Capai Sukses, Inilah 4 Resep Brand Eiger untuk Kuasai Pasar dan Konsumen

Brand Eiger

Image dari Sooperboy.com

Brand Eiger memang sudah sangat melekat dalam benak dan hati konsumen, terutama bagi para pecinta outdoor saat ini. Dengan beragam produk yang ada, merek yang berdiri sejak tahun 1990 silam ini telah menjadi produk yang paling banyak diburu. Tidak hanya pasar domestik, namun saat ini Eiger juga telah meluas ke pasar internasional seperti di Malaysia, Brunei dan Korea Selatan. Lalu mengapa bisa brand Eiger ini bisa sukses menguasai pasar dan konsumen? Apa resep rahasianya? Berikut ulasannya.

1. Memastikan Merek dan Brand Kuat di Hati Konsumen

Resep rahasia pertama brand Eiger menguasai pasar menurut Business Development Manager PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eiger), Faiz Fashridjal adalah dengan memastikan merek, produk, dan disrtibusinya kuat. Sebuah brand bisnis memang harus kuat. Semakin kuat brand atau merek maka akan semakin besar pula peluangnya untuk bisa memenangkan hati konsumen dan sekaligus menguasai pasar.

Cara untuk bisa menguatkan brand ini adalah dengan benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dalam hal ini Eiger selalu membina hubungan baik dengan komunitas untuk aktivitas outdoor, seperti Mapala, Wanadri, dan komunitas lainnya agar bisa selalu mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen.



Artikel lain: Tips Sukses Jalankan Bisnis UKM Dari Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo

Setiap tahunnya, pihak Outdoor memang sering mendapatkan proposal dari para komunitas outdoor activity. Biasanya dalam mendukung kegiatan outdoor pihak Eiger memberikan materi, produk, atau mengirimkan tim ahli yang ada di EAST (Eiger Adventure Services Team). Dari sinilah kemudian Eiger menghadirkan kegiatan yang digalang komunitas pecinta outdoor activity. Kegiatan bersama dengan para komunitas ini dirasa menjadi tepat sasaran untuk bisa membuat merek mereka kuat di pasaran.

2. Memiliki Model Bisnis yang Terukur

Berikutnya, resep rahasia brand Eiger menguasai pasar dan konsumen adalah dengan memiliki model bisnis yang terukur (scaleable).  Jika dulu sebelumnya Eiger mempunyai sistem bisnis distribusi sendiri dan distributor, maka kemudian seiring tingkat penjualan yang semakin berkembang dan meyakinkan, tawaran dan pengajuan #franchise atau semi-franchise untuk mempunyai Eiger Store sendiri banyak berdatangan dari publik. Smapai sekarang ini, sudah ada sekitar 800-an tawaran untuk semi franchise.

3. Brand Eiger Selalu Kreatif dan Inovatif

Inovasi dan kreativitas memang sudah menjadi barang wajib bagi setiap bisnis untuk bisa menjadi pemenang dalam persaingan pasar. Ya, konsumen yang merupakan manusia memang selalu memiliki titik jenuh pada suatu barang atau produk. Maka tanpa kreativitas dan inovasi pelanggan lama-kelamaan akan mengalami kebosanan. Jadi sebagus apapun produk, untuk bisa terus diterima pasar pebisnis harus selalu berinovasi dan berkreasi terus menerus. Eiger sendiri melakukan hal ini sudah sejak lama.

Menurut sang pendiri Ronny Lukito, hampir semua produk yang dihadirkan brand Eiger termasuk Export, dan Bodypack selalu hadir dengan inovasi dan kreatif. Ia selalu ingin menghadirkan produk Eiger dengan nilai yang selalu lebih baru dan menjadi sesuatu yang terbaik untuk pelanggan.

Dari sinilah maka Eiger selalu menjadi produk yang terus diburu. Contoh produk kreatif Eiger adalah tas hiking yang dbuat dengan tiga kantong sekaligus untuk botol minum. Kantong minum yang berjumlah tiga ini memang tidak lazim dimiliki tas-tas biasa lainya. Namun Eiger menciptakan inovasi lain yang berguna bagi para pecinta hiking.

Baca juga: Tips Sukses Jalankan Internet Marketing Ala Ladan Lashkari

4. Hadirkan Solusi Fungsional dan Emosional

Terakhir, resep rahasia brand Eiger untuk menguasai pasar dan konsumen adalah dengan menghadirkan solusi fungsional dan emosional pada setiap produk yang diciptakannya. Ya, inovasi da kreatif memang harus didukung dengan kegunaan dan kebermanfaatan dari produk tersebut. Percuma bila inovasi dilakukan namun ternyata hasil yang dihasilkan tidak berdampak pada kegunaan dan fungsi.

Lebih lanjut ini artinya setiap produk yang diinovasikan harus bisa menghadirkan solusi. Solusi yang dihadirkan Eiger sendiri disesuaikan lagi dengan segmen usia konsumen dengan tidak mengorbankan kualitas. Layaknya moto Ronny Lukito bahwa tak ada kompromi untuk kualitas.

Jadi setiap inovasi dan kreativitas yang dihasilkan Eiger selalu mempertimbangkan manfaat fungsional dengan emosional. Manfaat fungsional sendiri maksudnya adalah Eiger menawarkan fungsi yang tepat sesuai jenis produk yang dibuat. Sedangkan manfaat dari sisi emosional adalah Eiger membuat desain trendy yang disukai anak-anak muda.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud