4 Cara Alternatif untuk Dapatkan Modal Bisnis Selain dengan Jalan Meminjam

mendapat modal bisnis

Image dari hipwee.com

Untuk memulai atau menjalankan sebuah bisnis, kebanyakan seseorang akan dituntut untuk memiliki modal. Modal bisnis ini sendiri diperlukan untuk membuat usaha yang Anda rencanakan terwujud dan berjalan. Namun sayangnya tidak sedikit pengusaha yang sering terkendala dengan masalah permodalan ini. Tidak hanya saat akan memulai usaha, namun di tengah perjalanan usaha mereka para pebisnis ini bisa jadi mengalami masalah modal untuk melanjutkan usahanya.

Saat ini untuk mendapatkan modal bisnis memang sangat mudah. Hanya dengan membawa agunan (jaminan) yang bisa dipercaya ke lembaga pembiayaan seperti bank dan lainnya maka Anda akan mampu mendapatkan sejumlah uang untuk Anda gunakan sebagai modal usaha.

Namun dengan jalan meminjam ini Anda akan merasa terbebani untuk melunasinya. Dengan keadaan usaha yang belum pasti, maka usaha untuk mengangsur pinjaman tersebut bisa saja terjadi hambatan. Saat hal ini terjadi bisa jadi pebisnis akan sangat dipusingkan dengan ancaman pengambilalihan aset-aset Anda. Nah dari sini Anda sebagai pengusaha haruslah memiliki cara lain untuk bisa mendapatkan modal selain dengan cara meminjam.

Artikel lain: Apakah Pinjaman Modal Usaha Adalah Sebuah Kesalahan? Sama Sekali Tidak

Lalu bagaimana caranya? Berikut 4 cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan modal untuk modal bisnis selain dengan jalan meminjam.

1. Modal Bisnis dari Menabung

Cara alternatif pertama untuk bisa mendapatkan modal bisnis selain dengan jalan meminjam adalah dengan menabung. Ya, teknik konvensional ini memang masih terbukti sangat efektif untuk bisa mendapatkan modal usaha yang cukup. Hanya dengan menyisihkan keuntungan usaha dengan rutin maka Anda akan memiliki dana cadangan yang bisa Anda gunakan untuk modal usaha di suatu waktu ketika Anda membutuhkan.

Untuk Anda yang sedang akan memulai menjalankan usaha maka Anda bisa mulai menabung dari gaji yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda. Berkomitmenlah untuk tidak menggunakan dana cadangan atau tabungan untuk keperluan lain selain untuk pembiayaan atau permodalan bisnis Anda. Jika Anda punya niatan yang serius dan komitmen dalam hal menabung ini maka akan sangat mungkin Anda bisa mendapatkan modal yang efektif dari teknik ini.

2. Kerjasama dengan Teman

Berikutnya cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan modal bisnis selain dengan jalan meminjam adalah dengan menjalin kerjasama dengan teman. Ya, dengan jalinan atau jaringan pertemanan yang Anda miliki, Anda bisa saja memperoleh modal usaha.

Caranya Anda tinggal menghubungi teman-teman Anda yang potensial bisa membantu permodalan untuk Anda ajak bicara. Setelah bertemu sampaikan saja maksud Anda dan jelaskan dengan baik dan menarik konsep dan visi-misi dari bisnis Anda. Ajak mereka untuk bisa bergabung dengan usaha yang sedang Anda bangun atau telah Anda jalankan.

Berikan mereka keyakinan dan harapan yang besar terhadap bisnis Anda. Dengan cara ini maka Anda akan berpeluang mendapatakan modal usaha tanpa meminjam. Sebab teman Anda ikut terlibat dalam bisnis tersebut.




3. Crowdfunding

Saat ini di zaman teknologi yang semakin pesat, pendanaan memang tidak hanya bisa dilakukan secara offline atau tatap muka secara langsung. Dengan memanfaatkan #teknologi digital yang ada sekarang ini seperti perangkat PC dan jaringan internet maka Anda bisa mendapatkan sejumlah dana atau modal dari beberapa situs penyedia penggalangan dana secara crowdfunding.

Crowdfunding sendiri adalah teknik penggalangan atau pengumpulan dana secara kolektif (patungan) secara digital dari beberapa investor atau sponsor untuk suatu project yang dianggap menjanjikan. Beberepa situs penggalangan dana secara crowdfunding adalah Kickstarter, indiegogo, rockethub, symbid, crowdcube, crowdfunder, crowdrise, somolend, appbacker dan lain sebagainya. Jika proposal yang Anda ajukan cukup baik dan menarik para sponsor bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan dana atau modal dari beberapa situs penyedia dana crowdfunding tersebut.

Baca juga: Ingin Berbisnis Tapi Modal Usaha Terbatas? Tenang Ada Tipsnya Kog

4. Menjadi Dropshipper

Terakhir, cara alternatif untuk untuk bisa mendapatkan dana atau modal bisnis selain meminjam adalah dengan menjadi #dropshipper. Dropshipper sendiri adalah seorang yang menjalankan marketing sekaligus penjualan sebuah produk dari perusahaan tanpa harus membeli barang tersebut. Mereka para dropshiper ini hanya akan mencoba membantu menjual produk dari produsen dengan keuntungan berupa komisi dari barang yang berhasil dijual.

Jadi mereka ini tidak berdiri sendiri sebagai penjual yang berkuasa atas barang yang dijualnya. Mereka para dropshipper ini hanya diberi kepercayaan oleh produsen untuk bisa menjual barang-barangnya. Jadi keuntungan yang diperoleh adalah selisih dari harga yang telah ditentukan oleh produsen. Nah dari keuntungan atau komisi yang didapat ini maka dropshipper bisa mendapatkan dana atau modal untuk bisnisnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. yang paling saya suka no 4. kebetulan saya dan istri sedang menjalaninya. lumayan buat nambah modal seperti no 1.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud