Cara Mematikan Update Otomatis Pada Windows 10

Cara Mematikan Update Otomatis Pada Windows 10

Image dari Forbes.com

Berbeda dengan versi-versi sebelumnya, fitur automatic updates atau update otomatis di Windows 10 tidak bisa dengan mudah dimatikan begitu saja. Microsoft membuat #Windows 10 secara otomatis mengecek dan mengunduh update setiap kali ada update terbaru, dengan tujuan agar pengguna tetap up to date dengan program dan patch keamanan yang ada.

Tapi tentu saja, tidak semua pengguna menyukai fitur automatic update yang ada saat ini. Alasannya pun bervariasi, paling sering ditemui adalah alasan karena kuota #internet yang terbatas. Yang cukup disayangkan, Windows tidak menyediakan opsi langsung di Control Panel untuk melakukan disable update seperti pada versi-versi Windows sebelumnya.

Namun jangan khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara untuk disable dan juga “mencegah” automatic updates. Bisa dikatakan, cara ini agak memaksa sistem untuk mematikan fitur automatic updates Windows 10. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mematikan Update Otomatis Pada Windows 10

Dikatakan mencegah karena cara yang satu ini tidak berhubungan langsung dengan fitur update, tapi lebih ke pembatasan koneksi internet yang digunakan. Caranya adalah dengan mengatur koneksi internet sebagai metered connection. Selama terhubung ke metered connection, Windows tidak akan mendownload update dan baru akan mulai mendownload saat terhubung ke non-metered connection.

1. Buka Settings dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + I, kemudian pilih Network & Internet.




settings

2. Pada WiFi, silahkan pilih koneksi yang anda gunakan kemudian klik Advanced Options.

advanced options

3. Pada bagian Metered Connection, silahkan switch dari OFF ke ON. Cek gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

set as metered




Mematikan Layanan Windows Update Secara Paksa

Dengan menggunakan cara ini, update Windows akan mati secara total termasuk juga update untuk patch security atau keamanan. Jadi sebelum Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu karena ini berkaitan dengan keamanan sistem operasi Windows Anda. Selain itu, disable update Windows juga membuat Anda tidak bisa menggunakan layanan Windows Store dan mendownload Modern Apps. Jika Anda sudah mantap untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start menu, kemudian cari Services seperti pada gambar di bawah. Jika sudah ditemukan, silahkan klik.

services

2. Pada jendela Services, silahkan scroll kebawah dan cari Windows Update. Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih Properties.

windows updates

3. Ubah Status Type ke Disabled, stop Service Status seperti pada gambar. Kemudian klik Apply, dilanjutkan dengan OK.

disabled

Mematikan Update Menggunakan Command PowerShell

Untuk cara yang satu ini sebenarnya sama saja dengan cara di atas, perbedaannya hanya pada eksekusi yang secara keseluruhan menggunakan command line atau PowerShell di Windows 10 baik itu disable maupun re-enable. Selain karena lebih keren menggunakan PowerShell, cara ini juga terbilang lebih cepat karena pengguna cukup meng-copy paste command yang ada ke PowerShell.

Berikut adalah beberapa command yang perlu anda eksekusi untuk mematikan Windows Update.

1. Untuk mematikan layanan Windows Update, silahkan eksekusi command berikut ini:

stop-service wuauserv
set-service wuauserv –startup disabled

2. Untuk mengecek dan memastikan apakah layanan update sudah mati, silahkan gunakan command berikut

get-wmiobject win32_service –filter “name=’wuauserv’”

Keterangan: Jika layanan update sudah mati, keterangan StartMode adalah Disabled dan State Stopped.

3. Jika anda sudah mendapatkan koneksi yang mumpuni dan ingin “menghidupkan” kembali layanan Windows Update untuk mengunduh update terbaru, silahkan gunakan command berikut:

set-service wuauserv –startup manual
start-service wuauserv

Apakah anda ingin mematikan Windows Update maupun menghidupkannya kembali, silahkan gunakan panduan di atas. Paling mudah adalah menggunakan cara pencegahan berupa penggunaan Metered Connection di atas. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud