Bisikan, Startup Portal Online Berisi Tips & Tutorial Khusus Wanita

Bisikan-Startup-Portal-Online

Semakin majunya kehidupan internet saat ini semakin membuat pertumbuhan startup dan beragam aplikasi menggeliat. Entah sudah berapa ribu blog, website dan #aplikasi baru yang bermunculan setiap harinya. Kehadiran penunjang kehidupan manusia sehari-hari di dunia maya ini jelas akan menjadikan internet sebagai kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari manusia modern saat ini.

Website yang merupakan sebuah halaman berisi berbagai informasi di dunia virtual ini juga sedang menjadi perhatian banyak pihak untuk diproduksi dan dikembangkan secara serius. Memang ada banyak hal yang membuat website ini menjadi begitu menarik untuk diproduksi dan dikembangkan, salah satunya adalah penghasilan. Ya, website yang dikelola dengan baik dan benar memang akan mampu mendatangkan uang bagi pemiliknya.

Salah satu website yang hadir meramaikan dunia maya adalah Bisikan.com. Seperti apakah website #startup baru yang satu ini? Berikut ulasannya.

Inspirasi Dan Konten

Portal yang diluncurkan bulan Januari 2014 tahun lalu ini memang sengaja diperuntukkan lebih pada para kaum hawa. Jika ditelusuri, #website Bisikan ini ternyata terinspirasi dari wikihow yang bergerak di konten tips dan tutorial. Di portal Bisikan sendiri memang banyak terdapat konten tips dan tutorial yang berwujud tulisan, gambar dan video yang ditujukan pada kaum perempuan.

Menu utama dari bisikan sendiri adalah tutorial hijab, tekno, video, cantik, inspiratif dan kreatif. Sejak dilaunching setahun yang lalu, Bisikan telah berhasil menduduki peringkat 1.180 Indonesia versi Alexa dan peringkat 1.738 di Indonesia menurut SimilarWeb.

Artikel lain: Apa Itu Startup? Bagaiaman Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia?

Hadirkan Video Tutorial Eksklusif

Salah satu fitur Andalan Bisikan adalah video tutorial. Beragam tema dari berbagai video tutorial ini dikemas secara eksklusif oleh tim Bisikan untuk para pengunjungnya. Mulai dari tutorial hijab, tutorial kuliner, tutorial handycraft hingga tutorial kecantikan bisa Anda dapatkan di website Bisikan ini. Meski mempunyai tampilan yang terkesan masih kurang rapi, namun tim Bisikan berusaha menutupinya dengan sajian konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjungnya.

Sampai saat ini setidaknya sudah ratusan konten video tutorial yang sudah siap diakses. Tutorial video ini ditampilkan untuk membantu pemahaman pengunjung dari konten tulisan yang ada untuk kemudian bisa dipraktekkan dengan mudah. Menurut founder Bisikan Ade Irman Kurniawan, selain dijadikannya sebagai andalan, video tutorial ini juga menawarkan sajian rich content media sebagai pembeda dari poral-portal yang lain.

Menggunakan Kreasi Sendiri

Masih menurut Irman, dari total 90 persen video yang ada pada keseluruhan konten di Bisikan ini, 80 persen diantaranya merupakan kreasi tim Bisikan. Orang-orang di bisikan.com memang terdiri dari beberapa divisi. Selain divisi penulis, ada juga divisi khusus yang bertugas untuk memproduksi video-video tutorial.

Selain portal website, Bisikan sendiri juga mengelola channel #Youtube dengan nama Bisiskan.com yang menghadirkan sejumlah video tutorial hasil kreasi sendiri. Channel Youtube milik Bisikan ini sendiri kini telah memiliki lebih dari 25 ribu pelanggan.

Kendala dan Monetisasi

Saat ditanya tentang kendala, Irman menjelaskan bahwa portal yang dirintisnya ini mengalami kendala yang sama seperti startup-startup kebanyakan yaitu masalah pendanaan. Diakuinya sampai sekarang Bisikan belum memiliki investor tetap untuk mengembangkan portal ini lebih luas. Untuk menutupi pendapatan, Bisikan melakukan monetisasi websitenya lewat iklan.




Baca juga: MalesBanget.com, Startup Berisi Konten Lucu yang Berawal Dari Iseng-Iseng

Target, Persaingan dan Harapan

Meski saat ini Bisikan lebih cenderung menyasar segmen wanita, namun kedepannya Irman mentargetkan konten-konten yang disajikan juga mengarah pada kaum adam. Bisikan yang memang dari perintisannya terinspirasi dari Wikihow memang akan berdampak langsung pada sebuah persaingan.

Namun menurut Irman, untuk di Indonesia sendiri, website yang menghadirkan tips dan tutorial yang dilengkapi video ini belum banyak ada. Kebanyakan dari mereka yang menyajikan tips dan tutorial adalah personal blog atau blog pribadi yang masih menggunakan template gratis Blogger maupun WordPress.

Saat ditanya harapannya kedepan terkait portal Bisikan ini, Irman menjelaskan bahwa portal ini harus bisa bersaing dengan website serupa yang membahas dunia wanita. Selain dengan website serupa, Irman dan tim juga berharap bisa bersaing dengan video-video tutorial di YouTube.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Intinya harus berani mulai atas ide atau konsep bisnis yang kita buat. Seperti halnya Bisikan telah memulainya. Sukses buat startupnya!

  2. Startup lokal sekarang bagus bagus dan bertaji, sukses untuk mereka yang berani memulai .

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud