Cara Mematikan Fitur Autoplay Video dan GIF di Twitter (Desktop dan Mobile)

Image dari Internetsehat.id

Image dari Internetsehat.id

Masih terkait dengan fitur autoplay video. Sebelum facebook merilis fitur ini, social media twitter sudah terlebih dahulu mengaplikasikan fitur ini untuk layanannya. Berbeda dengan facebook yang membatasi autoplay hanya akan berjalan pada video, di twitter autoplay bisa berjalan pada #video di twitter, gambar bergerak dengan format GIF, dan juga video pendek dari Vine.

Mengigat tidak semua pengguna menyukai fitur ini, fitur untuk melakukkan autoplay konten video dan GIF ini cukup merugikan untuk sebagian pengguna. Selain akan menganggu scrolling saat sedang menggunakan #media sosial ini, loading video dan GIF juga akan menyedot kuota lebih cepat baik itu di desktop maupun di mobile. Untuk pengguna internet tanpa kuota mungkin hal ini bukan masalah, namun untuk pengguna internet kuota terbatas tentunya hal ini harus diperhatikan.

Kerugian untuk pengguna mobile, beresiko pada cepat habisnya baterai perangkat mobile miliknya. Untung saja Twitter memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih apakah ingin mengaktifkan fitur autoplay atau tidak. Jika anda menyukai fitur autoplay dan tidak merasa terganggu, anda bisa mengaktifkannya. Namun jika anda lebih memilih untuk tidak menggunakannya dengan beberapa pertimbangan yang sudah penulis sebutkan diatas, anda bisa mematikan fitur tersebut.

Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan panduan mengenai cara mematikan fitur autoplay video dan GIF di Twitter yang nantinya akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu di twitter versi web desktop dan twitter untuk mobile (dalam tutorial ini contohnya adalah #Android). Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mematikan Fitur Autoplay Video dan GIF di Twitter Desktop

1. Silahkan login ke akun #twitter anda terlebih dahulu kemudian melalui menu dropdown, pilih Pengaturan Akun/Settings . Alternatif lain, anda bisa membuka halaman pengaturan akun melalui link berikut ini : https://twitter.com/settings/account
twitterauto1
2. Pada halaman Pengaturan Akun atau Settings, silahkan scroll kebawah sampai anda menemukan opsi Video Tweets seperti pada gambar dibawah ini:
twitterauto2
3. Untuk mematikan fitur autoplay video di twitter, anda tinggal menghilangkan centang pada Video autoplay kemudian klik Simpan/Save Changes.
twitterauto3




Cara Mematikan Autoplay di Aplikasi Twitter Untuk Mobile (Android)

1. Silahkan buka aplikasi Twitter di perangkat android anda, tap pada menu dropdown kemudian pilih Settings.

twittermob1
2. Pada halaman Settings, silahkan tap pada General.

twittermob2

3. Pada halaman General, silahkan lihat pengaturan paling bawah maka anda akan menemukan Video autoplay.

twittermob3




4. Tap pada Video autoplay kemudian pilih opsi yang anda inginkan. Ada 3 pilihan yang disediakan dalam video autoplay, yaitu :

  • Use mobile data and wi-fi untuk mengaktifkan fitur autoplay baik saat menggunakan koneksi data maupun wifi.
  • Use wi-fi only untuk mengaktifkan fitur autoplay hanya pada saat perangkat terhubung dengan jaringan wi-fi dan tidak aktif saat menggunakan data, dan.
  • Never play videos automatically untuk mematikan fitur autoplay video baik pada jaringan wifi maupun saat menggunakan data.

twittermob4

Karena anda ingin mematikan fitur autoplay video pada twitter, silahkan pilih Never play videos automatically yang berada di pilihan paling bawah. Setelah itu Twitter akan menyimpan pengaturan anda secara otomatis.

Jika anda berhasil, maka mulai dari anda menyimpan pengaturan fitur autoplay tidak akan berjalan lagi kecuali anda mengaktifkannya kembali. Anda bisa mencoba berhasil tidaknya dengan membuka timeline twitter dan mencari tweet yang mengandung unsur konten video atau GIF, jika tidak berjalan otomatis berarti anda sudah berhasil. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih telah berkunjung.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud