Cara Cermat Belanja Di Instagram Agar Tidak Menyesal Setelah Belanja

belanja di Instagram

Image dar Wayvs.com

Saat ini #media sosial semakin berkembang dengan semakin banyak fungsi yang bisa dijalankan. Jika pada awal kemunculannya dulu hanya untuk berkomunikasi dengan teman atau bersosial saja, kini media sosial bisa dijadikan sebagai tempat berbisnis yang sangat potensial.

Jenis jejaring sosial pun juga semakin bertambah dengan pengguna yang juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Fakta ini kemudian membuat banyak orang yang memiliki produk bisnis kemudian memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnisnya.

Salah satu media sosial yang saat ini tengah in dan digandrungi banyak orang adalah #Instagram. Media sosial yang menampilkan gambar dan video ini memiliki manfaat besar bagi para pebisnis online. Bagi para konsumen pun juga demikian, belanja online pun semakin mudah dengan adanya media sosial Instagram.

Tinggal melihat spesifikasi produk baik melalui foto maupun video, langsung kemudian memesannya. Nah, untuk Anda yang senang berbelanja online terutama melalui Instagram, ada baiknya Anda perhatikan beberapa cara cermat belanja di Instagram di bawah ini.

1. Selalu Perhatikan Dulu Testimoni Pembeli

Untuk melakukan cek sebelum benar-benar membeli barang dari Instagram, sebaiknya Anda perhatikan testimoni dari pembeli yang lain dulu. Tentunya toko online yang menjual produk melalui Instagram memiliki banyak follower, nah, periksalah komentar-komentar dari para follower tersebut.




Follower banyak pun bukan suatu jaminan bahwa #toko online di Instagram bisa dipercaya, karena saat ini juga banyak follower bayangan untuk memberi kesan positif. Yang harus Anda lakukan adalah membaca komentar para follower, jika ada komentar negatif dari produk tersebut, sebaiknya pikir dua kali sebelum benar-benar bertransaksi.

Artikel lain:

2. Perhatikan Juga Para Endorsernya

Setelah memperhatikan dan membaca testimoni nya, yang harus Anda lakukan kemudian adalah memperhatikan para endorsernya. Endorsement ini bisa juga dijadikan sebagai ukuran kepercayaan toko online dari Instagram ini. Jika misalnya yang diendorse oleh akun Instagram tersebut banyak dari kalangan populer dan terkenal, maka itu bisa jadi toko online tersebut bisa dipercaya. Karena bagaimanapun juga cukup sulit mendapatkan endorsement dari orang-orang terkenal dan populer. Namun demikian Anda harus tetap waspada dan teliti lebih dalam lagi sebelum membeli.

3. Perhatikan Gambar Produk Dengan Seksama

Setelah itu adalah Anda harus memperhatikan gambar atau foto yang dipajang. Mungkin saja produk asli sedikit berbeda dengan gambar yang dipasang, ini biasanya karena efek kamera atau memang sengaja diedit agar lebih menarik.

Toko online yang terpercaya biasanya memberikan kualitas produk yang tidak jauh dari gambar produk yang ada. Untuk ini, ada baiknya Anda memastikan produk yang ingin Anda beli merupakan real picture dari produk aslinya. Jadi ketika Anda benar-benar membeli produk tersebut Anda tidak kecewa karena memang begitu adanya.




4. Perhatikan Juga Cara Pembayaran

Untuk metode pembayaran, biasanya toko online akan memberikan beberapa pilihan. Seperti misalnya dengan cara Cash On Delivery (COD), transfer tunai, transfer antar rekening, kartu kredit atau menggunakan PayPal. Jika Anda tidak menggunakan sistem COD, maka pastikan jika Anda sebagai pembeli bisa meminta resi pengiriman. Ini tentu saja ditujukan untuk memastikan bahwa barang yang dipesan benar-benar sudah dikirim.

Nomor resi ini juga bisa dicek melalui website jasa pengiriman. Dan biasanya, semakin banyak cara pembayaran yang ditawarkan menunjukkan bahwa toko online tersebut memberikan layanan pada semua konsumennya. Dan ini bisa merupakan nilai plus tersendiri bagi toko online tersebut.

Baca juga: Anda Penggila Belanja Online? Ketahui 5 Trik Berikut Ini Agar Belanja Makin Memuaskan

5. Jangan Lupa Bandingkan Harga

Ini juga harus Anda lakukan, bukan saja belanja melalui Instagram, belanja di mana saja sebaiknya lakukan hal ini. Dengan makin banyaknya toko online yang bermunculan, tentu saja persaingan tak bisa dihindarkan. Dan persaingan ini pastinya akan menimbulkan perang harga antara toko online satu dengan toko online yang lain.

Nah, sebagai pembeli Anda juga harus cermat memilih harga yang paling minim dengan kualitas yang maksimal. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya jika Anda melakukan survey ke beberapa toko online yang lain, siapa tahu ada harga yang lebih menarik untuk dibeli.



1 comment on this postSubmit yours
  1. mantap ulasannya mas, hehe..tapi jangan lupa juga lihat followernya apa akun manusia semua, biasannya kalau akun yang benar2 tidak nipu kita bisa lihat yang komen di foto2 mereka itu nyata semua, buka robot yg komen

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud