5 Ide Bisnis yang Membutuhkan Kreativitas Tinggi, Berinovasi Itu Harus

Bisnis yang Membutuhkan Kreativitas

Bisnis butuh kreativitas

Apa saja bisnis yang membutuhkan kreativitas tinggiBisnis di tahun ini dan seterusnya merupakan babak baru dalam dunia bisnis, mengapa? Salah satunya adalah karena pasar bebas yang terbuka untuk seluruh ASEAN yang bakal direalisasikan sejak tahun 2015 hingga seterusnya.

Masyarakat Indonesia dituntut untuk kreatif karena ada banyak peluang terbuka lebar! Mengapa harus bisnis kreatif? Pasar bebas yang telah direalisasikan di tahun 2015 memungkinkan barang-barang dari luar negeri lebih mudah masuk ke Indonesia.

Hal ini tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga dampak negatif kalau kita tidak mampu bersaing. Oleh karena itu, mari gunakan berbagai kreativitas pada beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba.

Beberapa Bisnis yang Membutuhkan Kreativitas

1. Bisnis yang Bertema Tradisi

Bisnis bertema tradisional merupakan salah satu bisnis yang membutuhkan kreativitas, khususnya produk-produk tradisional bisa menjadi ide menarik sekaligus melestarikan budaya Indonesia yang sangat beragam. Barang-barang berbau organik dan juga unik menjadi buruan para peminatnya dan pasti punya pasar, apalagi sekarang memang sedang menjadi trend.

Apa saja yang bisa dijual? Mulai dari batik, anyaman, dan beragam produk-produk khas suatu daerah bisa menjadi opsi bagus. Sebagai contoh: misalnya Anda yang adalah orang Batak mengapa tidak menjual ulos, berbagai desain khas Batak yang dituangkan dalam bentuk kaos, kebaya Batak dan sebagainya.

Tidak hanya menarget pembeli dari dalam negeri, turis-turis yang semakin banyak berkunjung ke Indonesia tentu saja pasar besar Anda.

2. Bisnis Kerajinan Tangan

Hampir mirip dengan bisnis bertema tradisional, bisnis kerajinan tangan adalah salah satu bisnis yang membutuhkan kreativitas dan menjadi sesuatu yang unik dan eksklusif. Indonesia sendiri punya banyak kerajinan tangan yang sangat unik dan bahkan bernilai tinggi.

Sebagai contoh, seorang pemahat dapat menghasilkan puluhan juta dari beragam patung yang terbuat dari kayu bekas. Jika Anda berkeliling seluruh Indonesia, Anda akan menemukan lebih banyak lagi kerajinan tangan yang bahkan tidak terpikirkan.

Artikel lain: Industri Kreatif : Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Berkonsep Craft Indie

3. Usaha Makanan

Makanan adalah kebutuhan primer setiap manusia dan setiap manusia senang sekali bereksplorasi soal rasa dan beragam wujud makanan. Hampir setiap tahun ada saja jenis makanan baru atau makanan dari suatu daerah tertentu yang belum terlalu dikenal kemudian ‘diangkat’ ke permukaan.




Setiap tahun ada banyak bisnis waralaba baru yang bahkan merupakan makanan khas yang mengandung nilai sejarah dan sebagainya. Ingat saja prinsipnya: Makanan yang enak dan / atau punya ‘fans fanatik’ pasti bisa bertahan.

Anda bisa memulai bisnis kuliner di tahun 2015 dengan beragam ide makanan yang memanjakan perut ini. Coba perhatikan makanan-makanan khas atau Anda punya resep sendiri? Silakan mencoba.

4. Bisnis Travel

Tidak dipungkiri taraf hidup makin tinggi dan semakin banyak orang yang menyadari pentingnya atau merasa bahwa berwisata adalah kebutuhan. Bisnis travel menjadi salah satu opsi bisnis yang bisa Anda lirik sebagai bisnis di tahun ini!

Bisnis travel sendiri punya banyak cakupan – apakah Anda sebagai planner, penyedia tiket transportasi, penyedia tempat wisatanya sendiri dan sebagainya. Silakan pilih yang sesuai dengan Anda!

Artikel terkait: 8 Jenis Usaha/ Bisnis Yang Cocok di Tempat Wisata

5. Bisnis Publishing

Periklanan sedang marak di dunia global dan bisnis ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan karena hampir semua bisnis yang telah disebutkan di atas butuh promosi. Yang lebih menariknya lagi adalah biaya promosi dari suatu usaha biasanya bahkan memakan dana cukup banyak.

Jadi, Anda bisa bayangkan berapa banyak yang diperoleh orang-orang advertising dan publishing? Apalagi jika Anda bisa berpikir kreatif dan punya konsep yang tidak konvensional, hmm. Pasarnya akan jauh lebih banyak lagi yang bisa Anda kuasai dan Anda bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Tidak harus media besar, melalui blog yang dibangun secara profesional juga bisa sebagai media publishing yang menguntungkan.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Sudah Terbukti!

Apakah Anda sudah terpikir untuk melebarkan sayap bisnis di tahun 2015? Apakah beberapa opsi yang kami sebutkan di atas ada yang menarik dan patut untuk dijalani? Atau Anda sedang memikirkan berbagai risiko apabila melebarkan sayap ke bisnis lainnya? Ingat, bisnis yang bagus dijalani adalah BISNIS YANG DIJALANI.

Beberapa opsi di atas mungkin hanya sebagian kecil dari beragam ide bisnis yang membutuhkan kreativitas dan bisa Anda coba lagi di tahun depan. Siapa tahu ide Anda bahkan jauh lebih menarik daripada rekomendasi-rekomendasi bisnis yang telah kami sebutkan!



12 total comments on this postSubmit yours
  1. Mantap… apapun bisnis nya yang penting fokus dan kerja keras.

  2. Mungkin untuk saat ini yang lagi buming bisnis yang bertema tradisi mas, seperti jual batik,, dan alat-alat tradisional.. biasanya irang luar negeri yang banyak membeli sebagai kenang-kenangan.. selain untuk mendapatkan penghasilan kita juga bisa memperkenalkan budaya kita.. betul gak mas..

  3. Bisnis apa saja kalo di onlinekan sekarang sungguh sangat potensial, semangat belajar online untuk mengepakan sayap untuk jangkauan yang lebih luas :)

  4. kira kira barang antik tahun depan bisa naik kagak om tren bisnis di indonesia cepat berubah ,harus cermat dan cepat

  5. Yang mulai booming saat ini bisnis online payment. Itu luar biasa sekali untungnya. Intinya semua orang butuh transaksi

  6. jangan takut memulai usaha,jangan terlalu mikir ini itu. karena sambil jalan pasti nemuin caranya.. tentukan usahanya dan jalankan sekarang..

  7. Sedikit tips bro. Semua bidang usaha atau bisnis itu baik.. Justru dengan adanya pesaing atau kompetitor yg ada itu bisa dijadikan manfaat untuk motivasi dan mengolah kreatif bagi kita.. Jd jgn takut dengan adanya pesaing yg semakin taun semakin banyak.. Berpikir positif danb terus berusaha!!!

  8. dari dulu usaha makanan (bidang kuliner) gk ada matinya :)

  9. Om max, mau tanya. bagaiamana peluang usaha bisnis baju?? apakah baik??
    karena saat ini bnyk sekali yang menjual baju via online jadi saingan makin bnyk

  10. setuju sekali..
    semoga kelak makin banyak pengusaha d Indonesia ya.
    karena dengan adanya banyak pengusaha, maka akan banyak menyerap angka pengangguran,

    iya setuju, klo modal cuma uang saya rasa kita perlu lebih kreatif, mungkin bisa dengan cara modal komunitas, atau pemberdayaan, jadi sosioenterpreneur :)

  11. Setuju gan….. bisnis memang membeutuhkan kreatifitas, kalo cuma mengandalkan modal uang, sa’at ini rasanya agak sulit untuk berkembang. Karena persaingan yang semakin ketat dan perkara modal uang, banyak yang memberi kredit dengan mudah (tapi bunganya relatif tinggi)

  12. saya kebetulan kemarin sudah tidak bekerja lagi,, karena habis kontrak mas, terus apakah bisnis yang cocok hanya dengan modal 20 jt,,,, kebetulan saya pengen gantungin bisnis untuk biaya kuliah,,,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud