Bisnis Usaha Kecil, Hmm… Kenapa Tidak?

memulai usaha kecil

Image dari Inquisitr.com

Dalam menjalankan usaha, tidak semuanya bisa kita sesuaikan dengan rencana kita. Terutama ketika Anda masih dalam tahap memulainya, kesulitan tentu akan menghadang Anda. Baik dalam pengembangan maupun bagaimana Anda harus mengawalinya. Permodalan finansial bisa menjadi sangat krusial pada masa seperti ini. Dan, kebanyakan pemula ketika mulai merencanakan sebuah usaha sering kali menghentikannya ketika mengetahui bagaimana kesulitan yang akan dihadapinya.

Rata-rata mereka ingin segera mengelola usaha dalam skala yang besar dan tentunya dengan potensi pendapatan yang besar pula. Tidak boleh demikian seharusnya, jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, maka mulailah dengan yang kecil dulu.

Karena ketika Anda mampu mengelola yang kecil dengan baik, dan Anda mampu mengembangkannya, tentu suatu saat akan menjadi tumbuh dan semakin besar. Untuk saat ini, jika Anda sedang mengerjakan bisnis kecil, tak usah berkecil hati, karena ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dasi bisnis kecil yang tidak bisa Anda peroleh dari usaha besar.



1. Pergerakan Kinerja Tentu Semakin Lincah

Tentu saja demikian, karena dalam bisnis atau usaha skala kecil yang terlibat di dalamnya tidak sebesar pada bisnis-bisnis raksasa. Ini sangat menunjang pergerakan kinerja baik Anda, maupun karyawan jika ada. Karena bisnis yang Anda kerjakan masih pada taraf kecil, maka Anda harus memanfaatkan hal ini.

Artinya apa, ketika kinerja semakin deras berputar, maka potensi kemunculan ide-ide serta inovasi juga akan sangat terpacu. Untuk itu maksimalkan hal ini dengan sebaik-baiknya, jangan ragu untuk melakukan langkah inovatif.

Artikel lain: Ingin Memulai Sebuah Usaha? Jangan Abaikan 5 Hal Ini

2. Tingkat Fokus Pada Produk Semakin Tinggi

Pada usaha kecil yang sedang Anda kembangkan, tentu tidak sama dengan bisnis besar seperti yang lain dengan beragam produk. Anda bisa lebih fokus pada produk tertentu sehingga bisa dengan lebih mudah meningkatkan kualitas produk itu sendiri. Penyempurnaan produk akan semakin mudah Anda lakukan karena produk yang Anda kerjakan tidak banyak, atau bahkan hanya satu. Di sini menjadi kelebihan bisnis kecil Anda ketika bersaing dengan pemain-pemain bisnis skala besar.

3. Hubungan Intens Dengan Karyawan Akan Membuat Anda Lebih Nyaman

Hubungan intensif antara pegawai dan atasan sulit sekali didapatkan dalam bisnis besar dengan karyawan yang banyak. Sebaliknya, entah pegawai Anda satu atau dua orang saja, namun kehangatan hubungan Anda dengan mereka tentu akan sangat membahagiakan.

Dalam bisnis skala kecil, kedudukan karyawan sangat penting. Anda juga harus mampu menjalin interaksi yang hangat dengan para karyawan Anda. Dan komunikasi yang berjalan dengan kualitas tinggi tersebut pasti akan membuat Anda lebih nyaman dalam menjalankan bisnis.

4. Biaya Operasional Lebih Murah

Dengan karyawan yang sedikit, kantor juga biasanya memanfaatkan ruang yang sudah ada sebelumnya, maka tentu saja biaya operasional lebih bisa ditekan. Ini karena gerbong yang Anda jalankan tak sebesar bisnis besar lainnya. Gerbong yang kecil ini sangat bagus untuk menunjang mobilitas dan fleksibilitas usaha kecil Anda. Dengan biaya yang lebih murah, maka Anda memiliki kesempatan yang lebih dalam mendongkrak keuntungan dari bisnis Anda.

5. Ingat, Kecil Bukan Berarti Bisnis Kecil Anda Tidak Menguntungkan

Anda perlu tahu hal ini, mungkin produk yang Anda tawarkan hanya kecil, sedikit atau mungkin hanya sedikit orang yang memakainya. Namun Anda harus ingat, meski kecil namun bisnis Anda tidak berarti tidak memberi keuntungan pada Anda. Pendapatan Anda saat ini mungkin masih kecil, namun ke depan peluang Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi bernilai miliaran jauh lebih besar.

Baca juga: Mengenal 3 Karakter Seseorang Ketika Memulai Sebuah Usaha

6. Bisa Mengembangkan Bisnis Sewaktu-waktu Ketika Sudah Siap

Dengan bisnis yang masih kecil yang Anda kelola, maka ketika Anda berkeinginan untuk berkembang, Anda sendirilah yang menentukan kapan harus dimulai. Tentu saja ini terkait erat dengan kesiapan bisnis itu sendiri, ketika produk dan aliran finansial sudah mulai stabil dan lebih matang maka peluang terjadinya lompatan pada bisnis Anda akan semakin terbuka. Bukan saja investor yang akan tertarik pada bisnis Anda, namun Anda sendiri juga bisa memberikan suntikan pendanaan guna meningkatkan skala pada bisnis kecil Anda.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya setuju bang, dan perjalanan mengembangkan bisnis kecil lebih menantang dan banyak pengalaman yang gak mungkin didapat apabila kita jadi karyawan..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud