Bina Blog dari Cyberbuzz, Peluang Baru Monetisasi Blog Lokal

Bina Blog dari Cyberbuzz, Peluang Baru Monetisasi Blog Lokal

bina blog

Bina Blog atau yang dikenal dengan BBlog, pada tanggal 29 Januari 2014 yang lalu telah resmi diluncurkan di Indonesia. Saat itu bertempat di The Only One Club Jakarta, Mr. Akinori Takamura yang merupakan President Director BBlog menyatakan bahwa BBlog hadir di Indonesia sebagai blog network terbaru yang akan memberikan beberapa keuntungan dan manfaat bagi para blogger Indonesia untuk bermitra dengan premium advertiser dan tentu saja untuk dapat berkreasi menghasilkan konten-konten yang berkualitas.

Bina Blogger sendiri adalah bagian dari Cyberbuzz yang merupakan perusahaan portfolio CyberAgent Group di Jepang. Dengan Bblog Indonesia, tim Cyberbuzz memiliki ambisi untuk merekrut ribuan blogger Indonesia dengan target enam bulan pertamanya menghasilkan Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar setiap bulannya.

Indonesia sendiri merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang ditarget Cyberbuzz sebelum nantinya menggelar layanan serupa di Filipina dan Malaysia. Lalu seperti apakah Bina blog Indonesia ini sebenarnya? Dan bagaimana pula para blogger bisa menghasilkan uang dari BBlog? Berikut ulasannya dikutip dari laman Techinasia.

Artikel lain: Uptopromo.com, Cara Lain Menghasilkan Uang dari Website Anda

Perbedaan Dengan Layanan Serupa

Sebenarnya layanan berbasis jaringan blogger dengan agen pengiklan ini sudah ada di Indonesia sebelum BBlog masuk. Mungkin kita bisa menyebut salah satunya yakni idblognetwork yang dididrikan Kukuh Tri Wicaksono. Namun ada perbedaan diantara keduanya, jika idblognetwork berdiri pertama kali sebagai #startup, maka BBlog Indonesia telah membawa modal awal $150.000 dan 100 pemasang iklan dimana separuh di antaranya berasal dari Jepang.

Bblog sendiri hadir di Indonesia dengan telah menggandeng Corfina sebagai partner lokal. Ke depan tentunya diharapkan partnership yang dijalin BBlog dengan rekana lokal dapat berkembang lebih luas lagi.

Model Bisnis dan Monetisasi BBlog

Sebagai perusahaan agensi blog network layaknya idblognetwork maka model bisnis yang dikembangkan BBlog berwujud kemitraan. Untuk medukung bisnisnya, Bblog Indonesia sendiri akan memberikan beberapa fasilitas dan layanan kepada para mitra pengiklan seperti pengkategorikan blogger sesuai kontennya untuk memudahkan pencarian blog.

Pengiklan disini juga diberikan kemudahan untuk bisa melihat keefektifan blog dari tingkat kunjungan blog per-hari maupun per bulan, serta jumlah pengikutnya. Selain itu BBlog juga menawarkan kepada advertiser untuk melacak sejauh mana tulisan blogger berpengaruh pada pembaca, hingga kemudian berubah menjadi pembelian atau register (konversi). Dengan semua layanan ini, BBlog berharap akan semakin banyak iklan yang bisa masuk tiap bulannya.

Monetisasi BBlog dilakukan dengan mendapat uang dari para pengiklan yang telah masuk. Ini mirip seperti perusahaan yang memajang lamaran kerja di situs pencari kerja, lalu ia diharuskan membayar kepada pemilik situs. Bagi para blogger sendiri, pendapatan yang didapat BBlog dari iklan akan diberikan dengan cara bagi hasil.

Pola bagi hasil yang ada sendiri tergantung  dari iklan yang ditayangkan blogger yang telah diatur oleh BBlog. Namun sayanganya tidak ada keterangan yang jelas tentang berapa dan seperti apa detil bagi hasilnya.

Sistem dan Kategori Blogger BBlog

Sistem BBlog yang nantinya dijalankan di Indonesia tidak diragukan lagi keefektifannya. Pasalnya BBlog yang dirilis oleh Cyberbuzz ini telah terbukti manfaatnya selama bertahun-tahun  saat diterapkan oleh Cyberbuzz di Jepang. Sistem BBlog sendiri akan sangat canggih dan mudah digunakan untuk dapat mengatur dan menjembatani antara blogger dan advertiser. Sistem ini akan mampu men-tracking sejauh mana tulisan blogger berpengaruh pada pembaca blog (target konsumen) hingga berubah menjadi pembelian atau register (konversi).

Menurut CEO BBlog Tetsuya Osafune, blogger di BBlog dibagi menjadi dua kategori, yaitu blogger premium dan blogger biasa. Blogger premium adalah mereka yang blognya dikunjungi 10.000 kali per bulan atau lebih serta dipandang dapat mempunyai pengaruh pada calon konsumen. Blogger premium inilah yang menjadi target utama program kemitraan BBlog.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Sudah Terbukti!

Keuntungan Bagi Blogger

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Cyberbuzz telah menjalin kemitraan dengan perusahaan Corfina untuk membangun BBlog Indonesia. Dengan menjadi agen iklan bagi blogger, Corfina sebagai perusahaan jasa keuangan ini nantinya akan menghasilkan uang yang akan dibagi oleh BBlog kepada para blogger sesuai ketentuan yang ada.

Tentu saja bukan hanya Corfina pihak pengiklan Bblog, setidaknya sejauh ini tim Cyberbuzz sudah menjalin kerjasama dengan 100 pengiklan, dimana 50 persen berasal dari Jepang, 30 persen dari Indonesia, dan sisanya dari negara lain.

Selain mendapatkan uang dalam bentuk kerja sama dengan BBlog.co.id, para blogger juga mendapat keuntungan dengan diundang untuk bergabung di berbagai acara peluncuran produk dan mendapatkan sampel produk gratis untuk mereka tulis.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan