Cajun Claws ~ Bisnis Kuliner Resto Khas Amerika yang Muncul Dari Rasa Rindu dan Cinta

Cajun Claws

Image dari Google.com

Rasa kangen memang seringkali membuat kita ingin dan berhasrat untuk segera mewujudkan hal yang dirindukan tersebut. Inilah yang juga mendasari seorang pengusaha, Tommy Putra yang merasa kangen dengan makanan Amerika untuk kemudian membuat Cajun Claws, sebuah bisnis restoran masakan Amerika yang kini sukses berjalan dan mendapatkan setidaknya 500 pengunjung setiap bulannya. Lalu seperti apakah bisnis Cajun Claws milik Tommy Putra ini? Berikut ulasannya.

Modal Awal Usaha dan Konsumen Cajun Claws

Untuk mendirikan Cajun Claws, Tommy menyatakan ia mengeluarkan modal usaha sebesar Rp 400 juta per tahunnya untuk tempat saja. Renovasi ruangan dan desain interior yang mirip dengan resto di Louisana sendiri membutuhkan sebanyak biaya Rp 3 miliar. Modal besar memang harus dikeluarkan siapapun termasuk Tommy dalam #bisnis kuliner berkonsep resto.

Cajun Claws sendiri memiliki luas ruangan 23×8 meter persegi yang bisa menampung 120 orang. Para konsumen yang datang didominasi oleh konsumen yang sudah pernah pergi ke Amerika. Dan saat mereka menyantap makanan yang ada banyak darinya yang menyatakan bahwa menu di Cajun Claws memiliki rasa yang sama persis dengan yang ada di Amerika bagian selatan sana.

Artikel lain: Black Burger, Lezatnya Bisnis Kuliner Asing Dipadu Bumbu Khas Nusantara

Usung Menu Makanan Amerika Serikat Bagian Selatan

Pada awal berdirinya pada November 2014 Cajun Claws hanya mengusung tema Authentic Louisiana Seafood. Tapi seiring dengan perkembangan dunia kuliner Tommy kemudian memutuskan konsep restonya menjadi The Real American Food.




Pada akhirnya Cajun Claws pun tidak lagi menawarkan hidangan seafood, namun juga menghadirkan menu hidangan berbahan dasar ayam dan daging sapi. Pria yang pernah tinggal selama 5 tahun di Amerika ini akhirnya menjadikan Cajun Claws sebagai restoran yang mengusung tema menu-menu dari Amerika Serikat bagian selatan yang lebih luas.

Hadirkan Nama-nama Unik dan Rasa yang Otentik

Dipilihnya menu Amerika Serikat bagian selatan ini sendiri bukan tanpa alasan. Menurutnya makanan-makanan di Amerika Bagian Selatan ini banyak memakai bumbu yang sama dengan makanan  di Indonesia. Beberapa menu makanan yang dihadirkan di resto ini terbilang unik sebab menggunakan nama beberapa negara bagian di Amerika.

Sebut saja menu tersebut adalah Louisiana, Georgia, Mississippi, Virginia, dan negara bagian lainnya. Untuk menghasilkan rasa yang sama persis dengan makanan yang di Amerika bagian selatan, Tommy mengaku melakukan impor bahan dari negara asalnya. Namun demikian tidak semua impor, sebab jika di Indonesia ada bahan yang lebih bagus seperti lada hitam maka ia tidak akan melakukan impor.

Pemilihan Pantai Indah Kapuk Sebagai Lokasi Usaha

Bisnis resto Cajun Claws ini dijalankan Tommy di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) sebagai outlet pertamanya. Pemilihan PIK sebagai outlet pusat bukan tanpa sebab. Menurut Tommy kawasan PIK yang sudah menjadi pusatnya kuliner akan membuat banyak konsumen datang dan berani mencoba masakan baru. Namun setelah nanti cukup memiliki dana lagi, Tommy berjanji akan membuka Cajun Claws di tempat lainnya terutama ke daerah selatan Jakarta (kawasan Senopati).

Menurut Tommy perbedaan Cajun Claws dengan restoran seafood lainnya ada pada menu yang disajikan. Jika restoran lainnya memfokuskan pada menu lokal seperti kepiting asam manis atau kepiting saus Padang maka Cajun Claws menghadirkan rasa otentik sesuai dengan cita rasa di Amerika sana.




Baca juga: Belgian Waffle ~ Bisnis Kuliner Kue Sepit Khas Belgia yang Tawarkan Kemitraan Menguntungkan

Guna mendapatkan cita rasa yang otentik, Tommy tidak main-main dalam merekrut chef. Maka dari itu ia kemudian menunjuk Ivan Eria Ugaya yang berpengalaman sebagai chef dengan menu Amerika sebagai Executive Chef di Cajun Claws. Dengan total pegawai 20 orang dan 8 orang chef, saat ini Tommy dengan Cajum Claws-nya mampu menampilkan 20 menu baru.

Beberapa menu baru tersebut antara lain Buffalo Wings with Blue Cheese Sauce, Buttermilk Fried Calamari, Pulled BBQ Beef Sandwich, Crawfish Sliders, Blackened Fish, Jambalaya, Seafood Gumbo, dan lainnya. Menu yang menjadi andalan di Cajun Claws sendiri adalah seafood boil dan Alaskan King Crab.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud