Bersiaplah, Fitur Upload Foto di Aplikasi Facebook Bakal Dihapus!

aplikasi facebook moments

Image dari Hackread.com

Media sosial Facebook memang telah menjadi fenomena tersendiri dalam perkembangan teknologi digital di dunia. Tidak bisa dipungkiri, layanan yang diprakarsai oleh Mark Zuckerberg tersebut berhasil menjaring perhatian masyarakat dunia berkat berbagai fitur inovatif yang ditawarkannya. Bahkan dalam beberapa refensi disebutkan bahwa Facebook adalah salah satu penemuan teknologi terbesar abad ini.

Sesuai dengan namanya yakni #media sosial, salah satu fungsi Facebook yang paling penting adalah untuk bersosial alias berkomunikasi dengan orang lain. Dalam proses tersebut, mengupload foto adalah satu kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan oleh para penggunanya. Terlebih sejak makin populernya teknologi perangkat mobile, aktifitas mengunggah foto via aplikasi mobile Facebook kian meningkat tajam.

Nah, untuk rekan-rekan yang rutin mengupload foto lewat aplikasi #Facebook dengan berbagai tujuan, ada informasi yang sangat penting. Dalam beberapa waktu mendatang, pihak pengembang Facebook akan segera menghapus fitur upload foto lewat aplikasi Facebook. Anda kecewa? Tentu banyak yang merasa seperti itu karena fitur upload foto atau yang juga dikenal dengan sinkronisasi foto tersebut memang mempunyai peran yang amat penting dalam kegiatan akses Facebook setiap harinya.

Artikel lain: Jelang 2016, Facebook Hadirkan Video Kilas Balik (Kaleidoskop) 2015

Namun tenang, fungsi mengunggah foto atau gambar pada media sosial Facebook tidak benar-benar dihilangkan kog. Hanya, nantinya proses tersebut akan dialihkan lewat aplikasi lain bernama Moments.

Dimulai 10 Januari Mendatang

Keputusan pengalihan fungsi sinkronisasi foto dari #aplikasi mobile Facebook ke dalam aplikasi Moments memang menjadi salah satu langkah tak biasa dari pihak Facebook. Jika biasanya tim pengembang Facebook justru menawarkan beragam fitur atau layanan baru, saat ini perusahaan dengan nilai miliaran dollar tersebut justru mencopot salah satu fungsi dari platform aplikasinya untuk ditanamkan di aplikasi lain.

Nah, dikutip dari portal NDTV, proses pemindahan fitur tersebut akan dimulai pada awal tahun 2016 tepatnya pada tanggal 10 Januari mendatang. Dalam proses tersebut, fitur upload foto lewat aplikasi Facebook baik pada sistem operasi #Android maupun ioS akan mulai dinonaktifkan dalam beberapa hari mendatang hingga pada tanggal 10 Januari yang telah ditetapkan.

Setelahnya, ketika pengguna akan mengunggah foto lewat aplikasi Facebook maka mereka akan disajikan pilihan untuk mendownload aplikasi Moments. Selain itu, foto yang sudah terunggah dalam album Facebook, nantinya akan disediakan pilihan untuk diunduh dalam bentuk file ZIP. Dari situ file tersebut nantinya bisa disinkronkan kembali di dalam aplikasi Moments.

Bukan Keputusan yang Pertama

Seakan mengulang taktik bisnsi yang sama, seperti kita ketahuid bersama bahwa  sebelumnya tim pengembang Facebook juga telah melakukan “amputasi” fitur dengan memisahkan fungsi pesan dari aplikasi Facebook ke dalam aplikasi sendiri yakni Messenger.

Ketika itu, reaksi pengguna tentu bisa diprediksi. Banyak komentar miring dan pernyataan tidak senang dengan keputusan tersebut. Pasalnya selain lebih ribet, kerugian lain yang didapatkan pengguna adalah membuat memori perangkat mobile lebih banyak berkurang akibat menginstal 2 aplikasi berbeda untuk 1 layanan. Dan kini, nampaknya aplikasi yang harus kita install akan bertambah menjadi 3.




Baca juga: Facebook Moments ~ Ubah Kumpulan Foto Menjadi Video yang Mengesankan

Keunggulan yang Ditawarkan Aplikasi Moments

Dalam satu sisi, memang apa yang dijalankan Facebook tersebut hanya mempunyai sisi negatif bagi pengguna. Namun sama seperti aplikasi Messenger yang dibuat lebih powerfull dengan penambahan fungsi lain, kali ini aplikasi Moments juga diperkenalkan sebagai aplikasi image sharing yang tidak biasa.

Pada artikel sebelumnya, kita memang sudah mengulas lebih detil tentang aplikasi Moments yang dirilis awal tahun ini. Namun secara umum, keunggulan yang disuntikkan oleh Facebook pada aplikasi terbarunya ini salah satunya yakni #teknologi Face Recognition yang bisa mengenali wajah manusia dengan lebih cerdas dan tepat. Plus beberapa fitur menarik lainnya, Moments diklaim mampu melampaui ekspektasi pengguna dalam urusan photo sharing termasuk untuk mengedit foto sebelum diunggah.

Jadi bagi rekan-rekan yang mempunyai banyak foto di aplikasi Facebook, mungkin bisa mulia mencicil untuk mendownload semua file foto dan bersiap menginstal aplikasi Moments. Atau jika ingin lebih ringkas, tunggu saja sampai pilihan unduh file foto dalam bentuk ZIP akan dikeluarkan pihak Facebook menjelang awal tahun 2016 mendatang.



1 comment on this postSubmit yours
  1. mirip seperti Google+ yang memisahkan dirinya juga menjadi 3. yaitu Google+ Stream, Google+ Hangout, dan Google+ Foto. ;-)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud