu Avatar Facebook

Dalam sistem komputasi, avatar adalah sebuah representasi seorang pengguna komputer yang menggambarkan mengenai dirinya sendiri ataupun egonya. Istilah “avatar” juga dapat didefinisikan sebagai personalitas seseorang yang dihubungkan dengan nama layar (screen name) di komputer.

Saat ini Facebook telah menerapkan fitur baru dimana para penggunanya bisa menciptakan avatarnya sendiri sesuai dengan inspirasinya. Sama seperti fungsi teknologi baru lainnya, avatar yang dapat dipersonalisasi telah menjadi tren.

Dengan avatar Facebook ini, para pengguna FB dapat menggunakannya untuk berbagai hal, seperti;

  • Membuat postingan status atau stories dengan avatar yang bergerak.
  • Mengirimkan avatar via messenger.
  • Sebagai stiker di dalam komentar Facebok.

Bagaimana Cara Membuat Avatar Facebook

Jika Anda belum punya avatar khusus di Facebok dan ingin memilikinya, Anda hanya perlu mengikuti tutorial step-step cara membuat avatar Facebook berikut ini:

1. Langkah 1, buka Aplikasi Facebook di smartphone Anda (Android atau iOS).

2. Langkah 2, setelah masuk ke dalam aplikasi Facebook, ketuk tiga garis horizontal pada sisi kanan layar (perangkat Android bagian ini berada di sisi kanan atas).

3. Langkah 3, Anda akan diarahkan ke halaman menu. Selanjutnya scroll ke bagian bawah, dan ketuk menu “See More”.

Cara Membuat Avatar Facebook

4. Langkah 4, Anda akan melihat fitur Facebook yang tersembunyi, yaitu Avatars. Ketuk Avatars untuk melanjutkan.

PENTING! Pastikan aplikasi Facebook Anda telah diperbarui.

Catatan: Saat artikel ini dibuat, fitur Avatar belum tersedia untuk semua orang. Jika Anda tidak bisa menemukan tautan “Avatar” itu artinya akun Anda belum memilikinya. Namun, fitur ini akan segera ditambahkan ke semua akun Facebook dalam waktu dekat.

Cara Membuat Avatar Facebook

5. Langkah 5, Ketuk “Next”, lalu ketuk “Get Started”

6. Langkah 6, Anda akan dibawa ke bagian awal proses pembuatan avatar. Proses ini dimulai dengan memilih warna kulit. Silahkan pilih warna yang sesuai dengan Anda, lalu ketuk “Next”.

7. Langkah 7, proses utama pembuatan avatar dimulai di sini. Anda dapat memilih gaya, warna rambut, bentuk tubuh, detail wajah, pakaian, asesoris, dan lain-lain.

Jadikan avatar tersebut semirip mungkin dengan Anda. Setelah selesai, ketuk tanda centang yang berada di bagian kanan atas untuk menyimpan.

Facebook Avatars

8. Langkah 8, sampai di sini Anda dapat melihat avatar yang siap digunakan. Avatar tersebut nantinya dapat digunakan sebagai gambar profil. Lalu, ketuk “Next”

Facebook Avatar

9. Langkah 9, ketuk “Done”

Selamat! Anda telah berhasil membuat avatar Facebook Anda sendiri. Selanjutnya, Anda akan diberikan 3 pilihan:

  • Tanda panah di kanan atas layar untuk membagikan avatar yang baru dibuat atau menjadikannya sebagai gambar profil.
  • Ikon stiker menunjukkan avatar yang tersedia untuk Anda.
  • Ikon pensil memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada avatar yang dibuat, sehingga tidak perlu membuatnya dari awal lagi.

Dari avatar yang diciptakan, Anda dapat melihat stiker yang tersedia untuk dipakai pada perangkat (Android, iOS, PC, dan Mac) di mana akun Facebook Anda digunakan.

Sekarang Anda telah mengetahui cara membuat avatar Facebook dan cara menggunakannya. Selanjutnya, Anda dapat berbagi informasi ini kepada anggota keluarga dan teman-teman Anda agar menggunakannya juga.

Have fun!

Baca juga: Cara Siaran Langsung di FB Melalui Android dan PC

3 KOMENTAR

  1. Beghhh.. uda mantep aja, seri seri avatar karakter sekarang semakin lucu…

  2. wedeh,…mantap ya avatar facebook. Dulu jarang sih main avatar2an kyk gini…tapi semenjak sering main emoticon di WA skrng saya tertarik membuat avatar untuk semua akun saya.

    Karena rasanya jadi lebih ekspresif gitu, ga terlalu resmi…. Cuma kalau akun bisnis jarang sih pakai gini2an…

Tinggalkan Balasan