Beranda SEO Cara Melindungi Website Anda dari Negative SEO

Cara Melindungi Website Anda dari Negative SEO

Cara-Melindungi-Website-Anda-dari-Kampanye-SEO-Negatif

Di masa pemilihan presiden RI 2014 kita pasti sering mendengar berita di berbagai media tentang kampanye hitam (black campaign) dan kampanye negatif (negative campaign). Bagi yang belum tahu bedanya, kampanye hitam adalah kampanye yang dilakukan untuk menjatuhkan kompetitor melalui isu-isu yang tidak berdasar atau fitnah. Sedangkan negative campaign adalah kampanye menyerang lawan dengan menggunakan fakta-fakta yang berdasar dan merugikan lawan. Tujuan kedua kampanye ini adalah untuk menyerang dan merugikan kompetitor masing-masing capres sehingga kredibilitasnya jatuh. Tapi maaf, artikel ini tidak membahas tentang masalah pemilihan presiden.

Di dunia SEO (search engine optimization) juga ada yang namanya kampanye negatif atau Negative SEO. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan peringkat atau posisi website kompetitor di mesin telusur Google. Tentu saja Negatif SEO ini sangat merugikan website bisnis, karena bisa merusak reputasi sebuah website di mata Google. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Disadur dari situs blog.kissmetrics.com, berikut ini adalah ulasan tentang kampanye SEO Negatif (Negative SEO).

Apa Itu Negative SEO?

SEO Negatif adalah serangkaian tindakan yang dilakukan oleh kompetitor untuk menyabotase peringkat website Anda di mesin pencari. Biasanya negative SEO menggunakan tehnik SEO yang dilarang oleh aturan Google Webmaster, tehnik yang tidak etis atau biasa disebut dengan tehnik black hat. Serangan negatif SEO ini bisa dalam berbagai bentuk, seperti:

  • Meretas website Anda (hacking)
  • Menciptakan ratusan hingga ribuan link spam menuju situs Anda
  • Mengcopy konten-konten Anda, lalu mempublish konten tersebut di berbagai tempat sehingga terjadi duplikat konten
  • Membangun banyak link dari situs-situs yang tidak berkualitas dengan menggunakan anchor text seperti Viagra, P0ker, dan kata kunci yang tidak family safe.
  • Menciptakan akun media sosial palsu dan merusak reputasi website Anda melalui akun tersebut
  • Mencopot links terbaik yang dimiliki oleh website Anda

Artikel terkait: Cara Membangun Backlinks

Apakah Negative SEO adalah Ancaman yang Nyata?

Ya tentu saja ancaman ini nyata. Negative SEO merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi para pemilik website, dan sudah ada beberapa website yang terkena dampaknya. Website yang terkena dampak negative SEO seringkali mengalami kesulitan untuk mengembalikan reputasinya di mata Google. Karena itu negative SEO harus dicegah sejak dini, seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Anda pasti sudah tahu situs Fiverr.com, jika Anda mengetikkan kata kunci “Negative SEO” maka kita akan menemukan ada lebih dari 15 ribu orang yang menawarkan jasa Negative SEO. Lihat gambar,

[spoiler]

SEO-Negatif-1
(c) kissmetrics.com

[/spoiler]

Di forum blackhat (blackhatworld.com) juga kita bisa menemukan beberapa kisah para blackhaters yang telah berhasil melakukan tehnik SEO negatif dan menjatuhkan kompetitor mereka. Lihat gambar,

[spoiler]

(c) kissmetrics.com

[/spoiler]

Untungnya Google telah merilis tools untuk mengatasi praktek Negative SEO, tool ini bisa dimanfaatkan oleh webmaster secara gratis. Namun, kita harus berhati-hati dalam menggunakan tool ini, gunakan sebagai opsi terakhir saja. Berikut ini video dari Matt Cutts mengenai SEO negatif.

[spoiler][/spoiler]

Biasanya dibutuhkan waktu 2 – 4 minggu untuk melihat hasil kerja tool ini. Saya yakin tidak ada seorang pun yang bisa bersabar selama satu bulan melihat website mereka terkena penalti. Langkah terbaik yang harus kita lakukan adalah mencegahnya, jangan sampai website Anda mengalami dampak buruk karena kampanye Negative SEO.

Cara Mencegah Serangan Negative SEO

1. Mengatur email alert Webmaster Tools. Google bisa mengirimkan alert ke email Anda:

  • Saat ada malware menyerang website Anda
  • Saat website tidak bisa diindeks oleh Google
  • Saat koneksi server website Anda bermasalah
  • Saat website Anda mendapatkan manual penalty dari pihak Google

Jika saat ini website Anda belum terkoneksi dengan akun Google Webmaster Tools, maka sebaiknya lakukan sekarang. Login ke akun Google webmaster Anda, lalu klik “Webmaster Tools Preferences”. Lihat gambar,

[spoiler]

mencegah-negative-seo
(c) kissmetrics.com

[/spoiler]

Aktifkan notifikasi email dan pilih untuk menerima pemberitahuan untuk semua jenis masalah. Lalu klik “Save”. Lihat gambar,

[spoiler]

mencegah-negative-seo-2
(c) kissmetrics.com

[/spoiler]

2. Lacak Backlinks Yang Anda Bangun

Ini adalah langkah yang sangat penting Anda lakukan untuk mencegah para spammer berhasil ‘mengerjai’ website Anda. Kebanyak dari praktek Negative SEO dilakukan dengan cara membangun links dari situs-situs yang berkualitas rendah atau links redirect.

Tools yang bisa digunakan untuk melacak baclinks menuju website kita adalah Opensiteexplorer.org dan Ahrefs.com. Gunakan tools tersebut secara berkala untuk mengetahui perkembangan links menuju website Anda. Tool lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah MonitorBacklinks.com (berbayar).

Situs Opensiteexplorer.org dan Ahrefs.com bisa digunakan secara gratis, tapi penggunaannya sangat terbatas. Jika Anda ingin melacak backlinks situs Anda dan juga situs kompetitor, sangat disarankan untuk menggunakan versi berbayar.

3. Lindungi Backlinks Terbaik Anda

Cukup panyak praktek Negative SEO yang berusaha mencoba menghapus link yang sudah kita bangun dengan susah payah. Mereka melakukannya dengan cara menghubungi pemilik website di mana links Anda berada. Dengan mengatasnamakan diri Anda, mereka mencoba meminta si pemilik website tersebut menghapus link Anda.

Untuk mencegah hal ini, kita disarankan untuk menggunakan email dengan domain sendiri saat membangun link dan menghubungi pemilik website lain. Ini bisa mencegah orang lain berpura-pura menjadi Anda saat menghubungi pemilik website tempat link Anda berada.

Artikel terkait: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

4. Amankan Website Anda dari Serangan Hacker dan Malware

Kita setuju bahwa keamanan website adalah sesuatu yang sangat penting dan krusial. Apapun platform situs Anda, pastikan bahwa keamanan untuk website yang Anda bangun sudah cukup kuat. Bila Anda menggunakan platform WordPress, Anda bisa membaca beberapa tips untuk mengamankan website/ blog Anda dari serangan Hacker, baca artikelnya Di SINI.

Anda juga bisa menginstal plugin tambahan untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda, yaitu dengan menginstal plugin Google Authenticator. Plugin ini akan meningkatkan keamanan website WordPress dengan menerapkan verifikasi pasword dua langkah. Setiap kali log in ke situs WordPress, Anda akan diminta untuk menambahkan kode yang dikirimkan oleh Google Authenticator ke smartphone Anda (tersedia untuk Android dan iOS).

Gunakan password yang kuat untuk website Anda, kombinasi antara huruf, angka, dan simbol. Anda bisa membaca tips mudah cara membuat password di Artikel INI. Selalu backup file dan data base website Anda secara berkala untuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada website Anda. Jika website Anda memperbolehkan user untuk mengupload file, pastikan hosting Anda terinstal antivirus untuk mencegah masuknya malware.

5. Lakukan Strategi SEO yang Etis

Banyak orang yang menganggap bahwa semua strategi membangun baclinks untuk SEO merupakan bentuk SPAM yang terkoordinir. Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya benar, walaupun memang beberapa pelaku SEO melakukan SPAM. Hindari tindakan berikut ini:

  • Jangan memberikan link ke situs yang terkena pinalty
  • Jangan mempublish artikel yang berkualitas rendah, misalnya artikel dari guest blogger
  • Jangan menggunakan kata kunci yang sama terlalu banyak untuk links Anda
  • Jangan membeli links dari blog networks, ini bisa berbahaya bagi SEO Anda untuk jangka panjang

6. Jangan Mencari Musuh Di Internet

Seperti istilah yang sering kita dengar “Seribu teman masih terlalu sedikit, sedangkan satu musuh sudah terlalu banyak”, begitulah seharusnya kita membangun komunitas online yang sehat. Tidak ada gunanya menciptakan permusuhan, apalagi di internet. Jangan menciptakan musuh di dunia online karena Anda tidak pernah tahu sedang berhadapan dengan siapa.

Artikel lain: Strategi Dalam Membangun Backlinks

Ada 3 alasan mengapa seorang Spammer ‘mengerjai’ website Anda:

  • Untuk bersenang-senang
  • Untuk balas dendam
  • Untuk menyingkirkan Anda dari persaingan di SERP Google

Bagaimana Cara ‘Memerangi’ Negative SEO?

Jika Anda menyadari bahwa seseorang mulai melakukan Negative SEO pada website bisnis Anda, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Buat List Backlinks yang Ingin Anda Hapus

Monitor pertumbuhan jumlah backlinks ke website Anda secara berkala. Tandai semua links menuju situs Anda, informasi ini bisa kita dapatkan melalui Google Webmaster Tools atau dengan bantuan tools yang disebutkan di atas. Periksa sumber links Anda, apakah links tersebut bisa merusak reputasi website Anda dikemudian hari? Jika ya, maka Anda harus bersiap-siap untuk menghapusnya.

2. Menghapus Backlinks

Setelah membuat list website sumber backlinks yang ingin dihapus, langkah selanjutnya adalah menghubungi webmaster atau admin website tersebut. Jika website tersebut tidak membuat halaman kontak, maka kita bisa menghubungi webmaster dengan melacak pemiliknya menggunakan situs Who.is untuk menemukan alamat email atau nomor telepon.

3. Buat List Disavow Links

Jika Anda mendapatkan email mengenai manual penalty, langkah yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan Google Disavow Tool. Metode pada poin 1 dan 2 mungkin tidak berhasil kita lakukan, maka untuk menghapus bad links ini kita bisa membuat list disavow yang kemudian bisa kita submit ke Google Webmaster Tools.

Baca juga: Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

Kesimpulan:

Keamanan website dan impresi di mesin pencari Google adalah hal yang sangat penting bagi para pemilik website. Berikut adalah ringkasan dari beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dampak dari Negative SEO:

  1. Buat email notifikasi dari Google Webmaster Tools.
  2. Lacak pertumbuhan backlink Anda dengan menggunakan Opensiteexplorer.org, Ahrefs.com, MonitorBacklinks.com.
  3. Mengoptimalkan keamanan website Anda.
  4. Melakukan optimasi SEO off page dengan cara yang aman.
  5. Jangan mencari musuh di internet.

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan Negative SEO? Metode apa yang Anda pakai dan tools apa yang Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut?

59 KOMENTAR

  1. Bagaimana kalau niat spammer itu untuk meningkatkan kualitas dari websitenya sendiri bukan untuk bersenang-senang atau balas dendam?

  2. Sekarang itu kendalanya di google banyak yang makai safe search, nah itu solusinya gimana agar blog kita muncul di safe search?

  3. Nih yang model begini seo negatir merusak banget bisnis atau kepentingan seseorang, mengirim link spam ke web seseorang dengan tujuan tidak baik.

  4. caranya gmn ya gan buat hapus backlink yang udah ke publish?

    • Kalau kita yang kerjain backlinks nya ya tinggal hapus satu per satu, tapi kalau bukan kita yang kerjain bisa dengan cara submit Disavow backlinks via Google webmaster tools

  5. blog ku sering dapat rujukan url yg gk jeals gitu,apa itu bagian dari negatif seo ya mas,…

    • Bisa iya bisa nggak. Biasanya blog yang copas artikel mu bakalan ngirim pingback atau trackbacks, ini ga usah di approve, delete aja

  6. Iya.. tapi bagaimana caranya agar tidak ada backlink dari situs berbahawa, apalagi tadi saya cek ada backlik dari situs porno dan situs perjudian lainnya.. tipsnya ni ..

    Takut aja di sangka buruk sama google

  7. Terima kasih atas artikelnya maxmanroe. saya blog pemula dan saya sangat membutuhkan banyak sekali ilmu SEO untuk meningkatkan artikel saya. tapi apa itu backlinks? saya bingung dan tolong juga kunjungi blog baru saya dan berikan saran untuk blog saya. Thanks.

  8. Mas, saya sejak custom domain ke web, indeks nya g muncul2 meski sudah diperbaiki di web web master. Apakah itu juga karena kena negative seo? Mohon pencerahan..

  9. Sudah berulang kali blog jasa-seo.net diserang negative SEO tapi alhamdulillah so far so good..

  10. sepertinya, blog saya kena seo negatif, udah tanam BL yang bagus2 tapi kw ga naik2

  11. Wah harus segera setting web master seperti di atas nih, sebelum di serang hal yang tidak di inginkan terjadi.

    terimakasih, artikel yang sangat membantu

  12. Nih yang nyebelin kalo ada yang iri / sirik terhadap situs kita :(

    Thanks gan informasinya, bisa diterapkan kalo nanti2 ada masalah sama blog

  13. Sepertinya blog saya terindikasi hal serupa. Setelah melakukan cek rutin terdapat link masuk dari situs tidak family safe. Mungkin secepatnya dilakukan perbaikan links bermasalah tsbt. Thanks infonya

  14. Hanya butuh 10 hari untuk membuat lawan masuk sandbox, aku pernah uji coba web punya master SEO , dan berhasil, kalo yang punyya web org biasa2 aja, gak sampe 10 hari dah yakin ngilang webnya

  15. kalo sudah terlanjur cari backlink sembarangan gmn gan?? dihapus aja ya??

  16. gan, gw lagi galau nih. klo buka blog gw kok malah masuk ke web orang . gimana cara mengatasinya? ini blog gw gan: mychocochips.blogspot.com
    smenjak ada bgituan, gw jadi ga nulis-nulis nih. makasih banyak.. maaf, gw blogger newbie gan.

  17. Saya hari ini sudah melakukan disavow link om… Sekitaran 180 domain yang terindikasi referral trafik spam… Saya lihat situs tersebut dari google analityc kemudian saya cari di gugel almat trsebut dan katanya itu adalah situs trafik spam… Kebetulan juga saya dapat info dr forum bersosial dan mas nelson..

  18. Salam kenal mas manroe

    Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat bagi pemilik website atau blog. Kebetulan saya sedang belajar SEO untuk mengoptimalkan blog saya.

    Terima kasih atas artikelnya

  19. terima kasih mas manroe, artikel nya sangat bermanfaat buat saya seorang newbie.

  20. Ngeri juga ya…
    menghalalkan segala cara demi uang masih menduduki peringkat favorit bagi sebagian kalangan bloger :)

  21. artikel ini juara banget….,, ijin bookmark ,, saya juga dulu sempat kena black campaign…,, pada web client saya yang terpaksa harus berujung dengan disavow link dan itu sangat melelahkan :(

  22. g di dunia nyata, g d dunia maya, ternyata sama saja.. jd was2..

  23. super sekali artikel ini…. sebenarnya saya masih bingung nih gans…. gans bagaimana kalau kita lakukan banklink di iklan baris…. sekali banyak dalam satu hari apakah bermasalah dengan website kita… ?

    kemudian cara aman untuk meningkatkan wibsite kita ke google gimana yah ?

    oh iya saya sering sekali dapat pingback.. dari website suwanggi.in-hell.com apakah ini termasuk spammer ?? saya sering kali mendapatkannya apalagi kalau saya baru mempublis post baru saya…..

    mohon penjelasannya suhu

  24. Salam om..
    baru ngerti ini kalau ada negative seo.. dan ternyata di fiverr banyak yang menyediakan.. terimakasih atas semua saran diatas yang sangat sangat berguna bagi kami blogger pemula. teruslah menulis !!!

  25. Wah ternyata mengerikan ya kalau sampai ada hatter blog kita

  26. Semoga blog saya terlepas dari kampanye ini mas. Saya akan coba praktekkan satu persatu caranya. Terimakasih mas …

  27. Nice tips… maxmanroe selalu mantep postingan artikelnya…
    Kalo build backlinks di banyak situs iklan baris amankah gan..?

  28. ternyata ini penyebab 3000 visitor/hari saya berubah jadi 200/hari, padahal blog Dunia Farmasi saya tidak ada menyinggung siapa2 dan justru menyediakan konsultasi obat secara gratis. Hmm,.. niat baik tidak selalu berbuah baik. Mohon saran2nya om max..

    • Mungkin ada penyebab lainnya mas Aji, bisa juga kesalahan membangun backlinks kita sendiri yang lakukan bukan orang lain hehehe. Saran saya, sekarang mendingan lebih fokus membangun konten saja dulu, backlinksnya lebih santai saja.

  29. Benar sekali kang, salah satu blog yang aku kelola juga pernah mengalami duplicat conten yang banyak sekali dan sama semua, hasilnya membuat blogku dapat peringatan spamer.
    Gan untuk musuh diinternet gimana ya cara menghindarinya padahal aku merasa g punya musuh…
    Makasih atas jawabannya

  30. Yang penting kita harus melakukan SEO sewajarnya (white hat)

  31. Mantap banget mas tipsnya, makasih banyak udah berbagi info yang sangat berguna ini

  32. Luar biasa.. Negatif SEO seperti dukun di dunia nyata yang bisa menghancurkan toko sebelah yang menjadi saingan. Semoga tidak ada di Indonesia Raya ini..
    Makasih infonya Gan..

  33. ternyata ada juga …padahal saya udah kepikiran….eh benr ada

  34. Sore Pak,

    saya sudah mulai ngeblog tahun 2008, beberapa kali akun adsense saya di disable, apa ini juga termasuk kedalam seo negatif ya pak?

    karena saya tidak pernah melakukan klik terhadap iklan saya sendiri..

    mohon sharingnya pak.

    • Banned Adsense sepertinya bukan karena negative SEO, itu lebih ke pelanggaran TOS Google Adsense mas.

  35. paket tour ke bali

    emang kampret ,untung ane nemu ni blog . thx ilmunya

  36. Pernah mendengar istilah ini tapi kurang memperhatikan. Penjelasannya komplit, thanks.

  37. Serem juga ya Gan, ane mesti hati-hati nich.. thanks Gan infonya..

  38. Ternyata ada juga orang orang seperti itu, makasih gan atas infonya, jadi saya bisa lebih berhati-hati.

  39. Luar biasa artikelnya mas…

    andai saja semua onliner bisa bersaing secara fair….

    mudah2an negative seo jadi hilang dari dunia maya, amiiiin…

  40. Ternyata dampak negatif seo untuk blog sangat mengerikan

  41. Newbie baru tau yang beginian nih Mas, setelah baca point pertama, saya langsung ke google webmaster tool, checking sedetail-detailnya.
    Sampai periksa ke security Issues dan HTML Improvements, syukur masih baik2 saja termasuk “No Duplicate Contents” dan “No Malware Issues”.
    Next saya akan coba check dengan cara di poin lainnya.. Dan juga belajar lagi tentang tagging dll untuk SEO, masih kurang ngeh soale, hehe.
    Thanks for the Info n artikel menarik ini ya .. m/ .. ^_^

  42. setelah membaca post ini jadi ngeri kalo kena seo negatif, baru ngeblog beberapa minggu yang lalu masih dapet 1 backlink dari sini.

  43. waduh baru tau ada yang beginian di SEO serem juga ya?

  44. Makasih infonya gan, artikel yang seperti ini yang saya cara, bukan hanya dampak positifnya tapi sekaligus dampak negatif yang harus kita ketahui.
    Terima kasih gan

  45. wahh gan.. saya pernah dapat backlink spam juga dan saya tidak menaruh backlink di website tersebut, langsung saya cabut aja backlinknya, ada 400 backlink spam mengarah ke web saya, untung web saya bisa bertahan dari serangan backlink spam tersebut, jadi saya langsung copot segera backlink spam tersebut, terima kasih mas informasinya ^_^

  46. setelah baca ini jadi tergerak untuk kontrol blog dan backlink. Terkait backlink saya jadi ingat, ada 11 backlink andalan sudah lenyap alias terhapus, mungkinkah akibat negatif seo. Menyinggun PV, sebelum Backlink terhapus perdari bisa PV 27k. Tapi setelah bl dihapus angkat 7k saja sampai berkeringat. Thank ilmunya Mas.

  47. saya mulai ngeBlog tahun 2007 dengan domain sendiri yang akhirnya tahun 2009 saat PR sudah sampai 3 banyak sekali yang merasa tersaingi, maklum blog itu saya pakai untuk jualan. Tahun 2009 blog itu saya tutup karena terlalu banyak serangan :( akhirnya sekarang ngBlog di blogspot dengan topik kesehatan sesuai dengan kuliah dan pekerjaan. BTW thanks sharingnya pak.. kami tunggu tulisan2 selanjutnya

  48. baru tau kalau ada yang beginian negative SEO. . .
    makasi gan infonya , ,

  49. Makasih gan atas infonya .. :)

  50. ulasan solutif untuk lebih selektif dalam bermain SEO

  51. Tips yang sangat bermanfaat, melihat tulisan ini saya terinspirasi untuk memposting konten yang bermanfaat buat pengunjung blog, Thank atas sharing tipsnya.

Tinggalkan Balasan