Cara Efektif Menyusun Daftar Pekerjaan

Image dari Pixabay.com

Image dari Pixabay.com

Dalam menjalankan pekerjaan ataupun bisnis, penyusunan daftar pekerjaan bisa menjadi kunci sukses Anda. Jangan meremehkan menyusun atau membuat daftar pekerjaan. Karena ketika Anda sama sekali tidak memilikinya, saya yakin apapun pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini tidak akan bisa maksimal. Menyusun jadwal pekerjaan sangat banyak manfaatnya untuk bisnis Anda.

Tentu saja ketika Anda memiliki jadwal pekerjaan yang tersusun dengan baik, akan semakin memudahkan Anda dalam bekerja dan semakin membuat langkah Anda efektif dan efisien. Jika Anda tidak biasa menyusun sebuah daftar pekerjaan mungkin akan terasa sulit. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara menyusun daftar pekerjaan agar lebih efektif dan memudahkan pekerjaan Anda.

1. Menyusun Daftar Pekerjaan di Malam Sebelumnya

Tentu saja Anda harus membuat daftar pekerjaan sebelum aktifitas pekerjaan Anda dimulai. Yang paling sering dan mudah adalah pada malam hari, buatlah daftar pekerjaan pada malam hari. Atau kalau tidak malam hari, bisa juga Anda menyusun daftar pekerjaan setelah pekerjaan Anda selesai. Sore hari ketika aktifitas pekerjaan Anda sudah selesai, segera buat daftar pekerjaan untuk hari berikutnya.

Artikel lain: Lakukan 5 Trik Berikut Jika Terpaksa Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

2. Tulis Secara Singkat, Padat Dan Tertarget 

Sering terjadi dalam proses penyusunan daftar pekerjaan ini kita terlalu muluk-muluk. Seakan-akan kita ingin menyelesaikan semuanya hari itu juga. Sehingga daftar pekerjaan yang kita buat sangat panjang dan kadang tidak memiliki kejelasan target.




Nah, mulai saat ini, lebih baik buatlah daftar pekerjaan yang singkat, padat dan jelas agar tidak memberatkan Anda. Membuat daftar pekerjaan yang terlalu panjang bukan akan membantu Anda. Sebaliknya, daftar yang terlalu panjang akan membuat Anda menjadi malas, sehingga kemungkinan tidak dikerjakan sangat besar.

3. Pertimbangkan Waktu Juga

Untuk menyusun sebuah daftar pekerjaan, tidak bisa Anda tidak mempertimbangkan waktu bekerja Anda. Pertimbangkan dengan teliti agar semua daftar pekerjaan yang Anda buat bisa terselesaikan dengan maksimal.

Selain memikirkan waktu kerja Anda, estimasikan juga seberapa berat atau seberapa lama Anda bisa menyelesaikan masing-masing daftar pekerjaan yang sudah di buat. Jangan sampai daftar pekerjaan yang sudah Anda buat justru tidak bisa Anda selesaikan sehingga malah akan membuat keseluruhan pekerjaan Anda menjadi kocar-kacir.

4. Pekerjaan Jangka Pendek Vs Jangka Panjang

Dengan memilah pekerjaan pada beberapa bagian, bisa memudahkan Anda dalam memanfaatkan waktu yang ada secara efisien. Tentukan mana yang harus dikerjakan dalam jangka waktu pendek, dan tentukan sekalian mana pekerjaan untuk jangka panjang. Jadi, ketika Anda memiliki waktu luang setelah menyelesaikan pekerjaan Anda, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan pekerjaan jangka panjang Anda meski sedikit. Cara ini bisa meringankan beban Anda dalam pekerjaan yang berat.

5. Pilah Antara Tanggung Jawab Pribadi dan Tim

Dalam sebuah pekerjaan, bisa jadi ada pekerjaan yang bukan sepenuhnya bukan tanggung jawab Anda. Artinya ada pekerjaan yang harus melibatkan orang lain, baik teman, rekan atau bisa juga atasan. Nah, pilah-pilahlah pekerjaan seperti ini. Komunikasikan kepada mereka yang ada di dalam pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersama.




Dengan memetakan tanggung jawab dan beban seperti ini, akan membuat daftar pekerjaan yang telah Anda buat semakin taktis dan bisa cepat dikerjakan baik oleh Anda maupun bersama dengan orang lain.

Baca juga: Ingin Berbisnis Tapi Modal Usaha Terbatas? Tenang Ada Tipsnya Kog

6. Lakukan Evaluasi Setiap Waktu

Evaluasi tetap harus Anda lakukan, baik ketika daftar pekerjaan itu Anda eksekusi maupun ketika masih dalam tahap penyusunan. Evaluasi dengan teliti, apakah daftar yang sudah Anda buat tersebut benar-benar sudah ideal atau belum. Jika ada kerjaan yang harus dikerjakan secara tim atau kelompok, sebaiknya komunikasikan juga hal tersebut.

Agar teman dan rekan Anda juga mempersiapkan segalanya, sehingga ketika tiba waktunya mengerjakan, tidak terjadi ketimpangan. Ketika daftar yang Anda buat sudah dikerjakan, maka evaluasi diperlukan untuk melihat seberapa efektif daftar pekerjaan yang sudah Anda kerjakan itu. Jika dirasa masih kurang tajam dan kurang efektif, bisa dilakukan perubahan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud