Beranda WordPress Cara Install WordPress di Cpanel Hosting

Cara Install WordPress di Cpanel Hosting

Cara install WordPress di Cpanel Hosting – Sebenarnya sudah cukup banyak informasi yang bisa dilihat di internet mengenai WordPress, tapi saya coba menulisnya dengan cara saya hehehe. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstall WordPress di hosting kita, diantaranya adalah:

  1. Dengan cara manual
  2. Dengan bantuan fantastico
  3. Dengan bantuan softaculous

Cara termudah untuk melakukan instalasi WordPress di Cpanel hosting kita adalah dengan menggunakan bantuan fantastico dan softaculous. Dengan bantuan dua tools ini proses instalasi dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak perduli Anda adalah seorang pemula yang belum begitu mengerti tentang instalasi WordPress.

Walaupun kedua tools ini (fantastico, softacolous) dapat digunakan dengan mudah, tapi saya pribadi menyarankan untuk menggunakan softaculous. Mengapa? Beberapa artikel yang pernah saya baca menyebutkan bahwa Fantastico memiliki bug, sehingga kemungkinan error saat instalasi bisa terjadi.

Artikel terkait: Cara Membuat Website / Blog WordPress Self Hosted

Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Dengan Bantuan Softaculous

1. Langkah pertama adalah masuk ke Cpanel hosting anda, namadomain.com/cpanel. Masukkan username dan password Cpanel hosting Anda.

cpanel
2. Setelah berada di dalam Cpanel, kita bisa scroll ke bagian bawah untuk mencari link Softaculous. Lalu klik link Softaculous tersebut dan kita akan diarahkan ke halaman berikutnya.

softaculous
3. Setelah kita berada di dalam halaman Softaculous, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress nya. Anda akan melihat logo WordPress dihalaman instalasi, lalu arahkan kursor mouse ke logo tersebut dan klik Install.

option
4. Setelah itu kita akan masuk kehalaman berikutnya, dimana kita bisa masukkan beberapa data untuk domain yang akan diinstall script WordPress. Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama domain, nama blog, deskripsi, admin user name, dan admin password, untuk kolom lainnya biarkan saja default.

Oh ya, jangan lupa untuk menyimpan data penting WP admin seperti username dan password untuk login. Periksa kembali data yang kita masukkan, bila sudah yakin klik Install. Tunggu proses installasinya, biasanya hanya beberapa detik saja.

CATATAN PENTING: Perhatikan pada bagian “In Directory”, bila Anda ingin menginstal WordPress pada root domain maka bagian In Directory dikosongkan saja. Bila Anda ingin menginstal WordPress pada directory baru (misalnya Blog atau WP), maka bagian tersebut tinggal diberi nama “Blog” atau “WP”. Pada kolom Database Name bisa dibuat sesuai dengan nama domain Anda (misalnya Maxmanroe_com) atau bisa dibiarkan default saja.

Saya pribadi lebih memilih untuk mengosongkan bagian “In Directory” agar WordPress terinstal di root domain. Sedangkan pada kolom “Database Name” dan “Table Prefix” biasanya saya biarkan default saja.

Pada kolom “Site Name” kita bisa menambahkan nama blog/ website, dan memasukkan deskripsi singkat blog pada kolom “Description”. Untuk blog pribadi atau blog bisnis, jangan mencentang bagian “Enable Multisite (WPMU)”.

Pada bagian “Admin username” masukkan username yang Anda inginkan, pastikan Anda tidak menggunakan username admin karena rentan terhadap serangan hacker. Gunakan username yang tidak umum, misalnya useromeo. Pada kolom “Admin Password”, masukkan password yang Anda inginkan untuk masuk ke WP admin, gunakan password yang kuat. Sedangkan pada kolom “Admin Email”, masukkan email utama Anda untuk mengelola blog yang akan dibuat. Lalu klik “Instal”

install

5. Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah mengecek WP admin kita. Coba masuk ke WP admin dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin di browser, lalu masukkan user name dan password yang sudah dibuat tadi untuk login. Sampai di sini proses instalasi script WordPres di Cpanel Hosting sudah selesai.

Baca juga: Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP

Cara di atas adalah cara install WordPress di Cpanel hosting yang menurut saya paling mudah dan aman dan prosesnya installasinya sendiri tidak sampai 5 menit. Anda tidak mungkin melakukan kesalahan jika melakukan langkah-langkah di atas dengan benar. Selamat mencoba!

69 KOMENTAR

  1. Mas, saya sudah punya domain dan sudah dipasangkan ke blogspot. nah sekarang karena sudah banyak yang kunjungi, rencana mau pindah ke wordpress lantas bagimana caranya mas? cara menghubungkan domain ke hostingnya

  2. Mas saya sudah instal dengan softaculous, karena di tampilan cpanel saya sudah tidak ada fantastico.

    Nah setelah saya instal wordpress kenapa kok domain saya jadinya kaya gini mas domainsaya.com/wp. Sedangkan kalau wp nya dihilangin dan hanya domainsaya.com tidak bisa dibuka mas. Mohon keteranganya

    • Berarti waktu instal WordPress nya mas Akhdan membuat direktory WP. Kalau kesulitan lebih baik uninstal dulu WordPress nya, lalu instal ulang tanpa membuat directory. Bagian directory dikosongin aja, baca bagian catatan penting pada artikel di atas.

  3. terima kasih atas tutorialnya , sangat bermanfaat

  4. Terima kasih atas tutorialnya, barusan saya beli hosting dan domain baru tapi bingung harus memulai dari mana.. coz baru kali ini pakai WP

    Capek capek cari ternyata ada di softaculous… hahaha, trims ya Mas

  5. Kebetulan lagi mau coba migrasi ke wordpress.. tapi cari-cari info dulu

  6. kasus saya beda setelah install tidak bisa login ke wp admin,,, gimana itu mas…

  7. mau intsla terus ada tulisnnya nie” The following errors were found :

    You do not have sufficient space to install this software!”

    itu kenapa ya gan??apa spacenya kurang ya

    • Installnya dari mana mas, kalau dari softaculous biasanya lebih mudah dan cepat. Kalau melihat pesan itu, artinya disk space host nya terlalu kecil atau tidak ada ruang lagi untuk menginstal WordPress nya.

  8. terima kasih atas ilmu yang telah kau bagikan untuk kami semua mas brow,,,,

  9. Gan, kolom In Directory berisi WP.
    Nah, kalau mau login jadi namadomain.com/wp/wp-admin

    • Oh itu berarti Anda buat direktori WP. Kalo mau di root nya ga usah pake direktori WP lagi, kosongin aja kolom direktori sewaktu akan install WordPress nya

      • In Directory itu memang harus dikosongin ya bang? kalo nggak dikosongin gimana?

        • Ya terserah sih, kalau web Maxmanroe.com dikosongin bagian In Directory nya. Jadi ketika buka web ini URL nya maxmanroe.com.

          Kalau In Directory nya diisi (misalnya web atau blog), maka homepage nya nanti jadi domain.com/web. Kalau untuk blog WordPress biasa, sebaiknya bagian In Directory dikosongin saja.

  10. di softaculous saya ko ga ada icon wordpress nya ya ? kenapa sih

    • Harusnya sih ada mas, coba tanyaa pihak hostingnya deh… kenapa ga ada WP di softaculous nya

  11. Berkat ada softaculous, proses instalasi sangat mudah yah bang.. Tidak sampai 5 menit bahkan.. Tidak perlu buat database dan segala macemnya lagi..

  12. sewa mobil semarang

    iyaa gan.. tapi instal ke Softaculous blm di jlsin gan..

  13. Bayu Tcah Ndablex

    Mas kalo buat bnyk blog gunain wordpres.com gunain 1 hos gmn caranya

  14. mkasih mas,wah bebenar mudah di phami tutorialnya ..
    salam kenal mas…

  15. ketika install plugin stats berhasil, namun tidak terdeteksi di dashboard. Saya menggunakan wordpress shared hosting premium. mohon bantuan gan

  16. Wah ini yang di cari mas …. berguna banget … pas bangett nemu nya di web ini ….
    thanks mas atas info nya :D

  17. enak ya tinggal klik sini klik sana haha

  18. Terima kasih info nya mudah2an bermanfaat……

  19. ada yg salah bang,,, di in directory harap dikosongkan…soalnya nanti muncul masalah baru. kalo pengen tau ya coba aja diisi. thanks infonya harap diedit…saya pusing berpa hari gara2 artikel ini,,
    adipriatna.com

    • Oh.. kalau itu tergantung kita sih. Kalau mau install WP nya di dalam directory tertentu ya bisa dibuat directorynya. Tapi kalau mau instal wp di dalam domain ya tinggal dikosongin aja kolom tersebut, semuanya tergantung kebutuhan :)

    • hehe,,,saran saya sih,,kasih optional. overall nice artikel,,,moga segera diperkuat lagi thanks

  20. terimakasih ataz ilmunya gan .. tolong di share juga yg manualnya

  21. Karepmu Bae Lah

    untuk cpanel yang dipake apa gan? makasih

  22. nutrisi buah pisang

    makasih informasinya. membantu sangat. mau pindah ke wp soalnya..

  23. Android Indonesia

    Akhirnya dapat pencerahan juga, sekarang saya lagi mau coba build blog pake wordpress soalnya.

Tinggalkan Balasan