Berat Timbangan Dagangan Dapat Mempengaruhi Kepercayaan Customer

Berat Timbangan Dagangan

Image dari huffingtonpost.com

Berat perlu diukur dari jaman dahulu kala. Skala pertama sudah dikembangkan dari sekitar 5000 sebelum masehi di Mesir (Dapat dibuktikan dengan artefak yang telah ditemukan oleh sejarahwan). Alat tersebut berupa balok simetris didukung pada kedua ujung skala yang menggantung. Skala berat perlu di ketahui untuk menentukan jumlah barang terutama jumlah yang tidak dapat ditentukan hanya dengan menghitung dan mengukur. Misalnya pedagang ingin memberikan harga terhadap harga beras, beras tersebut akan sulit diketahui jumlahnya karena jumlah yang sangat banyak sehingga manusia menemukan alat timbangan tersebut agar pedagang dapat mudah menentukan harga suatu beras dengan mengukur beratnya.

Pada saat jaman 5000 sebelum masehi perdagangan adalah salah satu mata pencaharian rakyat maka dari itu timbangan telah tercipta dari jaman dahulu kala. Namun dengan perkembangan teknologi, hingga saat ini sudah ada berbagai macam jenis timbangan diantaranya timbangan digital dan jembatan timbang. Sebelum membahas alat-alat tersebut, ada baiknya anda mengetahui lebih jauh mengenai berat dan timbangan terlebih dahulu.

Timbangan-5000-SM-Di-Mesir

Timbangan 5000 SM di Mesir

Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan atau neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik atau digital. Salah satu contoh timbangan adalah neraca pegas (dinamometer). Alat tersebut adalah timbangan sederhana yang menggunakan pegas untuk menentukan sebuah massa yang diukurnya. Persamaan matematis suatu pegas dapat dinyatakan dalam k*x = m*g dimana k adalah konstanta pegas, x adalah defleksi, m adalah massa dan g adalah gravitasi.

Dalam rumus tersebut terjawab bahwa gravitasi dapat mempengaruhi berat/massa. Coba anda bayangkan apabila astronot bertugas ke bulan dapat melompat jauh lebih tinggi daripada ia melompat di permukaan bumi. Hal tersebut membuktikan bahwa gravitasi dapat menarik suatu benda menjadi lebih berat sehingga benda yang diukur di bumi dan di bulan akan memiliki hasil yang berbeda karena gaya gravitasi bumi dan bulan berbeda. Namun hal itu tidak membuat sulit para pedagang yang ingin menimbang suatu barang dagangannya apabila mereka ke daerah yang berbeda karena suatu gaya gravitasi di permukaan bumi memiliki kekuatan yang sama walaupun benda tersebut diukur di berbagai belahan bumi yang berbeda. Walaupun gaya gravitasi sama, namun sering terjadi perbedaan hasil berat benda yang dijual yang terjadi antar pedagang. Hal tersebut terjadi karena adanya kecurangan.




Artikel lain: Hukum Pareto ~ Kedahsyatan Formula 80/20

Perkembangan Alat Ukur Berat/ Massa

Dengan Teknologi yang sangat berkembang pesat timbangan menjadi semakin modern yang dari awalnya hanya neraca pegas sampai sekarang timbangan memiliki fungsi untuk mengukur berat badan, timbangan kadar air, timbangan gantung, timbangan ternak dan lain sebagainya. Dengan alat canggih tersebut makin sedikitnya kecurangan yang terjadi dari timbangan. Manusia jaman sekarang mempercayai pedagang yang memiliki timbangan jarum dibandingkan godok, dikarenakan timbangan godok rawan pencurangan terhadap berat benda.

Macam-Macam-Timbangan

Macam-macam timbangan

Walau terlihat timbangan jarum aman, namun timbangan jarum juga dapat diakali agar hasil menjadi tidak sesuai dengan hasil berat yang sebenernya. Mur di dalam timbangan dapat dilonggar sehingga saat penimbangan dilakukan timbangan akan lebih longgar dan menimbulkan hasil berat yang lebih berat karena jarum akan bergerak lebih banyak karena mur longgar. Hal-hal tersebut membuat para pedagang jadi ingin melakukan kecurangan

Memang kecurangan yang dibuat oleh pedagang dapat membuat pedagang memperoleh keuntungan yang lebih besar karena jumlah uang yang di dapatkan di atas harga normal. Namun hal tersebut hanya berlaku sementara. Coba anda bayangkan suatu pasar ada pedagang yang melakukan kecurangan, namun pada saat customer datang ke pedagang lainnya, maka mereka akan menyadarinya dan beralih ke pedagang yang lebih jujur. Sehingga pada masa mendatang pedagang tersebut akan mengalami kebangkrutan karena tidak ada pelanggan yang akan mempercayainya. Maka dari itu timbangan adalah salah satu faktor keberhasilan seorang pedagang.




Bukan hanya kepercayaan yang hilang saja, namun pedagang juga dapat terjerat ke penjara dan membayar denda ke pihak yang berwajib karena hal tersebut sudah diatur oleh UU No 8/1999 Ps 8 ayat (1) b dan c yang intinya berisi melarang menjual barang yang tidak sesuai dengan berat bersih dan melarang menjual barang yang tidak sesuai dengan timbangan yang sebenernya. Hukuman berupa penjara paling lama satu tahun atau denda paling besar 1 juta Rupiah.

Baca juga: Renungan Bisnis ~ Sukses Bukan Hanya Tentang Uang!

Tips Agar Terhindar Dari Pedagang Curang

Beberapa tips dapat membantu anda untuk terhindar dari kecurangan yang dilakukan oleh pedagang. Pertama jauhkan timbangan godok. Kedua apabila anda berbelanja perlu membandingkan berat barang yang anda miliki dengan pedagang lain. Ketiga cari lihat betul timbangan jarum, apabila jarum lebih longgar anda diharapkan agar curiga terhadap pedagang tersebut, keempat adalah tips teraman, anda disarankan membawa timbangan portable agar benar-benar tidak terjadi kecurangan.

Timbangan-Gantung-Digital-Portable

Timbangan Gantung Digital Portable

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai manfaat, sejarah dan hukum fisika timbangan, anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih pedagang yang bisa anda percayai. Indotrading.com menyediakan berbagai macam alat timbangan sesuai dengan kebutuhan anda, termasuk timbangan gantung digital portable. Anda dapat mendapatkan alat timbangan yang berkualitas tinggi dan harga yang murah karena perusahaan yang telah terdaftar di Indotrading.com telah di verifikasi oleh timnya. Indotrading.com terdiri dari berbagai supplier, distributor, importer, toko, agen terpercaya dan memiliki database terlengkap. Semoga artikel ini bermanfaat.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud