Berawal Dari Ide Sederhana, Insinyur Google Mampu Ciptakan Cermin Pintar

Berawal Dari Ide Sederhana, Insinyur Google Mampu Ciptakan Cermin Pintar

cermin pintar Max Braun
Image dari Noobz.ro

Sejak kemunculan teknologi micro dan juga mobile yang sehari-hari bisa kita lihat pada beragam perangkat elektronik yang kita gunakan, semakin banyak saja benda yang mampu disulap sisi fungsionalnya agar meningkat berkali lipat. Tidak hanya peralatan elektronik, nyatanya saat ini banyak benda biasa yang ditanami #teknologi khusus agar bisa memiliki fungsi ganda.

Yang terbaru, disebutkan bahwa salah seorang insinyur perusahaan teknologi raksasa Google bernama Max Braun, berhasil membuat sebuah karya cermin “pintar” yang tentunya berbeda dengan cermin pada umumnya. Dengan beberapa oprekan yang ia buat, cermin milik Max Braun ini mampu menunjukkan berbagai informasi lewat tampilan digital mulai dari waktu, berita bahkan hingga suhu di tempat tersebut. Nampaknya masa depan semakin dekat, bukan tidak mungkin kita akan bisa melihat cermin pintar yang sebelumnya mungkin hanya muncul di beragam film fiksi ilmiah.

Berawal Dari Ide Sederhana

Sebagai seorang insinyur yang bekerja pada bagian software di perusahaan #Google, tentunya Max Braun mempunyai kemampuan yang tidak bisa diragukan. Dan dengan keahliannya tersebut, Max berhasil membuat cermin pintar yang diletakkan di rumah pribadinya, tepatnya di kamar mandi.

Pada awalnya ketika mengembangkan cermin pintar ini, Max hanya berfikir bagaimana bisa mendapatkan informasi terkini bahkan ketika sedang menghabiskan waktu pagi di kamar mandi. Dan ketika melihat cermin kamar mandi, ide pembuatan inovasi teknologi tersebut pun lahir.

Ia mulai menyusun mulai dari software hingga hardware pendukung untuk mewujudkan teknologi cermin pintarnya tersebut. Dan setelah selesai, tak disangka hasilnya sangat menggembirakan. Bahkan kabarnya, inovasi dari Max Braun tersebut mempunyai potensi besar menjadi produk komersil di masa depan.

Artikel lain: Teknologi Cortana ~ Fitur Personal Assitant Canggih di Windows 10

Mekanisme Cermin Pintar Milik Max Braun

Membayangkan seperti apa cermin pintar yang dibuat oleh Max Braun tersebut, tentu akan membuat banyak orang merasa kagum dan ingin memiliki teknologi tersebut. Lebih detil mengenai mekanisme cermin pintar yang dibuat oleh Max, pada dasarnya dibuat dengan menambahkan panel layar tambahan di sebuah cermin dua arah. Panel layar tersebut kemudian didukung oleh hardware lain mulai dari papan controller hingga beberapa komponen khusus.

Menilik tentang “dalaman” cermin pintar karya Max, disamping karena dia merupakan Insinyur software perusahaan Google yang dikenal sebagai pengembang sistem operasi Android, akhirnya ia juga menanamkan sistem operasi tersebut pakai otak cermin pintarnya. Pemilihan #Android sebagai sistem operasi, dirasa lebih ringkas sekaligus mampu untuk dikostumisasi lebih lanjut.

Selain itu, tentunya ke depan Max masih menyimpan banyak harapan pengembangan inovasi terkait karya ciptaannya tersebut. Dan ia merasa sistem operasi Android sangatlah mendukung keinginan dan juga harapannya.

Bakal Mampu Mengadaptasi Teknologi Google Now

Saat ini beberapa fungsi yang bisa diakses melalui cermin pintar ciptaan Max Braun diantaranya yakni waktu, tanggal, headline berita terbaru serta suhu. Namun dalam sebuah kesempatan, Max menyatakan pencapaiannya dalam membuat cermin pintar tersebut masih belum menyentuh garis finish. Ia sangat berharap, ke depan akan menanamkan lebih banyak fitur dan fungsi pada produk karyanya.

Salah satu yang sangat menarik yakni rencana adaptasi teknologi Google Now pada cermin pintar buatannya. Jika memang berhasil menjalankan misi tersebut, tentu akan semakin banyak fungsi dan juga kemudahan yang bisa diperoleh dari inovasi cermin pintar milik max. Meskipun saat ini sudah ada produk serupa, namun menyertakan perintah berbasis suara seperti fitur Google Now memang bukan hal yang mudah. Namun dengan bantuan dari pihak pengembang perusahaan Google, Max yakin keinginannya tersebut bisa terwujud dalam waktu dekat.

Baca juga: Mengenal Kecanggihan Implementasi Teknologi QR Code

Belum Akan Dikomersilkan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, cermin pintar yang dibuat oleh Max Braun masihlah bersifat prototype alias purwarupa yang perlu disempurnakan. Meskipun memendam potensi yang sangat besar untuk menjadi produk komersil, Max mengaku masih belum ingin menjalankan opsi tersebut. Jikapun ada kesempatan untuk mengembangkannya, pria yang telah mengabdi pada Google selama beberapa tahun tersebut lebih memilih untuk melakukan pengembangan secara open source.

Yang menarik, Max sama sekali tidak membuat karya cermin pintarnya tersebut menjadi produk yang eksklusif. Bahkan ia merilis sebuah video yang berisi proses pembuatan cermin pintar yang bisa diakses oleh siapa saja. Salut.

1 KOMENTAR

  1. Kira-kira bisa menambah kegantengan yang memakai cermin apa tidak ya :D
    hehehe

Tinggalkan Balasan