Berkat Dukungan Pengguna, UC Browser Naik Tahta Di Indonesia

uc browser

Kabar gembira bagi para pengguna aplikasi peramban UC Browser, karena belum lama ini UC Web, developer UC Browser menyampaikan bahwa kini aplikasi #browser unggulan tersebut kini telah menjadi mobile browser nomor 1 paling banyak digunakan di Indonesia.

Hal ini tentu bukan hanya angin segar bagi pihak pengembang, namun juga menjadi bukti konsistensi #UC Browser untuk terus meningkatkan layanan mobile browsing yang semakin baik bagi netter nusantara.

Menjadi Mobile Browser No 1 di Indonesia

Dimulai bulan Maret 2015, aplikasi peramban besutan UCWeb telah naik tahta menjadi yang terdepan dalam persaingan pasar mobile browser di Indonesia. Hasil tersebut merujuk dari data resmi yang dikeluarkan website analisa ternama, StatCounter. Dari laman StatCounter, jelas UC Browser berhasil mengungguli beberapa aplikasi mobile browser populer lain dengan menyabet 28.51% pangsa pasar di Indonesia.

Hal ini tentu bukan hal kecil. Pasalnya UC Browser menjadi market leader di sebuah negara dengan penduduk terpadat nomor 4 di dunia. Ditambah lagi, kini Indonesia juga menjadi negara dengan perkembang aktifitas internet mobile paling tinggi di dunia. Oleh karena itu tidak berlebihan jika kesuksesan kali ini menjadi indikasi kuat UC Browser untuk kembali menjadi yang terbaik dalam persaingan tingkat dunia nantinya.

uc browser top 1




Artikel lain: Diakses 100 Juta User per Hari, UC Browser Pimpin Persaingan Aplikasi Peramban Indonesia

Momentum Kesuksesan UC Browser di Indonesia

Kembali ke medio 2012 silam, UCWeb mulai mengembangkan #aplikasi UC Browser untuk OS Android versi lokal Indonesia. Menjadi rekam jejak pertama, kala itu UC Browser telah dihadapkan pada persaingan aplikasi mobile browser yang mulai tumbuh di Indonesia.

Namun tak butuh waktu lama, dengan penetrasi serta suguhan layanan yang prima perlahan UC Browser berhasil mencuri perhatian pengguna #smartphone yang kala itu terbilang masih minim. Namun seperti yang terlihat dalam laman StatCounter, UC Browser menjadi salah satu aplikasi yang mampu stabil mempertahankan tren positif dari tahun ke tahun. Hasilnya pun terbayar dengan jumlah unduhan aplikasi UC Browser di Google Playstore Indonesia yang meledak hingga menjadi nomor 2 terlaris untuk katergori aplikasi peramban.

Dan di mulai tahun 2014 lalu menjadi masa keemasan bagi UC Browser di Indonesia. Statistik pangsa pasar pengguna terus tumbuh, dari bulan Maret 2014 sebesar 9,59% hingga bulan Maret 2015 tembus 28,51% yang sekaligus mengukuhkan aplikasi berlogo tupai tersebut sebagai yang terbaik di Indonesia.

Head of UCWeb Indonesia, Jonathan Zhong menyatakan sangat optimis dengan langkah selanjutnya yang akan ditempuh UC Browser. Ia menambahkan, salah satu misi terbesar UC Browser Indonesia yakni memperluas jaringan dengan menggandeng semakin banyak partner lokal. Dengan sinergi bersama antara pengembang aplikasi dengan penyedia konten dan layanan lokal, diharapkan menjadi sebuah ekosistem yang subur untuk tumbuh kembang layanan mobile internet di Indonesia yang lebih baik.




Melihat Peluang Besar Perkembangan Mobile Device

UC Browser menyadari bahwa salah satu potensi yang membuat layanannya mampu diterima dengan baik di Indonesia adalah adanya perkembangan penggunaan mobile device yang semakin tinggi. Oleh karena itu, fokus utama tim UC Browser selama beberapa tahun ini yakni memberikan pengalaman mobile browsing yang jauh lebih baik, dari segi kecepatan serta konten lokal yang dihadirkan.

Terkait fitur aplikasi, kompresi data dan akselerasi cloud menjadi garda depan untuk memberikan akses mobile internet yang lebih hemat dan cepat. Dengan #teknologi tersebut, paket data yang dibutuhkan terbukti lebih irit serta akses pada laman web pun terasa lebih ringan. Sebagai hasil akhir kecepatan akses via mobile device seperti smartphone atau tablet pun juga akan semakin cepat.

Misi “One Stop Browsing Experience” UC Browser

Selain itu, hal lain yang disadari oleh tim UC Browser adalah kecenderungan netter Indonesia yang doyan ber #media sosial. Tantangan tersebut dijawab dengan kerjasama yang dijalin UC Browser bersama Facebook. Kerjasama tersebut melahirkan fitur notifikasi real time yang eksklusif hanya disematkan pada aplikasi UC Browser. Fitur tersebut benar-benar pertama kali dan satu satunya yang ditanamkan di aplikasi pihak ketiga di luar layanan Facebook.

Beralih pada konten lokal, tim pengembang juga selalu berupaya memberikan konten-konten yang diminati mayoritas pengguna di Indonesia. Sebagai perwujudan misi tersebut, kerjasama dengan beberapa media lokalpun dijalin. Tidak hanya konten informasi, media hiburan hingga ecommerce lokal pun ikut dirangkul guna memenuhi ekspektasi pengguna yang ingin merasa sensasi “One Stop Browsing Experience” ala UC Browser.

Baca juga: Hot News! Sekarang UC Browser Bisa Digunakan Lewat PC

Sebagai contoh, salah satu fitur yang paling banyak diminati adalah hadirnya layanan UC Bola yang berisi berbagai informasi tentang sepak bola lokal dan internasional. Tidak hanya menjadi papan berita statis, UC Bola menyajikan berita update seputar sepak bola yang dirangkum dari berbagai web olah raga populer tanah air. Di dalamnya kita bisa melihat statistik, jadwal pertandingan, peringkat klaseman hingga fitur live match comments yang memungkinkan para pengguna saling berkirim komentar terkait pertandingan dan detil laga lainnya.

Sebagai penutup, kesuksesan UC Browser menjadi mobile browser nomor 1 di Indonesia tentu tidak terlepas dari kontribusi pengguna loyal di Indonesia. Ke depan, tentunya tim pengembang akan berusaha mempertahankan pencapaian disamping terus meningkatkan layanan lewat fitur dan berbagai kemudahan. Happy browsing!



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya akui Uc browser merupakan browser paling ringan di perangkat mobile, bahkan keberadaannya telah menggeser opera mini yang sudah cukup populer saat itu. namun sangat disayangkan, adblock yang sudah tertanam di uc browser menurut saya sangat merugikan Blogger seperti saya. saran Saya untuk Uc browser agar adblocknya bisa memfilter mana iklan spam dan tidak.

    • Visitor tempat saya di atas 75% dari HP. Dan browser yang paling sering dipake UC browser. Lantas
      saya pake Simple Adblock Notice plugin, saya set ke strict mode. Jadi begitu visitor lagi mau baca2, tau2 ketutup sama layar pop up 1 halaman penuh. Visitor harus refresh halaman dulu biar bisa balik lagi. Tapi karena visitor gak menonaktifkan adblokernya, jadinya setelah direfresh ya balik lagi, muncul pop up lagi, begitu seterusnya. Lumayan, buat jagain bounce rate.
      Makanya saya ajak teman2 yg pada pake wp, pake plugin Simple Adblock Notice aja. Toh lagian visitor dari UC browser juga seringnya gak menguntungkan. Cuman bikin berat server dan gak bisa kasih hasil.

  2. Iya bener, kebanyakan uh pake smartphone lenih senengake uc browser krn lebih ringan. Khusus utk pc tergolong lambat dibanding chrome

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud