5 Peluang Usaha Bisnis Kecantikan yang Paling Menjanjikan Saat Ini

Bisnis Kecantikan

Image via Globalgreentag.com

Anda percaya tidak kalau bisnis kecantikan itu merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan saat ini dan di masa-masa mendatang? Alasannya adalah karena produk kecantikan seperti kosmetik dan juga perawatan kecantikan lainnya sudah menjadi kebutuhan pokok para wanita jaman sekarang.

Percaya atau tidak, faktanya banyak sekali wanita yang rela mengeluarkan uang besar hanya untuk mem-boost penampilan mereka. Namun, para wanita ini tidak menganggap bahwa pengeluaran besar tersebut adalah sebuah pemborosan karena sepadan dengan hasilnya, penampilan yang lebih cantik. Boleh dibilang bahwa para wanita ini sudah mengalami ketergantungan pada produk-produk kosmetik untuk menjaga penampilan mereka agar tetap cantik.

Tentu saja situasi ini menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi mereka yang mau terjun di bisnis kosmetik kecantikan. Potensi bisnis kecantikan ini sangat besar dan menjanjikan karena bagi wanita perawatan kecantikan itu porsinya sudah sama seperti kebutuhan pokok manusia, yaitu makan. Itulah sebabnya mengapa banyak pengusaha untung besar dari usaha kosmetik

Memilih Bisnis Kecantikan yang Menguntungkan

Ok, sekarang Anda tertarik ingin menjalankan bisnis kecantikan dan ingin memilih salah satu model bisnisnya. Bisnis kosmetik kecantikan dan model usaha perawatan kecantikan lainnya memang semuanya menjanjikan. Namun, belum tentu semua model bisnis tersebut sesuai dan potensial di tempat Anda.

Usaha kosmetik rumahan atau bisnis kosmetik herbal mungkin banyak yang sukses di tempat lain, tapi belum tentu model bisnis ini cocok dengan situasi Anda saat ini. Walaupun potensinya sangat besar dan menjanjikan, kita juga harus bisa memilih model bisnis kecantikan yang akan dijalankan nantinya.

Perlu kita ingat bahwa bisnis kosmetik dan model bisnis kecantikan lainnya bisa menguntungkan sepanjang tahun. Walaupun harga produk dan layanan kecantikan semakin mahal, para konsumen wanita ini selalu saja rela merogoh kocek lebih dalam.

Artikel lain: 5+ Produk Makeup Paling Populer di Industri Kosmetik Indonesia

Cara Memulai Bisnis Kecantikan

Bisnis kosmetik kecantikan dan model usaha kecantikan lainnya tidak pernah sepi konsumen. Namun, tentu saja kita harus memilih model bisnis yang paling sesuai dengan minat dan modal yang kita miliki.

Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis kecantikan yang bisa Anda coba:

1. Berjualan Produk Kecantikan Secara Online

Untuk produk-produk tertentu, pasar online saat ini cenderung lebih ramai ketimbang offline. Produk kosmetik termasuk salah satu produk yang sangat banyak dijual secara online dan ramai pembelinya. Dengan memanfaatkan internet, kita bisa menjual produk kecantikan ke lebih banyak target market di dunia maya.

Cara memulai bisnis kosmetik secara online dan menjual produk kecantikan lainnya di internet sangat cocok buat Anda yang punya modal terbatas dan ingin segera berjualan. Kita bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memajang produk-produk kecantikan yang dijual.

Banyak yang menjalankan bisnis kecantikan dengan cara seperti ini, dan mereka berhasil dapat untung lho. Bisnis ini bisa Anda jalankan sebagai bisnis sampingan atau bisa juga sebagai pekerjaan utama yang bisa dijalankan dari rumah.

2. Menjadi Reseller / Dropshipper Produk Kecantikan

Bagi Anda yang punya modal terbatas, berjualan produk kosmetik bisa dengan cara reseller. Atau jika ingin menjalankan bisnis kosmetik tanpa modal maka Anda bisa melakukannya dengan menjadi dropshipper sebuah produk kosmetik.

Sebenarnya ada banyak produk kecantikan di luar sana, tapi perlu mempertimbangkan untuk menjual produk yang memang banyak dicari oleh wanita di internet. Beberapa produk kecantikan yang sering dicari di internet diantaranya:




  • Produk kosmetik herbal
  • Produk penurun berat badan
  • Anti jerawat
  • Produk spray wajah
  • Dan lain sebagainya

Untuk mengetahui produk mana saja yang paling banyak dicari, kita bisa melakukan riset kecil-kecilan di marketplace. Perhatikan produk apa saja yang banyak dijual di marketplace. Dengan mempelajari dan mengikuti trend bisnis kecantikan yang sedang berkembang, kita bisa lebih mudah memasarkan produknya nantinya.

3. Membuka Toko Kosmetik

Bagi Anda yang punya modal bisa mencoba membuka toko khusus kosmetik di pusat-pusat perbelanjaan yang ramai. Kegiatan berbelanja di pusat perbelanjaan biasanya didominasi oleh para wanita, dan mereka ini adalah target market yang sangat potensial.

Pastikan menyediakan produk kecantikan yang sering dibutuhkan oleh para wanita dari berbagai merk, diantaranya adalah:

  • Lipstik
  • Foundation
  • Bedak
  • Eye liner atau eye brush
  • Maskara
  • Penjepit bulu mata
  • Shampo
  • Dan berbagai produk lainnya

Memang untuk memulai bisnis kosmetik kecantikan dengan membuka toko membutuhkan modal yang cukup besar. Anda harus memperhitungkan modal tersebut dan juga biaya untuk operasional selama beberapa bulan ke depan.

4. Menjalankan Bisnis Spa Kecantikan

Untuk memulai bisnis spa, Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Modal yang diperlukan antara lain modal franchise (bila memilih jalur kemitraan), modal untuk dekorasi dan desain interior tempat spa, pembelian bahan baku, modal training staf dan modal promosi.

Selain masalah modal, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting lainnya:

  • Karakteristik target market
  • Pemilihan bahan baku
  • Perencanaan awal bisnis

Artikel Terkait: Melirik Segarnya Peluang Bisnis Spa di Indonesia

5. Menjalankan Usaha Salon Kecantikan

Sama halnya dengan toko kosmetik dan spa, bisnis salon kecantikan pun membutuhkan modal. Namun besar kecil modal yang Anda butuhkan tergantung target market Anda dan seberapa besar salon yang akan dibuat nantinya.

Salon biasanya menjadi tempat favorit kaum hawa untuk melakukan perawatan kecantikan dari ujung kepala hingga kaki. Selain untuk melakukan perawatan kecantikan, biasanya salon juga menawarkan jasa makeup, jasa merias wajah, jasa merias rambut, potong rambut, cream bath, dan lain sebagainya.

Berbagai layanan tersebut tentunya membutuhkan peralatan, perlengkapan, dan keahlian yang mumpuni. Bila Anda ingin menjalankan bisnis salon kecantikan, maka Anda harus punya keahlian di bidang ini.

Strategi Menjalankan Bisnis Kecantikan

Membuka usaha kecantikan tidak hanya sekedar bukan usaha, tapi proses menjalankannya menjadi sangat penting. Pastikan semua produk kosmetik yang Anda jual telah memenuhi standar keamanan dari pemerintah, khususnya untuk produk import.

Menggunakan produk dari merk yang harganya terjangkau memang pilihan utama, namun kita juga harus memperhatikan kualitas dan manfaatnya bagi pengguna.

Di awal menjalankan usaha ini ada baiknya melakukan pemasaran ke orang-orang terdekat Anda, misalnya rekan kerja, keluarga, ataupun tetangga. Bila memungkinkan, pengembangan bisnis Anda bisa juga dilakukan dengan cara lebih profesional. Misalnya menawarkan sistem dropship atau reseller pada orang lain yang ingin berbisnis kosmetik, atau bahkan memasarkan dengan cara Multi Level Marketing.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud