Canva, Software Online Untuk Editing Grafis Secara Mudah Dan Lengkap

Canva, Software Online Untuk Editing Grafis Secara Mudah Dan Lengkap

Canva-Software-Online-Untuk-Editing-Grafis

Berbincang soal media sosial, tentu tidak bisa dipungkiri kalau saat ini konten #media sosial yang paling digemari adalah konten dengan konsep visual. Di Instagram. Facebook atau Path, kita bisa menemukan beragam konten visual yang menarik, menggelitik bahkan mengundang tawa. Tidak cuma soal konten yang sifatnya edukatif atau menghibur, kata-kata inspiratif atau quotes tentang motivasi juga bisa menjadi lebih menarik perhatian jika dibuat dalam bentuk gambar.

Bagi para pengguna media sosial yang masih awam, membuat konten visual yang menarik mungkin menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Tapi kini kesulitan itu bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi Canva.

Apa itu Aplikasi Canva?

Dengan kehadiran website desain online gratis yang satu ini, membuat konten visual yang unik dan menarik tidak lagi jadi kesulitan walaupun kita tidak memahami seluk beluk ilmu desain grafis. Meski terbilang masih baru, aplikasi Canva sudah mulai dikenal luas karena prosedur penggunaannya yang sangat praktis dan jenis desain konten visual yang beranekaragam.

Kalau kita tidak bisa membuat desain dari sketsa awal, Canva sudah menyiapkan jutaan clip art atau foto-foto yang keren dan artistik. Tinggal mencari konten visual sesuai dengan kategori gambar yang sudah dikelompokkan oleh Canva, membuat ilustrasi atau posting gambar di media sosial jadi makin mudah dan mengasyikkan. Kita bisa memilih foto atau clip art yang kita butuhkan, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Lihat template desain gambarnya di Social Media Graphics.

Langkah Mudah Membuat Konten Grafis di Canva

Canva menyediakan tutorial praktis untuk membuat konten visual secara mudah dan cepat. Tahapan yang harus kita lalui saat menggunakan Canva yaitu :

  • Menentukan jenis template yang akan kita gunakan. Apakah kita ingin menggunakan template artistik siap pakai atau ingin mendesain sendiri gambar yang akan kita buat dengan Canva
  • Setelah menentukan gambar, selanjutnya kita bisa menentukan jenis huruf (font) yang ingin kita gunakan. Pada tahap ini kita bisa memilih jenis dan warna huruf sesuai dengan selera agar konten gambar tampak proporsional dan mudah dibaca.
  • Permainan warna adalah tahap ketiga yang harus diselesaikan saat menggunakan Canva. Kita bisa memilih warna yang mencolok, lembut atau disesuaikan dengan huruf maupun gambar yang akan kita gunakan.
  • Tahapan keempat biasanya menjadi tahapan yang paling menarik. Karena pada tahap keempat, kita bisa memilih konten gambar yang sesuai dengan selera kita. Supaya lebih menarik, jangan lupa untuk memilih gambar yang bisa mengilustrasikan kata-kata yang akan dicantumkan pada konten gambar.
  • Background pada gambar yang kita pilih ternyata masih bisa dicustom sesuai kebutuhan. Bila gambar yang kita gunakan sudah menggunakan warna-warna kontras yang cerah, maka kita bisa menggunakan warna background yang lebih lembut dan begitu pula sebaliknya.

Artikel lain: 10 Aplikasi Editor Foto Hemat Biaya Untuk Para Pengusaha Kecil

Konten Apa Saja yang Bisa Dibuat Dengan Canva?

Ada banyak konten yang bisa kita buat dengan memanfaatkan Canva. Beberapa konten media sosial yang sangat populer seperti konten Facebook, konten Instagram, konten Pinterest, cover untuk Google+, cover untuk Youtube Channel, banner Twitter dan cover Facebook adalah contoh konten gambar yang bisa dikreasikan dengan Canva.

Tidak melulu soal konten gambar untuk media sosial, beragam varian template juga disediakan oleh Canva untuk mendukung kebutuhan desain seperti brosur, grafis untuk blog, template undangan serta desain kartu nama. Dengan menggunakan Canva, aktivitas mendesain jadi terasa makin seru dan mudah lho.

Melalui media sosial dengan konten visual sebagai fokus utama, kini kita tidak hanya bisa jadi “penggembira” yang menikmati posting konten gambar yang isinya keren dan unik. Sebab dengan memanfaatkan Canva, kini kita malah bisa mengembangkan ide dan kreativitas untuk membuat konten gambar yang original, inspiratif bahkan membuat orang tertawa.

Kalau belum pernah mencoba menggunakan Canva, berarti ini saatnya bagi kita untuk mengakses aplikasi ini melalui website atau Apple Store di smartphone. Gunakan Canva untuk raih kesempatan jadi trendsetter di media sosial.

2 KOMENTAR

  1. Sulaidi Hasibuan

    Aplikasi Editing Grafis yang sangat bagus sekali, tapi sayang ga ada softwarenya biar bisa digunain tanpa koneksi internet..

  2. Woww kerren bener ni aplikasi. boleh lah di coba

Tinggalkan Balasan