Cara Membangun Tim Kerja Yang Solid Dalam Sebuah Bisnis

tim bisnis

Dalam mengelola sebuah bisnis, tentunya tidak akan bisa Anda lakukan dengan sendirian. Anda tentunya membutuhkan sebuah tim kerja untuk menjalankan roda bisnis Anda. Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan masih dalam tahap #startup, maka keberadaan tim kerja adalah mutlak dibutuhkan. Jika tim kerja yang Anda bawahi tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka perkembangan bisnis yang Anda kelola pasti mengalami kendala.

Sebaliknya jika Anda memiliki tim kerja yang solid dan mampu memaksimalkan segala lini dalam bisnis yang dikelola, maka tentu saja potensi perkembangan bisnis Anda akan semakin besar ke depan. Lalu bagaimanakah cara membangun tim kerja yang solid untuk menyokong bisnis yang Anda kelola? simak tips nya di bawah ini.

1. Selalu Menghormati Setiap Anggota Tim

Tidak bisa tidak, menghormati setiap individu yang ada dalam sebuah tim kerja bisnis Anda adalah kunci utama. Semua orang yang berada dalam tim Anda tentu memiliki kapasitas dan tentunya pengalaman yang berbeda.

Mereka juga memiliki fungsi dan tugas yang tidak sama, kontribusi yang mereka berikan pada sebuah bisnis tentu tidak bisa disama ratakan. Untuk itu, menghormati mereka semuanya adalah salah satu apresiasi yang sangat berarti bagi mereka.

Anda sendiri yang harus memulai nya. Jangan biarkan tim kerja Anda bekerja tanpa memliki sosok yang bisa dijadikan panutan. Berilah contoh bagaimana cara menghormati orang lain yang benar. Jika Anda menghormati mereka, maka virus positif dari Anda tentu akan menyebar pada masing – masing individu dalam sebuah tim kerja. Maka dengan sendirinya akan terjalin suatu hubungan yang hangat dalam sebuah tim kerja sehingga akan memaksimalkan bisnis Anda.

Artikel lain: 7 Tips Agar Mendapatkan Kepercayaan Dari Tim Bisnis Anda

2. Selalu Terbuka Terhadap Ide – Ide yang Baru

Terbukalah pada setiap ide baru yang sering bermunculan. Percayalah bahwa terkadang ide brilian bisa muncul dari siapa saja dan kadang muncul dari seseorang yang tidak terduga sebelumnya.

Maka dari itu yakinkan pada semua orang yang berada dalam tim kerja Anda untuk memberikan ide – ide baru. Pastikan bahwa mereka tidak takut untuk memberikan sebuah inovasi atau terobosan yang mungkin sering di luar pikiran Anda.

Berikan ruang kreatifitas mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena jika ruang kreasi mereka terbatas maka secara otomatis akan berimplikasi terhadap bisnis yang sedang dikelola itu sendiri. Maka jangan sekali – sekali membatasi ruang kreatifitas mereka, karena akan sangat fatal akibatnya.

3. Selalu Berikan Contoh yang Positif

Satu tindakan lebih baik daripada seribu ucapan, rasanya motivasi tersebut bisa Anda terapkan dalam sebuah tim kerja agar menjadi semakin solid. Motivasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah tim kerja, namun suatu contoh tindakan nyata akan terasa lebih berguna dalam hal ini. Setiap orang yang terlibat dalam sebuah tim kerja tentu selalu membutuhkan tauladan yang bisa dijadikan sebuah motivasi bagi mereka.




Jangan ragu untuk mengerjakan sesuatu yang sifatnya sederhana di depan mereka. Itu akan menjadi suatu yang sangat berarti di mata setiap individu di dalam sebuah tim kerja. Melakukan tindakan kecil bukan berarti itu akan mengecilkan Anda di mata mereka. Tidak usah menghawatirkan hal itu, ketika Anda bekerja dengan penuh integritas dan dedikasi yang tinggi, pasti mereka akan bisa menyerap energi positif dari Anda.

Baca juga: Pentingnya Kekompakan di Dalam Tim Media Sosial Sebuah Bisnis

4. Berdayakan Tim Kerja Dengan Baik

Berikan pelatihan yang baik pada semua yang terlibat dalam sebuah tim kerja. Jadikan tim kerja yang Anda miliki mempunyai kemampuan kemandirian yang siap menghadapi situasi apapun. Karena tentu Anda tidak bisa mendampingi secara langsung setiap saat.

Bekali mereka dalam berbagai keahlian yang dibutuhkan dalam mengelola sebuah bisnis. Sebagai bentuk latihan, libatkan juga mereka dalam sebuah pengambilan keputusan bisnis Anda.

Pemberian pengalaman akan lebih berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam mengambil keputusan pada saat sulit. Karena tentu saja keadaan tidak akan pernah menjadi ideal selamanya, maka mempersiapkan mereka dalam berbagai hal adalah tindakan yang sangat diperlukan.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. alhamdulillah sangat membantu, nice post

  2. membangun tim itu tahapan paling susah dalam bisnis kalau menurutku, bayangkan kita menyatukan banyak kepala dalam membangun sebuah organisasi, makanya seperti tips diatas, tiap anggota harus mau saling menghargai dan terbuka dengan ide2 baru. betul mas? hehe

    • betul mas, saling menghargai, itu kuncinya . . . .

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud