Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog WordPress Untuk Pemula

Cara-Memasang-Iklan-Google-Adsense-di-Blog-Wordpress

Masih membahas mengenai Google Adsense, pada postingan sebelumnya saya sedikit mengulas mengenai Cara Membuat Iklan Google adsense di BlogMasih melanjutkan postingan sebelumnya di postingan ini kurang lebih saya menjelaskan mengenai bagaimana cara memasang atau menempatkan kode iklan Google Adsense di blog berbasis Wordpress.

Buat blogger pemula yang tidak mengerti tentang html atau bahasa pemogroman web seperti php (Pemograman Hypertext Preprocessor) dan juga CSS (Cascading Style Sheets (CSS), Anda tidak perlu khawatir. Dalam pemasangan iklan Google Adsense ini sebenarnya cukup mudah, kita bisa memasang iklan pada bagian sidebar, bagian atas konten, tengah dan bawah postingan. Untuk melakukan hal tersebut kita cukup menginstal sebuah plugin yang namanya Quick Adsense.

Quick Adsense adalah sebuah plugin yang memang khusus dibuat dan dirancang untuk membantu kita meletakan kode atau skrip Google Adsense di website ber-platform WordPress. Misalnya iklan Adsense mau diletakan di paragraf pertama, atau di paragraf ke dua, atau di posisi mana yang diinginkan, cukup menggunakan plugin yang satu ini maka Anda bebas mengatur posisi yang Anda inginkan.

Berikut panduan singkat cara memasang iklan Google Adsense di blog WordPress dengan menggunakan plugin Quick Adsense.

A. Install Plugin Quick Adsense

Untuk cara mengaktifkan plugin quick adsense tersebut yang pertama Anda lakukan yaitu menginstal terlebih dahulu agar bisa diaktifkan di blog WordPress berikut ini panduannya.

1. Masuk ke dashboard blog Anda dengan mengetik alamat namadomain.com/wp-login.php di address bar browser yang Anda gunakan. Oiya perlu diketahui bahwa WordPress yang dimaksud di sini adalah yang menggunakan self hosting (wordpress.org) bukan yang wordpress.com.
Login WordPress (2)2. Langkah selanjutnya Anda bisa klik menu Plugins pada bagian sidebar sebelah kiri, kemudian klik Add New untuk menambahkan plugins  di blog WordPress Anda.Instal Plugin
3. Selanjutnya kita bisa cari kotak pencarian yang biasanya terletak pada bagian sebelah kanan, setelah itu Anda bisa ketik “Quick Adsense” lalu tekan enter di keyboard laptop atau komputer Anda.Mencari Plugin WordPress4. Selanjut hasil pencarian tadi akan menampilkan plugin yang mengandung keyword atau kata kunci quick adsense, jika sudah menemukan maka nanti kurang lebih hasilnya seperti pada gambar di bawah selanjutnya Anda cukup klik tombol Install Now.

Instal Plugin Quick Adsense
5. Selanjutnya jika ada tampilan notifikasi anda cukup klik tautan Activate Plugin. Setelah melakukan klik Activate Plugin  maka nanti akan mendapatkan notifikasi seperti pada gambar di bawah ini.

Install Plugin wordpres Adsense

Setelah plugin aktif  selanjutnya kita bisa melakukan konfigurasi atau pengaturan mengenai iklan Google Adsense.

B. Pengaturan Plugin Quick Adsense

Setelah plugin Quick Adsense aktif langkah selanjutnya yaitu memasang kode skript iklan Google Adsense pada plugin tersebut, tahapanya bisa Anda simak di bawah ini.




1. Perhatikan pada bagian menu setting pada sidebar bagian kiri, Anda bisa pilih menu link Quick Adsense seperti pada gambar di bawah ini:
Setting Quick Adsenes

2. Setelah anda klik maka akan melihat halaman quick adsense setting. Di halaman ini Anda bisa melakukan pemasangan skript iklan Google Adsense dan menentukan posisi peletakan iklan adsense pada blog anda. Seperti yang Anda lihat pada gambar dibawah ini:
Gambar yang Anda lihat di atas yaitu menentukan bahwa posisi diawal postigan (Beginning of Post), kemudian posisi ditengah postingan (Middle of post), kemudian ada juga pilihan posisi diakhir postingan (End of post) dan lain sebagainya.

Posisi yang paling banyak digunakan oleh kalangan blogger adalah diawal postigan (Beginning of Post) dan juga diakhir postingan (End of post).

3. Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas khususnya pada bagian Appearance (lihat gambar diatas), Anda bisa checklist Posts dan  juga checklist Pages agar iklan Google AdSense tampil di postingan dan juga halaman.

4. Selanjutnya pada bagian Adense code, Anda bisa memasukan skript iklan google adsense yang sudah ada buat ke dalam kolom ads 1, ads 2 dan sebagainya. Contoh, misalnya ads 1 anda memasukan skript iklan google adsense untuk di tampilan di posisi atas, ads 2 anda juga bisa memasukan skript iklan Google Adsense untuk diposisikan di tengah postingan dan seterusnya. Jangan lupa juga untuk mengatur posisi letak iklan, misalnya untuk alignment (lift, center, dan right).

Iklan google

5. Untuk yang peletakan terakhir yaitu pada Ads on Sidebar Widget, Anda bisa masukan kode iklan Google Adsense yang akan ditampilkan di sidebar pada blog wordpress dengan menaruh kode iklan keAds on Sidebar Widget.

Iklan google adsense sidebar

Catatan:

Jika Anda membuat kode iklannya hanya satu kode ( misal width:336px;height:280px”) maka iklan tersebut bisa di paste kan ke dalam  kotak Ads 1, Ads 2, dan AdsWidget1 (iklan sidebar). Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar dibawah ini:




Google adsense terbaru

Iklan yang akan ditampilkan

Iklan google adsense tengah

Skripsi Iklan pada ads 1 dan ads 2

6. Untuk menampilkan iklan di sidebar , setelah anda memasukan kode iklan (lihat point 5) maka langkah selanjutnya yaitu Klik button “Save Changes”

save google adsense

7. Setelah halaman settingan di-save, maka langkah selanjutnya Anda klik (Drag to Sidebar)  seperti pada gambar di bawah ini :

Adsense siderbar

8. Maka nanti Anda akan diarahkan ke halaman settingan sidebar, dan tinggal melakukan drag  widget ads on sidebar tersebut ke sidebar yang ada pada blog anda. perhatikan gambar berikut ini :

Gogle Adsense

Baca juga: Cara Mendapatkan $100 per hari Dari Google Adsense

Bagaimana cukup mudah bukan? Keuntungan menggunakan plugin quick adsense ini memang sangat banyak. Beberapa diantaranya kita bisa menyisipkan iklan Adsense di paragraf 1, paragraf 2, di awal postingan, di akhir postingan bahkan di sidebar dan masih banyak lagi keuntungan lainya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



32 total comments on this postSubmit yours
  1. mas maaf mau naya. maksimal bikin saluran di custom channel itu berapa saluran yah? dan bagaimana memperbanyak membuat saluran channel di adsense.

  2. Dear Pak ..

    hmmm saya punya 2 blog, satu pakai blogger dan satu pakai wp, nah ternyata ga bisa ya pak yang wordpress com untuk menambahkan adsense? harus upgrade dulu ke bisnis? atau bagaimana?

    Duhh ribetnya wordpress .. apa bisa ya dipindah ke blogger :D

    terima kasih

    • WordPress.com memang ngga bisa pakai Adsense. Kalau mau pasang iklan Adsense pakai WordPress self hosted, platform WordPress tapi di hosting sendiri. Bisa aja pindah ke blogger, tapi ya mesti ngerti cara pindahnya :)

  3. apakah plugins ini masih work? mengingat google banyak melakukan update kebijakan mengenai pemasangan adsense

    • Sejauh ini masih work kog mba Stephanie

  4. Kalau mau pasang adsense di tengah artikel tanpa plugin bagaimana ya gan?

  5. Mau nanya Mas Max, ngomong-ngomong itu iklan yang ada di dalam artikel, di bawah judul, di kiri post, iklan hanya teks saja bisa relevan gitu, cara buatnya bagaimana mas? Apa pake plugin Quick Adsense juga bisa mas?
    Terus itu plugin Quick Adsensekan bukan dari google ya mas? Saya pake plugin Google Adsense dari Google tapi fiturnya gak selengkap Quick Adsense.

  6. Mas Max, kalo boleh tau, iklan adsense di sini (maxmanroe.com) yang ada di sidebar bagian bawah, yang semacam post with thumbnail itu pakai plugin gak ya.. makasih Mas. :) .

    • Itu ga perlu pakai plugin. Cukup meletakkan kode Google Adsense Matched Content saja di side bar

  7. Pak Marikxon Saya Mohon Pencerahannya. Akhir-akhir ini saya bingung dengan tingkah laku bloger saya. Selalu memunculkan iklan dengan tab baru setiap ngeklik menu,backlink, dan foto. Padahal saya tidak pernah mendaftarkan iklan di blog saya. Sudikah Pak Marikxon memberikan solusi kepada saya

    Terima Kasih

  8. Saya mohon pencerahannya pak Marikxon.
    Saya bingung dengan blog saya akhir2 ini, padahal saya tidak pernah memasang iklan pada blog saya. Tapi setiap saya mengeklik semua menu ntah itu link atau gambar kenapa memunculkan iklan dengan tab baru. Sudihkah pak Marikxon memberikan pengarahan kepada saya yang baru mengenal blog.

    Terima kasih

  9. Untuk meningkatkan akun dari hosted ke non hosted apakah bisa dengan menggunakan wordpress??

  10. manfaat banget informasinya. semoga bermanfaat

  11. Terimakasih tutorialnya sangat membantu sekali bagi yang masih awam atau newbie seperti Saya. jangan lupa mampir di Blog saya ==>> cahayaduniakreasi.co.id

    Sampai jumpa … :)

  12. Mas marikxon, kemarin sudah saya coba pasang plugin tsb.. Namun setelah masukan kode iklan dan saya save kok ada peringatan dari dari WordPress security ya?
    Alhasil saya unistall plugin nya..
    Apa ada refrensi dan solusinya mas?

    Salam,
    Nur kholis

  13. pak marixon, kalau daftar google adsense pake plug in bahaya ngga ya pak? makasih

    • Tidak bahaya, tapi pastikan pakai plugin yang tidak merugikan Anda. Ada lho plugins Adsense yang malah menampilkan iklan Adsense si pembuat plugins

  14. terimakasih gan infonya..ane lagi belajar wordpress ternyata menurut ane lebih susah dari blogspot ya..

  15. mas mau tanya, berarti wordpressnya harus diupdgrade menjadi self hosting dulu ya,,, kebetulan saya masih free…

  16. maaf mas saya mau tanya kalo iklannya mau di taro di samping paragraf pertama itu gimana ya, apa bisa pake plugin ini.

    • Coba pakai Plugin WordPress Quick Adsense

  17. Mas mnt bantunyaa sy sdh instal plugnya tp iklanya tdk mncul mas,kira2 penyebabnya apa mas

  18. mas Marikxon, untuk pemakaian plugin seperti yang dicontohkan diatas apakah dijamin aman mas. ? mohon penjelansanya ane masih newbie.

    • Saya juga pakai plugin ini di salah satu blog saya, dan sejauh ini aman-aman saja mas Agung :)

  19. apa tandanya accunt di terima di adsense bg?tadi malam saya mendaftar,tdi pagi ada email dari google adsense sperti ini:

    AdSense
    Google AdSense

    Payment contact information changed
    Hello,
    Your contact information associated with Google AdSense was changed on Oct 30, 2015.
    For your security, please contact us if you didn’t make this change.
    To review your contact information:

    Sign in to your AdSense account.
    Click the gear icon in the upper right corner of any tab, then, from the drop-down list, select “Payments”.

    Google AdSense

    dan saya sudah bisa masuk dasboard,dan edit sript iklan,tapi stelah saya masukin script nya ke blog,cuman tampil satu jam,setelah itu gak tampil lagi?kenapa ya bg?apa memang belum di setujui?

    • Sepertinya masih dalam proses review, biasanya membutuhkan waktu 3-7 hari.

  20. Ini sebenarnya panduan menggunakan plugins untuk mengoptimalkan tata letak adsense di situs kita, jika themes sudah memiliki tata letak yang strategis untuk tempat ads saya rasa plugins ini tidak perlu digunakan.

    Benar gak mas marikxon ?!

    • Benar sekali mas, artikel ini ditulis oleh mas Sutopo :)

  21. Mas, Marikson.. kalau pakai plugin dari Google asli gimana? Namanya “Google Adsense” –> http://prntscr.com/8j3o0f. Aman gak?

    Saya udah pake, tapi di Dashboardnya jadi banyak “Ad Set”-nya :/ –> http://prntscr.com/8j3ob3. Bingung deh

    • Aman kog mas. Saya belum pernah menggunakan plugin “Google Adsense” mas, kog bisa jadi banyak gitu ya hehehe.

      • Taksiran saya, karena plugin itu menawarkan area mana saja yang bisa dijadikan kolom adsense -> https://wordpress.org/plugins/google-publisher/screenshots/, jadi iklannya satu-satu sesuai slot yang disediain sama pluginnya.

        Kalau ada kolom yg aktif (kita klik tanda “+”-nya) baru aktif, mungkin begitu. Tapi saya belum ada yg aktif, belum full approve

  22. sedikit bingung, karena memang buta akan hal seperti ini
    semoga beruntung
    Fighting for Me :’)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud