Berstatus Karyawan Baru? Pastikan Anda Lakukan 6 Ini!

Image dari Etrainingpedia.com

Image dari Etrainingpedia.com

Sebagai seorang karyawan baru tentunya ada banyak sekali beban yang bakal teman-teman hadapi. Namun jangan takut, jadikan semua beban yang mungkin akan kalian hadapi sebagai tantangan untuk meningkatkan kualitas diri. Seorang karyawan baru dalam perjalanannya memasuki lingkungan yang masih belum begitu familiar tentunya membutuhkan waktu untuk beradaptasi, baik beradaptasi dengan pekerjaan maupun dengan rekan karyawan yang lain.

Proses penyesuaian diri ini sangat penting bagi kalian sebagai karyawan baru. Karena jika proses penyesuaian diri ini tidak berjalan dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap perkembangan pekerjaanmu di masa-masa mendatang. Nah, untuk mendukung proses adaptasi tersebut, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

1. Nomor Satukan Disiplin Kerja

Sebagai seorang karyawan baru, disiplin kerja adalah nomor satu. Meski mungkin ini juga berlaku bagi karyawan yang sudah lama. Namun untuk karyawan baru, sebaiknya perhatikan ini dengan serius. Jangan sampai kalian yang masih baru bekerja di sebuah perusahaan bermasalah dengan kedisiplinan dalam bekerja.

Jika kalian sudah berani tidak disiplin dalam pekerjaan, padahal kalian masih baru dalam pekerjaan tersebut, maka dengan sendirinya kalian akan mendapatkan penilaian negatif baik dari rekan karyawan lain maupun dari bos. Dan tentunya itu sangat buruk untuk karir kalian ke depan.

Artikel lain: 5 Cara Jitu Menghadapi Persaingan Kerja Di Kantor




2. Hormati Karyawan Senior

Bagaimanapun juga kalian harus tetap menghormati karyawan lain yang senior. Menghormati pada yang lebih senior tidak akan membuat kalian menjadi hina atau rendah. Justru sikap kalian tersebut akan membuat karyawan lain menaruh simpati pada kalian.

Dengan demikian akan membuat komunikasi dengan karyawan lain semakin lancar dan nyaman. Keadaan ini tentu saja akan membuat pekerjaan kalian menjadi lebih menyenangkan dan bisa maksimal.

3. Bangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Komunikasi sangat penting dalam sebuah pekerjaan. Apalagi kalian adalah seorang karyawan yang masih baru, maka sebaiknya kalian bangun komunikasi dengan karyawan lain lebih intens. Ini dimaksudkan untuk memperlancar komunikasi guna memudahkan pekerjaan yang ditugaskan dari perusahaan.

Cara yang bisa kalian lakukan adalah misalnya dengan cara-cara santai seperti minum kopi bersama, atau berolah raga bersama atau bisa juga dengan sekedar ngobrol ringan sebelum atau sepulang kerja. Ini sangat bagus untuk meningkatkan dan mempercepat keakraban kalian dengan karyawan yang lain.

4. Jangan Berhenti Belajar

Sebagai seorang karyawan baru, kalian jangan malas belajar. Belajarlah apa saja dan kepada siapa saja. Pasti akan ada banyak sekali yang bisa kalian pelajari sebagai sarana pendukung kelancaran pekerjaan kalian. Misalnya kalian bisa mempelajari lingkungan sekitar perusahaan, profil dan karakter dari masing-masing karyawan dan lain-lain.




Dan tentu saja yang paling utama adalah mempelajari tugas dan kewajiban kalian sebagai karyawan pada perusahaan baru kalian.

5. Berusaha Tetap Fokus Pada Pekerjaan

Berusahalah tetap fokus pada pekerjaan meskipun sebagai karyawan baru ada banyak sekali tugas yang mungkin saja tidak terkait dengan pekerjaan secara langsung. Hanya fokus yang tinggi yang bisa menjaga setiap tugas dari perusahaan bisa kalian kerjakan dengan maksimal.

Sebagai karyawan baru barangkali kalian disibukkan dengan hal-hal terkait dengan personal, seperti perkenalan dengan karyawan lain, penyesuaian diri pada lingkungan atau juga proses membangun komunikasi yang intens. Hal itu memang sangat penting untuk dilakukan, namun jangan sampai kalian kehilangan fokus pada pekerjaan utama kalian sebagai karyawan yang harus menyelesaikan tugas dari perusahaan dengan maksimal.

Baca juga: 7 Tips Sukses Jalani Status Sebagai Karyawan Magang

6. Bekerja Maksimal Dan Bersikap Positif

Tentu saja tidak semua orang di lingkungan perusahaan bakal menyukai kalian. Namun jangan khawatirkan hal itu, bekerja saja dengan baik dan bersikaplah positif. Sikap positif kepada semau orang akan sangat membantu kalian dalam menghadapi hal-hal buruk yang biasanya terjadi pada seorang karyawan baru.

Saya yakin dengan sikap positif kalian bisa menjalankan tugas dengan maksimal tanpa takut terjadi sesuatu yang buruk. Kalaupun toh nantinya terjadi hal buruk, kalian juga tidak perlu khawatir, karena tugas kalian sudah dikerjakan dengan maksimal. Jadi tidak ada yang perlu kalian khawatirkan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud