Bob Sadino Meninggal Dunia, Ini “Warisannya” untuk Pebisnis Indonesia

Bob Sadino Meninggal Dunia

Awal tahun 2015 masyarakat dikejutkan dengan kabar buruk Bob Sadino meninggal dunia. Lelaki yang gemar mengenakan celana pendek di atas lutut ini meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta pada Senin (19/01/2015) karena penyakit komplikasi.

Selama hidupnya, pengusaha kelahiran Bandar Lampung ini terkenal cukup nyentrik dalam menjalankan bisnisnya. Bob Sadino yang sering menjadi pembicara dalam beberapa kesempatan itu meninggalkan beberapa warisan bagi siapapun yang ingin mengikuti jejak kesuksesannya.

Walaupun Bob Sadino meninggal dunia, ada 10 peninggalan penting yang diberikan kepada calon pengusaha Indonesia. Seperti apa “peninggalan” Bob Sadino untuk para pebisnis mudah agar dapat meraih sukses? Yuk, simak 10 prinsip bisnis nyentrik Bob Sadino berikut ini:

Artikel terkit: Bob Sadino: Pengusaha Nyentrik Nan Inspiratif

1. Jika Ingin Sukses, Jangan Jadi Karyawan

Ini adalah salah satu pernyataan Bob Sadino yang cukup dikenal secara luas. Anda tetaplah seorang pegawai tak peduli setinggi apapun pangkat yang dimiliki, sementara tak peduli sekecil apapun usaha yang dimiliki seorang entrepreneur tetaplah seorang bos yang memiliki kuasa penuh atas bisnisnya.

Tentu saja hal ini bisa dimaknai sebagai sebuah motivasi bagi siapa saja agar tidak hanya mencari peluang kerja, namun juga menciptakan lapangan kerja. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot kesana kemari membuat lamaran kerja jika sebenarnya mampu bekerja untuk diri sendiri.

2. Kuliah itu Goblok

Bob Sadino juga pernah secara terang-terangan menyampaikan kalau kuliah adalah kegiatan goblok pada satu seminar di kota Semarang. Memang terdengar sangat  frontal dan mungkin sedikit “menyesatkan” jika Anda mengartikannya secara literal.

Apa yang dimaksud oleh Bob Sadino dalam ranah ini adalah bahwasanya sebuah bisnis dapat dipelajari secara otodidak. Kuliah dapat menjadi kegiatan goblok apabila tidak sejalan dengan apa yang dipelajari.

Taruhlah seseorang yang membuka usaha sablon namun kuliah jurusan psikologi misalnya, ilmu yang dipelajari selama kuliah dianggap beliau sebagai suatu yang sia-sia jika tidak dapat diaplikasikan dalam bisnis tersebut.

3. Bisnis Prospektif adalah Bisnis yang “Dibuka”, Bukan Ditanyakan Terus

Pernyataan tersebut cukup sederhana, namun nyatanya cukup melekat di hati masyarakat. Secara fakta, omongan Bob Sadino ini memang benar karena bisnis tak hanya membutuhkan perhitungan dan spekulasi, namun juga keberanian untuk mengeksekusi. Tanpa adanya tindakan nyata, maka bisnis Anda hanyalah omongan sampah.

4. Jadikan Keluarga Sebagai Motivator

Bob Sadino rupanya sangat menyadari pentingnya keluarga bagi setiap pebisnis. Baginya, keluarga adalah pihak yang akan mendukung sepenuhnya dan mengiringi langkah Anda membangun dan mengembangkan usaha.




Oleh karena itu, ia berharap agar setiap pebisnis selalu menyempatkan dan meluangkan waktu untuk orang-orang ini bahkan ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga.

5. Keberhasilan adalah Sebuah Titik Kecil di Puncak Segunung Kegagalan

Pernyataan cukup menarik kembali datang dari mendiang Bob Sadino ketika Anda berurusan dengan sebuah bisnis. Baginya, setiap bisnis selalu dibarengi dengan kegagalan yang mungkin tidak hanya terjadi sekali namun beratus-ratus kali.

Anda tidak boleh menyerah terhadap setiap kegagalan yang dirasakan, sebab segunung kegagalan itu suatu saat akan berbuah keberhasilan jika mau sabar dan terus berjuang.

6. Jangan Menyerah

Hampir sama dengan poin sebelumnya, Bob Sadino pernag menyatakan “Cukup satu langkah awal. Ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Berjumpa api saya mundur. Melangkah lagi. Berjalan terus dan mengatasi masalah”.

Pernyataan Bob Sadino yang cukup unik tersebut dapat dijadikan sebagai indikasi bahwa Anda tidak boleh menyerah mengahadapi segala tantangan yang menghadang. Jangan melarikan diri, tapi carilah solusi masalah tersebut agar bisa menghadapi kemudian melangkahkan kaki menuju yang lebih baik.

Baca juga: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

7. Berbisnis Tidak Perlu Berpendidikan Tinggi

Bob Sadino juga pernah dengan tegas menyatakan bahwa “orang pintar menganggap untuk berbisnis perlu pendidikan tertentu. Orang  bodoh berpikir ia pun bisa berbisnis”.

Pernyataan itu sedikit banyak dapat diartikan sebagai ajakan dari pengusaha nyentrik ini bahwa siapapun bisa memulai sebuah usaha tanpa mempedulikan latar belakang pendidikan. Intinya, siapapun bisa asal memiliki kemauan kuat.

Itulah beberapa prinsip bisnis Bob Sadino yang dapat diaplikasikan oleh Anda yang baru saja menjalankan bisnis atau berniat memulai usaha. Meraih kesuksesan memang seringkali tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Hmmm, apakah Anda siap berwirausaha?




2 total comments on this postSubmit yours
  1. terima kash Banyak artikelnya sangat bermanfaat, semoga almarhum tenang dan diterima disisinya.Amin

  2. Selamat jalan sosok inspirasi bagi kami yang sedang menapaki jejak menjadi pengusaha. banyak pelajaran yang biasa diambil dari beliau. Selamat jalan Bob Sadino, selamat jalan bunga bangsa.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud