Berkarir Tidak Sesuai Dengan Background Pendidikan, Kenapa Tidak?

karir tidak sesuai pendidikan

Image dari Telegraph.co.uk

Masalah seperti ini memang sudah menjadi isu klasik bagi teman-teman dalam mencari sebuah pekerjaan. Memiliki pendidikan yang tinggi, tidak serta merta akan membawa Anda pada sebuah karir yang cemerlang. Sulitnya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan membuat banyak orang kemudian memutuskan untuk bekerja di manapun meski tidak sesuai dengan pendidikannya.

Kekhawatiran sering kali melanda ketika menjalankan pekerjaan tapi tidak sesuai dengan pendidikan yang pernah ditempuh. Ketakutan tidak mampu menjalani pekerjaan tersebut seringkali justru menjadi belenggu bagi mereka saat mencoba meniti karir baru. Padahal sebenarnya tidak perlu juga terlalu khawatir meski pekerjaan tidak sesuai dengan latar pendidikan yang ditempuh. Ada banyak alasan yang kenapa tidak perlu khawatir lagi berkarir dengan latar yang berbeda dari #pendidikan yang ditempuh.

1. Terus Belajar Membuat Anda Survive

Dalam dunia pekerjaan seperti saat ini, semakin terbuka peluang yang bisa membuat banyak orang bekerja dengan tidak sesuai latar pendidikannya. Yang paling dicari dalam dunia profesional tentu kemampuan dan keahlian pekerja itu sendiri. Betul memang masih ada beberapa perusahaan yang mengutamakan latar pendidikannya untuk merekrut pegawai.

Namun di era modern seperti ini tak sedikit perusahaan yang dalam perekrutan karyawannya mencari orang yang benar-benar mampu tanpa melihat latar pendidikannya. Jadi, dengan terus belajar terhadap hal-hal baru, tentu akan lebih meningkatkan keahlian Anda sehingga Anda tak perlu khawatir lagi meski Anda bekerja tanpa sesuai dengan latar pendidikan yang sudah Anda tempuh.

Artikel lain: Berkarir Di Perusahaan Kecil? Jangan Berkecil Hati, Ini Keuntungannya




2. Kemampuan Tidak Selalu Diukur Dari Pendidikan

Kadang ketika menjalani sebuah pekerjaan barangkali dulu sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun, jika Anda saat ini merasa nyaman dan terus mengalami perkembangan dalam berbagai hal, maka bisa jadi pekerjaan itu pas untuk Anda meski mungkin tak sesuai dengan pendidikan Anda. Karena kemampuan seseorang tidak bisa juga diukur sepenuhnya dengan pendidikan yang pernah ia tempuh. Bekerja dengan passion bisa jadi akan membuat Anda lebih optimal dan bisa menjadi seorang yang produktif.

3. Kompetensi dan Skill Tidak Hanya Dari Bangku Sekolah

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda sedang meniti karir pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendidikan Anda. Percayalah bahwa skill dan kompetensi Anda jauh lebih dibutuhkan oleh perusahaan ketimbang pendidikan Anda.

Dan perlu Anda ketahui bahwa skill dan kompetensi bisa didapatkan di mana saja, tidak harus di bangku sekolah. Bahkan belajar sambil bekerja bisa terus Anda lakukan untuk selalu meningkatkan kemampuan Anda dalam bidang yang Anda geluti saat ini. Dan belajar sambil praktik ini justru biasanya akan lebih maksimal outputnya.

4. Kesempatan Untuk Mendapatkan Ilmu Di Bidang yang Lain

Dengan Anda bekerja yang mungkin tidak sesuai dengan latar pendidikan, maka kesempatan untuk mendapatkan ilmu dari bidang yang lain semakin besar. Dan itu adalah keuntungan yang luar biasa bagi pengembangan diri Anda. Anda memiliki kesempatan yang sangat terbuka pada berbagai bidang ilmu, yang nantinya itu pasti akan berguna di masa mendatang.

Keilmuan dari berbagai bidang itu bisa Anda jadikan sebagai modal kelak ketika Anda sudah tidak menjadi pegawai lagi. Maka jika Anda sekarang berkarir di pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendidikan, tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan hal itu.




Baca juga: Gimana Sih Cara Mendapatkan Karir Sesuai Dengan Minat? Ini Dia Tipsnya

5. Kesempatan Tidak Semakin Luas, Maka Maksimalkan yang Ada

Kesempatan mendapatkan pekerjaan tidak semakin mudah ke depan. Jadi, meski saat ini Anda bekerja tidak sesuai dengan pendidikan Anda, maksimalkan dengan terus belajar. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan saja persaingannya tentu tidak mudah, apalagi jika harus disesuaikan dengan pendidikan Anda.

Maka yang paling baik adalah dengan bekerja dengan maksimal dengan pekerjaan yang saat ini Anda geluti meski tidak sesuai pendidikan. Percayalah, dengan perjuangan dan kerja keras yang Anda lakukan, Anda akan menjadi seorang yang mampu bekerja dengan maksimal di bidang yang Anda kerjakan saat ini.

Jadi, masih takut bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan pendidikan yang pernah ditempuh. Jangan menunggu peluang yang sesuai dengan pendidikan Anda, kalau bisa segera mendapatkan  yang sesuai itu bagus, kalau tidak, sama halnya Anda membuang waktu Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Sebenarnya untuk mencapai kesuksesan itupun tidak selalu berlatar belakang sekolah, jurusan yang kita pilih di backgroud sekolah tidak selamanya akan sesuai dengan karir kita dimasa depan.
    banyak sekali fajta yang seperti ini..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud