Bersiap, Internet 4G LTE Telkomsel Akan Sambangi 4 Kota Indonesia, Termasuk Kota Anda?

Image dari Kompas.com

Image dari Kompas.com

Teknologi internet generasi terbaru 4G memang sudah masuk dan merambah Indonesia. Meski belum merata, kehadiran teknologi internet kencang ini perlu disambut positif. Beberapa operator seluler pun kini berlomba-lomba menghadirkan layanan paket 4G ini untuk bisa menarik simpati para netizen.

Salah satu operator seluler yang juga menyajikan paket 4G ini adalah Telkomsel. Layanan Telkomsel 4G LTE yang hadir pertama kali pada 8 Desember 2014 di Jakarta dan Bali ini sendiri telah banyak berkembang. Lalu seperti apakah layanan 4G dari Telkomsel dan perkembangannnya saat ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Perkembangan Perluasan 4G Telkomsel

Sejak meluncur tahun lalu, #internet 4G Telkomsel memang terus berkembang. Operator seluler yang  pertama kali mengkomersialisasikan jaringan mobile broadband di Indonesia ini memang dikenal terus mengembangkan dan memperbarui jaringannya untuk melayani masyarakat Indonesia. Jika Kota Jakarta dan Bali menjadi kota peratama yang menjadi tujuan Telkomsel 4G, maka saat ini telah ada 10 Kota yang telah mendapatkan fasilitas 4G LTE dari Telkomsel.

Teranyar, kota yang mendapatkan fasilitas tersebut adalah Yogyakarta yang peresmiannya dilakukan pada Sabtu (14/11/2015) lalu. Namun ternyata diketahui bahwa Yogyakarta bukanlah kota yang terakhir yang akan menjadi target Telkomsel menjelang tutup tahun 2015. Setidaknya akan ada 4 kota lagi yang akan menjadi destinasi koneksi 4G Telkomsel.

Artikel lain: Perkembangan Kecepatan Akses Internet di Indonesia

Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid sendiri menyatakan bahwa memang menjelang  akhir tahun 2015 nanti, jaringan 4G Telkomsel akan hadir total 14 kota. Jika Yogyakarta sudah menjadi kota ke-sepuluh, maka akan ada 4 kota lagi yang menjadi target Telkomsel. Lebih lajut Mas’ud menjelaskan bahwa 4 kota yang dimaksud dan akan disinggahi 4G LTE Telkomsel adalah kota Balikpapan, Banjarmasin, Pekanbaru, dan terakhir Malang.

Target Perluasan dan Pengguna 4G LTE Tahun 2016

Setelah melewati tahun 2015 dan menginjak tahun 2016, Tekomsel sendiri akan terus memperluas jaringan 4G LTE-nya. Pada tahun 2016 sendiri nanti ditargetkan ada penambahan 16 kota lagi yang direncanakan akan disambangi jaringan 4G LTE Telkomsel. Sehingga nantinya akan ada total 30 kota yang menerima layanan 4G LTE. Penambahan dan perluasan kota penerima 4G LTE ini terjadi karena seiring dengan selesainya proses refarming di frekuensi 1.800 MHz.

Selaian perluasan wilayah, Telkomsel ternyata juga memiliki target pengguna. Menurut penuturan Mas’ud, Telkosel mempunyai target pengguna 4G Telkomsel hingga akhir tahun ini yaitu 2 juta pelanggan. Dan di akhir tahun 2016 nanti jumlahnya ditargetnya meningkat lagi mencapai 8 juta pengguna. Telkomsel sendiri saat ini telah memiliki 1,8 juta pengguna 4G LTE. Dengan sekitar 1.300 BTS 4G dari 100 ribu BTS yang dimiliki, Telkomsel yakin bisa merealisasikan targetnya.

Perangkat Pendukung 4G LTE Telkomsel

Utnuk bisa menggunakan layanan 4G LTE Telkomsel ini, seseorang memang harus menggunakan perangkat tertentu yang kompatibel dengan yang dipersyaratkan Telkomsel. Jadi tidak sembarangan Smartphone 4G yang bisa Anda gunakan. Smartphone 4G yang bisa menikmati layanan 4G LTE Telkomsel sendiri harus memiliki spesifikasi untuk dapat bisa menangkap sinyal 4G tersebut. Lalu, spesifikasi seperti apa yang harus dimiliki oleh sebuah smartphone agar dapat menikmati layanan 4G dari Telkomsel ini?

Syarat pertama dan mutlak dari sebuah perangkat untuk bisa menimkati jaringan 4G LTE Telkomsel adalah dukungan frekuensi 900 MHz dari perangkat tersebut.  Untuk mengetahui apakah sebuah perangkat mendukung spektrum tersebut atau tidak, pengguna bisa mengeceknya spesifikasi ponsel pintarnya. Spesifikasi dukungan #smartphone ini umunya bisa Anda ketahui dari kertas cetak di kotak penjualan.




Baca juga: 5 Kota Dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

Telkomsel sendiri sebenarnya sudah memberikan informasi mengenai perangkat apa saja yang sudah mendukung spektrum layanan 4G LTE-nya tersebut. Seperti dikutip oleh beberapa sumber dari laman web resmi Telkomsel beberapa produk terbaru dari vendor ponsel besar ternyata sudah dapat dipakai dan digunakan untuk mencoba layanan 4G ini. Beberapa brand ponsel pintar yang bisa mendukung frekuensi 4g LTE Telkomsel tersebut antara lain HTC One (M8), Samsung Galaxy Alpha, LG G3, dan Sony Xperia Z3.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud