Bingung Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja Yang Tak Anda Sukai, Begini Tipsnya

berkomunikasi dengan rekan kerja

Image dari Gexhub.com

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, baik di kantor maupun di lapangan, pasti ada saja teman yang tak Anda sukai. Rekan kerja yang tidak Anda sukai ini bisa karena memang sikapnya yang menyebalkan, bisa juga karena kinerjanya yang tidak memadai. Hal ini adalah sesuatu yang lumrah sebenarnya dalam hubungan pekerjaan di kantor. Namun bisa menjadi malapetaka jika Anda salah dalam membangun komunikasi dengannya. Selain itu, kita sendiri biasanya bingung juga dalam membangun komunikasi dengan nya.

Anda harus sadar juga bahwa sebenci-bencinya Anda dengan rekan kerja, Anda harus tetap berkomunikasi dengan baik kepada mereka. Nah, dalam rangka menjaga komunikasi agar tetap bisa berjalan dengan lancar ini, Anda perlu melakukan beberapa hal. Simak tips di bawah ini agar Anda bisa tetap berkomunikasi dengan lancar meski Anda tak menyukainya.

1. Anda Harus To The Point

Anda harus langsung pada masalah ketika Anda mau berbicara sesuatu padanya. Jangan terlalu banyak bicara dengannya, karena sama saja Anda akan mengundang masalah baru jika kelamaan berbicara dengannya. Ada baiknya jika Anda mempersiapkan dulu topik atau maksud utama Anda yang akan Anda sampaikan kepadanya. Lalu segera sampaikan dengan lugas, jelas meskipun cara menyampaikannya dengan pelan-pelan. Sebisa mungkin hindari membicarakan sesuatu di luar topik utama Anda.

Artikel lain: Cara Ini Akan Membuat Anda Memiliki Banyak Teman Di Lingkungan Kerja

2. Tetaplah Tegas Dan Pegang Kendali

Penting Anda menjadi seorang yang tegas, tegas bukan berarti Anda marah. Dalam kondisi tidak marah pun Anda harus bersikap tegas dihadapannya, agar Anda tidak masuk dalam kendalinya. Tegas dalam aturan, tegas dalam pendirian bisa meminimalisir mereka ketika barangkali mereka mulai menyetir pikiran Anda. Namun perlu juga Anda lakukan bahwa berkomunikasi dengan sopan tentu akan membuat mereka menjadi lebih respek pada Anda.

3. Tidak Ada Salahnya Mencari Sisi Positifnya

Seburuk-buruknya sifat seseorang, tentu pasti ada sisi positifnya, tidak ada salahnya Anda juga mencari sisi positif dari rekan kerja yang tidak Anda sukai tersebut. Setidaknya dengan mengetahui sisi positif dari rekan kerja Anda itu, bisa mengurangi rasa tak suka Anda kepadanya. Sisi baik meski mungkin hanya ada pada sesuatu yang kecil seperti model rambut, model pakaian atau apapun itu, sangat bagus untuk menetralisir rasa tidak suka Anda kepada rekan kerja yang Anda benci.

4. Cobalah Menjadi Orang Yang Berempati

Memiliki teman kerja yang bersikap buruk memang sangat menyebalkan, dan itu bisa sangat mengganggu kinerja kita sendiri di kantor. Namun demikian, itu tidak bisa Anda hindarkan dan harus Anda hadapi dengan profesional dan proporsional.

Salah satunya adalah dengan mencoba menjadi orang yang lebih berempati, cobalah posisikan diri Anda pada sudut pandangnya, itu bisa sedikit mengurangi kebencian Anda. Atau jika tidak, maka apa yang Anda lakukan setidaknya akan membuat Anda mengerti kenapa teman Anda bisa bersikap seperti itu.

5. Usahakan Jangan Menyalahkan

Sering kali dalam suatu perdebatan adu mulut tentang perbedaan pendapat, banyak orang cenderung menyalahkan orang lain dan melakukan pembelaan terhadap dirinya sendiri. Sama saja, tak seorang pun yang mau dianggap buruk, maka sebaiknya yang Anda lakukan adalah cukup melakukan pembelaan diri tanpa menyalahkan lawan adu mulut Anda.

Ketika Anda menyalahkan orang lain, maka otomatis itu akan semakin memperburuk hubungan Anda dengan rekan kerja yang Anda benci tadi. Kalimat semacam “itu tidak benar, saya tidak melakukan itu” bisa Anda gunakan untuk melakukan pembelaan diri tanpa menyalahkan orang lain.




Baca juga: 6 Tips Bertahan Di Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

6. Anda Bisa Mencari Persamaan Dengannya

Ada lagi yang bisa meminimalisir rasa tak suka Anda padanya, yaitu dengan mencari persamaan dengannya. Meski sedikit, itu akan sangat bagus dan tentu akan membawa suasana positif dalam hubungan komunikasi Anda dengannya. Persamaan asal sekolah, persamaan jurusan kuliah dan persamaan kecil lainnya juga bisa Anda gunakan sebagai bahan obrolan ketika Anda kehabisan bahan pembicaraan. Intinya persamaan meski sedikit pasti akan membantu komunikasi Anda dengannya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud