Bisnis Waralaba Modal Kecil – 101 Contoh Usaha Waralaba Murah Yang Sukses

Bisnis-Waralaba-Modal-Kecil

Bisnis Franchise via Smallbiztrends.com

Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis franchise ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi tidak berpengalaman dalam membangun bisnis sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan.

Secara umum usaha waralaba adalah bisnis yang sangat menguntungkan, terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk setiap orang.

Bagi pengusaha yang memiliki modal besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang memiliki modal terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba.




Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relatif dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga usaha franchise biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Artikel terkait: Peluang Usaha Rumahan

Nah, di artikel ini Saya ingin membahas tentang beberapa usaha waralaba modal kecil yang bisa dijalankan oleh calon pengusaha yang memiliki modal terbatas. Perlu diingat juga bahwa selain membeli franchise-nya, pembeli waralaba juga harus memikirkan tentang gaji karyawan dan juga beberapa persiapan lainnya. Jadi, kita memang harus benar-benar mempersiapkan diri secara finansial sebelum membeli sebuah waralaba.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai peluang bisnis waralaba modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Bisnis Waralaba Makanan & Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan & minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Merintis bisnis makanan, misalnya restaurant atau tempat makan dengan merk dagang baru adalah sebuah tantangan yang cukup sulit, terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan sebelumnya. Dan menjalankan usaha franchise makanan/  minuman menjadi salah satu opsi yang sangat tepat untuk permasalahan tersebut.

Ada banyak usaha waralaba makanan & minuman yang menawarkan franchise-nya dengan harga yang relatif murah, tapi memang tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih bisnis waralaba makanan & minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

Untuk melihat beberapa contoh usaha waralaba murah untuk niche makanan & minuman, silahkan membaca artikel berikut ini:

2. Bisnis Waralaba Laundry & Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, bisnis laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Laundry, biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

Biasanya bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relatif murah.

Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kita memilih usaha waralaba yang punya reputasi baik dan mau memberikan solusi pada masalah Anda sebagai pemula dalam bisnis ini. Untuk bisnis ini, lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari franchisor yang punya reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi resiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis jasa laundry.

Untuk melihat beberapa contoh waralaba Loundry & Jasa Kebersihan, silahkan baca artikel ini:

3. Bisnis Franchise Di Bidang Kesehatan & Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.




Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralaba-nya kepada calon pengusaha seperti Anda, tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Misalnya Anda ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

Untuk melihat informasi waralaba dibidang kesehatan & kecantikan, silahkan baca artikel ini:

4. Usaha Waralaba Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan

Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan waralaba bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah. Ada diantara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat mahal, tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

Untuk melihat beberapa contoh waralaba di bidang jasa pendidikan dan pelatihan, silahkan kunjungi link ini:

5. Bisnis Franchise di Bidang Retail

Secara singkat bisnis retail bisa definisikan sebagai usaha menjual produk, baik itu barang atau jasa kepada perorangan/ keluarga untuk memenuhi keperluan si pembeli. Tidak jarang orang menganggap bahwa bisnis retail hanya menjual produknya di sebuah toko. Pada kenyataannya penyewaan komik, dokter gigi, dan beberapa usaha retail lainnya tidak selalu berbisnis melalui toko pada umumnya.

Saat ini ada banyak bisnis retail yang ditawarkan kepada masyarakan dengan sistem waralaba. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis retail dengan brand yang bisa langsung dikenal masyarakat dan sudah memiliki SOP (standar operational procedure) yang jelas.

Berikut ini adalah beberapa contoh waralaba di bidang retail:

Dari beberapa jenis waralaba yang sudah disebutkan di atas, tentunya Anda punya pilihan sendiri waralaba apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan finansial Anda. Setelah memilih jenis waralaba-nya, tentunya ada hal lain yang perlu kita perhatikan ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, yaitu bagaimana cara mencapai keberhasilan bisnis waralaba kita.

Tips Memilih Usaha Waralaba

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bisnis waralaba yang akan dijalankan:

1. Pilih waralaba yang mudah dijalankan

Sebaiknya kita tidak memilih waralaba yang dapat menyita waktu dan pikiran. Karena itu, pastikan bahwa usaha franchise yang akan kita jalankan dapat dikerjakan dengan mudah dan praktis.

Selain itu, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan lingkungannya juga aman. Ini sangat penting karena kemudahan akses dan juga keamanan lokasi bisnis Anda akan sangat berpengaruh pada jumlah pelanggan yang datang ke tempat Anda.

2. Pilih waralaba yang punya banyak konsumen

Utamakan untuk menjalankan usaha waralaba yang memiliki konsumen banyak dan bisa menjangkau semua kategori umur. Memilih jenis waralaba yang konsumennya sedikit memiliki resiko kerugian lebih besar. Salah satu contoh jenis waralaba yang banyak konsumennya adalah bisnis waralaba makanan dan minuman.

Artikel terkait: Peluang Usaha Modal Kecil

3. Pilih waralaba yang harga produknya terjangkau

Selain jenis waralaba-nya punya banyak konsumen, faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis franchise.  Jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tinggi untuk produknya dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar bisnis Anda.

4. Pilih waralaba yang memberikan pelayanan yang baik

Pelayanan dan juga garansi pada produk adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, pilihlah waralaba yang memberikan pelayanan dan juga garansi jaminan mutu pada produknya untuk meningkatkan rasa percaya pelanggan Anda, tentunya ini akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis waralaba Anda ke arah yang lebih baik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa usaha franchise modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga artikel ini bermanfaat.



52 total comments on this postSubmit yours
  1. peluangnya banyak bener yahhh, milihnya yang bingung..

  2. mudah2an barokah.. hobby jalan, usaha juga jalan… amin.. amin….

  3. infonya baguss bangeeet

  4. gan kira2 bisnis apa ya yg cocok ma nih waralaba? pa makanan doang? ya g sulit ngaturnya hehe

    • Semua waralaba punya kesulitan masing-masing, kembali pada kita sendiri. Kalau kita suka dengan bisnisnya, walaupun sulit tetap akan dikerjakan dengan maksimal :)

  5. ada yg tau info bisnis pencucian helm tolong hub 085250501868 trimakasih sebelumnya

  6. Ada gak franchise waralaba untuk jualan bunga potong/bunga segar?

    • Wah kalau itu saya kurang tahu informasinya mas, coba cari di Google dulu hehehe

  7. maaf salah no 087877449526. aku senang bila ada yang mau ngajak mitra usaha buka waralaba dan mengembangkan usaha yang aku rintih, ini sebagai Mitra usaha

    • Trimakasih atas info bisnisnya mas :)

    • Wah, sepertinya ini pas utk pemula.. mohon dijelaskan pak detailnya?? terimaksih

  8. oh iya, Es Piscok ini makanan Kuliner, ku berinama Es Piscok Eyang Subur, anak2 pelajar dan Mahasiswa cukup mengenal Nama Es Piscok kami. silahkan hub. aku di 087877499526, kalau mmg ada peluang ingin kita kembangkan dan itu sebagai Mitra Usaha.

    • Kaya apha ya es ps Cok eyang subur

  9. oh iya, Es Piscok ini makanan Kuliner, ku berinama Es Piscok Eyang Subur, anak2 pelajar dan Mahasiswa cukup mengenal Nama Es Piscok kami. silahkan hub. aku di 08787749527, kalau mmg ada peluang ingin kita kembangkan dan itu sebagai Mitra Usaha.

  10. aku punya BISNIS Es pIscok yang kuberi nama Es Piscok Eyang Subur di Kota Serang, dan sdh punya 2 tempat alun-alun Kota Serang dpn My dan ciceri blakang Karefor dpn masjid prospek penjualannya cukup menggiurkan, kalau ada yang berminat mengajak kerjasama oke2 saja. ku anggap sebagai Mitra Usaha. silahkan temui kami di Kota Serang

    • Bisa minta contact personnya, kebetulan sya di serang

  11. makasih atas infonya ya…saya juga lagi nyari2 peluang buat bisnis gitu tp msh bingung…heheh

    • Ga papa mba, bingung itu bagian dari proses berkembang hahaha

  12. dulu saya nganggepnya waralaba ini semacam MLM gitu
    hmmm

    • Walah… masa waralaba semacam MLM sih gan hehehe

  13. cocok buat orang yang pengen invest sebagian uangnya, daripada ditabung di bank malah tergerus inflasi :)

    • Betul gan, lebih baik diinvestasikan uangnya untuk membangun bisnis

  14. bisnis waralaba ada biaya kontraknya kah ?

    • Namanya aja udah bisnis waralaba, ya pasti ada biayanya dong gan. Kita bayar license untuk menggunakan merk dagang perusahaan orang lain :)

  15. waralaba kuliner sepertinya lebih besar potensinya gan

    • Betul gan, kalau makanan emang banyak yang minat, udah gitu makanan kan kebutuhan pokok manusia, jadi pasti rame pelanggannya.

  16. waralaba di bidang komputer ada kagak gan ? :)

  17. Ada ga ya waralaba yg berhubungan dg bunga-bunga? :D.

    • Wah sayang sekali Nella, saya kurang tahu tentang waralaba yang berhubungan dengan bunga. Coba nanti saya cari info nya, kalau memang ada akan saya kontak ya :)

8 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud