Beranda Bisnis 10+ Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan

10+ Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan

Bisnis Online
Ilustrasi peluang bisnis online

Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga ternyata mengalami kenaikan yang cukup pesat. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok pada bidang bisnis online dan juga bisnis offline go online.

Selain di bidang e-commerce (jual beli via internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Media informasi yang dulunya melalui koran konvensional sekarang menjadi koran online seperti; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan masih banyak lainnya.

Bisnis internet juga banyak dijalankan oleh mereka yang memiliki skill di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keahliannya tersebut. Singkatnya berbagai peluang usaha online di tahun-tahun mendatang akan semakin terbuka lebar dan bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin berbisnis.

Siapa yang Bisa Menjalankan Bisnis Online?

Pengertian bisnis online itu adalah bisnis yang dijalankan secara online, hanya bisa dijalankan bila ada koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan usaha online harus memiliki koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile.

Bisnis internet bisa dikerjakan oleh siapa saja, tidak perduli apa profesi Anda saat ini. Bahkan mereka yang masih gaptek (gagap teknologi) bisa belajar bisnis online dan sukses bila serius menjalankannya.

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa ada usaha online yang bisa menguntungkan dalam jangka panjang? Berdasarkan pengalaman saya dan juga informasi yang saya temukan mengenai bisnis internet, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan dengan modal kecil, dan enaknya lagi bisnis ini bisa kita kerjakan dari rumah.

Artikel lain: Peluang Bisnis Modal Kecil

1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain

Bisnis Internet Menjual Produk Orang

Menurut saya, bisnis yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya adalah, konsumen di Indonesia sudah banyak yang mulai beralih ke online, dan menjalankan bisnis internet tidak perlu modal besar lho, bahkan nyaris tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper/ affiliate) adalah kita tidak perlu pusing soal pengadaan barang yang akan dijual dan juga proses pengirimannya. Ada banyak toko online yang menawarkan program ini, tentunya kita juga harus mempelajari riwayat transaksi dari toko online tersebut. Pastikan bahwa Anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Toko online yang menawarkan program reseller dan dropship biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama atau toko online kita yang menjadi pengirimnya. Sehingga kita tidak akan kehilangan pembeli tersebut apabila ingin melakukan pembelian di kemudian hari. Produk yang dijual dengan cara reseller/ dropship biasanya adalah barang berbentuk.

Selain menjual produk berbentuk fisik, kita bisa menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan membership. Biasanya program ini disebut dengan affiliasi dimana kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga produk digital yang berhasil kita jual melalui link affiliasi kita.

Anda bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual di situs marketplace berikut:

  • Dropshipaja.com (produk fisik/ dropship)
  • Supplier.id (produk fisik/ dropship)
  • Cakning.com (produk fisik/ dropship)
  • Ratakan.com (produk digital/ affiliate)
  • Idaff.com (produk digital/ affiliate)
  • Tokopedia.com (produk fisik/ dropship)
  • Bukalapak.com (produk fisik/ dropship)

2. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website

Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel

Menjual jasa menulis adalah salah satu jenis bisnis online yang paling laris di Indonesia saat ini. Alasannya, karena sekarang ini banyak media blog/ website bermunculan dan membutuhkan penulis untuk mengisi konten website tersebut.

Konten website bisa dalam bentuk teks, gambar, dan video. Namun dari kebanyakan konten website yang saya lihat rata-rata menggunakan teks atau artikel. Jika Anda atau orang di sekitar Anda memiliki kemampuan dalam menulis artikel, membuat video, dan gambar, maka peluang usaha online inilah yang harus Anda jalankan.

Selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membuat video marketing dan juga gambar logo yang berhubungan dengan bisnis yang akan dipasarkan.

Ada banyak sekali pemilik website atau pemilik bisnis yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten, logo, dan video untuk website dan bisnis mereka. Jika Anda serius ingin membangun usaha online di bidang bisnis jasa penulis artikel website, mereka inilah target market ideal Anda.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di beberapa situs ini:

  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id
  • Sribu.com

3. Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog

Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website

Usaha online yang satu ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website atau blog. Kita tidak perlu punya keahlian yang sangat hebat dalam menyusun kode-kode website dari nol karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus.

Salah satu platform yang sangat mudah dipelajari dan diterapkan dalam membangun sebuah website/ blog adalah WordPress. Pada WordPress, ada banyak sekali themes/ template yang siap pakai dan unik, baik yang gratis maupun yang berbayar dengan tampilan yang profesional.

Pada awalnya mungkin Anda merasa kurang mampu menjalankan bisnis ini, namun jika Anda sudah terbiasa membuat sebuah website/ blog yang bagus, tentu calon pembeli Anda tidak akan berpikir lama untuk menyewa jasa Anda. Dan perlu kita diperhatikan sebelum menjual jasa ini, sebaiknya kita juga memiliki website bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di situs marketplace berikut:

  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id

Agar bisa menjalankan bisnis ini dengan baik tentunya Anda harus memiliki rekanan penyedia domain dan hosting yang berkualitas. Untuk layanan ini, saya merekomendasikan Niagahoster.

4. Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online

Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online

Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh pebisnis online. Seorang makelar adalah orang atau sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Tentunya untuk menjadi seorang makelar, kita harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas.

Dalam bisnis online, rasa percaya dari calon konsumen itu adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itu, sebaiknya kita perlu mempelajari latar belakang dari orang yang ingin kita pertemukan, baik si penjual maupun calon pembeli.

Beberapa bisnis yang menggunakan jasa makelar online antara lain; menjual website, menjual property, menjual jasa, dan lain-lain. Hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai makelar online adalah dalam hal penentuan harga produk/ jasa yang Anda berikan.

Sebaiknya jangan mengambil untung terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil karena ini menyangkut keuntungan Anda dan juga rasa percaya dari klien Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual kembali di situs marketplace berikut:

  • Ciptaloka.com (jual kaos + desain)
  • Rumah123.com (jual beli property)
  • Olx.co.id (jual beli beragam produk)
  • Carmudi.co.id (jual beli mobil)

Artikel terkait: Bisnis Tanpa Modal, Apa Mungkin?

5. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Jasa Konsultasi Online

Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan atau keahlian yang sangat baik dalam bidang tertentu. Dalam artian Anda adalah seorang expert di bidang yang Anda geluti.

Beberapa contoh untuk bidang bisnis ini adalah konsultasi SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi masalah asmara, konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, dan lain-lain.

Dulu, bisnis jasa konsultasi dijalankan secara offline. Namun, sekarang bisnis di bidang jasa konsultasi sangat marak kita temukan di internet. Jadi, bila Anda punya skill atau keahlian di bidang tertentu maka keahlian tersebut bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan secara online.

6. Berbisnis MLM Secara Online

Berbisnis MLM di internet

Banyak orang yang berpandangan miring terhadap bisnis MLM, dan akan buru-buru menutup diri bila ada yang menawarkan bisnis MLM pada mereka. Pada kenyataannya bisnis ini sangat berpotensi dan memberikan keuntungan besar pada banyak orang.

Sebenarnya ada banyak sekali contoh bisnis MLM yang dijalankan secara online menghasilkan keuntungan jangka panjang. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM memiliki potensi keuntungan bagi pelakunya.

Bisnis MLM online ABE Network dan Oriflame merupakan contoh bisnis MLM yang suskse besar dijalankan secara online. Keberhasilan bisnis MLM online tersebut karena produknya memang bagus dan banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, business plan yang ditawarkan oleh bisnis ini sangat menguntungkan bagi para membernya.

Selain kedua bisnis tersebut, ada beberapa bisnis MLM lainnya yang memiliki potensi bisnis yang sangat bagus. Namun saya tidak bisa berkomentar banyak karena belum pernah menjalankannya.

7. Menjadi Blogger Profesional

Menjadi Blogger Profesional

Kalau model bisnis online yang satu ini pasti hampir semua orang bisa mengerjakannya. Ada banyak blogger yang memiliki penghasilan yang fanstastis dari blog/ website yang dibangun. Saya pribadi sangat terinspirasi dari kisah sukses seorang blogger dari Inggris, dimana awalnya blog WordPress-nya yang bertopik tentang media sosial akhirnya menjadi sebuah situs besar dengan penghasilan mencapai empat ratusan ribu dollar lebih per bulan.

Kalau dirupiahkan penghasilannya adalah empat miliar lebih per bulan. Nama situsnya adalah mashable.com, awalnya dibuat dengan CMS WordPress.org tapi sekarang sudah dibangun dengan rubyonrails.org.

Penghasilan dari blog bisa berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lain-lain. Untuk menjadi seorang blogger tentunya bukan hal yang sangat sulit bukan? Saya sendiri pada awalnya tidak begitu suka menulis dan membuat artikel, bahkan pada awal pembuatan blog ini, hampir 3 bulan blog ini tidak ada konten sama sekali hehehe.

Akhirnya saya coba-coba, dan tadaaaa… sekarang artikel saya sudah cukup banyak.

8. Bisnis Offline Go Online

Jualan sayur online

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, model bisnis offline juga bisa dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan dan branding. Ada banyak pengusaha bisnis UKM yang berhasil mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda setelah memasarkan bisnisnya secara online. Tentu saja harus ada sebuah bisnis atau produk yang akan dijual.

Sebenarnya untuk membuat bisnis offline kita dipasarkan secara online tidak membutuhkan modal yang besar. Yang pasti kita akan membutuhkan sebuah website dan juga media sosial sebagai pendukung marketing online yang dilakukan.

Beberapa contoh bisnis offline go online:

  • Berjualan sayur via marketplace
  • Memasarkan rendang via YouTube
  • Menjual camilan via Instagram
  • Menjual sepatu via Facebook
  • Memasarkan bawang goreng via Google Ads
  • Dan lain-lain

Baca juga: Apa Itu Internet Marketing

Selain yang disebutkan di atas, tentu masih ada banyak ide usaha online yang bisa dijalankan dari rumah. Dalam menjalankan bisnis online tersebut, tentunya kita harus memiliki perangkat komputer dan akses internet yang baik. Untuk media promosi, kita bisa memanfaatkan media sosial, blog pribadi, media iklan, email marketing, dan lain-lain.

Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan bahwa bisnis online harus disertai dengan kemampuan dalam melakukan pemasaran yang efektif. Di bawah ini adalah salah satu contoh video marketing. Di dalam video tersebut dijelaskan tentang pentingnya pemasaran secara online untuk meningkatkan brand dan keuntungan bisnis. Lihat videonya.


323 KOMENTAR

  1. Saya diposisi no 8, cukup menjanjikan pangsa pasar terbuka lebar meskipun persaingan cukup keta

  2. Inspiratif, memberikan ide-ide untuk mencari sumber penghasilan online. Sepertinya poin 1 boleh juga dicoba, BTW thanks info list marketplacenya.

  3. Salah satu bisnis dan usaha rumahan yang bisa dilakukan tanpa modal adalah bisnis online seperti menjadi seorang blogger, dropshipper dan menjual jasa, semoga bermanfaat.

  4. Permisi mas, bagaimana cara agar jumlah pembeli atau pengguna jasa kita tetap stabil ya? soalnya sebagai seorang freelancer, mencari kestabilan agak susah sepertinya

  5. Menjadi pebisnis online memang sangat menjanjikan, apalagi di era perkembangan digital saat ini, banya sekali bisnis yang bisa kita kembangkan, tinggal kita saja mampu bersaing dengan pasar nasional atau internasional.

    terima kasih infonya admin maxmanroe, sukses selalu

  6. Saya berawal dari blogger tahun 2014, lama lama merambah ke berbagai bidang seperti menjadi affiliate marketer, jualan online, nulis konten, intinya didunia internet marketing.

  7. Cita2 saya ingin menjadi blogger sukses sejak saya kelas 3 smp. Tapi ditengah jalan saya beralih melihat youtube yang sedang naik daun saat ini. Dan saya melihat progres youtube kedepan lebih menjanjikan dibanding seorang blogger.

  8. Menjadi Blogger Profesional, saya rasa cukup pantad untuk dilakukan ya om,
    yang penting nulis,, nulis,,, berbagi, baca -baca tingalkan jejak, wkwkwkw

  9. Mantap suhu informasinya sangat membantu ane yang masih pemula dan masih belajar ngeblog, do’ain ane agar bisa sukses seperti suhu 😇

  10. poin nomor 7 belum kesampaian dan sekarang sdg menekuni. trims infonya :D

  11. Barbershop Al Rasyid 67

    Terima kasih min, setelah membaca artikelnya saya jadi termotivasi untuk semangat dan serius mencoba beberapa peluang usaha tersebut. Semoga bisa… amiiin 🤲

  12. Semuanya sudah saya coba cuma blm ada yang boomingg,,,
    mungkin karena kurang sabar dan fokus,,

  13. Yang jelas semua usaha diatas membutuhkan keahlian di bidang internet dan teknologi sehingga untuk orang awam seperti saya sedikit sulit untuk mengikutinya

  14. Keren gan, artikelnya memang hebat dan cara penulisannya sangat kreatif. Tidak membosankan.

  15. Youtuber, profesional blogger masuk ke publisher google adsense kalau menurut saya. Karena pendapatan tertinggi keduanya memang dari adsense sih :/

  16. Sekalian dibahas juga donk mas bagaimana cara cepat menjual ulang produk orang lain. Soalnya susah banget dapet trust dari calon pembeli. :(

  17. Influencer SosiaGo

    Bisnis online saat ini memang sangat banyak, misalnya bisa jadi blogger, youtuber, itupun masih dibisa di sambi dengan membuka jasa review, content placement dan termasuk bisa menjadi seorang influencer.

  18. Aplikasi Android

    pengenya sih jadi blogger, kayak maxmanroe punya traik banyak pasti GA nya juga kenceng. Untuk blogger biar powerfull kira kira berapa bulan gan !! ane udah coba bikin blogger dan alhamdulillah optimasi beberapa dari website ini terimkasih undah di sempatin numpang backlink heheheh mudah mudahan maxmanroe jaya terus amin

  19. Artikel yang menginspirasikan gan.. dan memberikan inovasi inovasi untuk berbisnis. Untuk bisnis online tidak perlu diragukan lagi asal kita serius dalam menekuninya. salam Warung Bola

  20. Yang saya suka dari artikel-artikel pada blog ini adalah hampir semua informasi yang disampaikan bisa memotivasi pembacanya, termasuk saya. Maka, saya sangat suka informasi yang ditulis di sini. Sungguh sangat bermankna dan bisa memacu semangat untuk menekuni profesi yang ingin dikembangkan. Termasuk menekuni bisnis online yang ditulis dalam artikel di atas. Terima kasih Om Max. Salam sukses.

  21. Peluangnya sangat banyak, tinggal bagaimana kita mau fokus di salah satunya. Kalau saya sendiri sedang fokus di No. 7 dan sedang mencoba peruntungan di YouTube. Terima kasih infonya.

    • Sama gan….lebih asik mainan blog sama youtube. Paling tidak kelihatan lah hasilnya untuk nambahin digit di rekening hehehe

  22. Thank Min berkat ini setelah saya membaca akhirnya saya dapat motivasi untuk mencoba Berbisnis dan alhamdulilah lumayan juga menghasilkan hehe

  23. Influencer Marketing

    Sangat menginspirasi sekali artikelnya, hanya ingin menambahkan saja bahwa pada saat ini juga sedang ramai tentang bisnis onlie sebagai influencer marketing. Nice info min :)

Tinggalkan Balasan