Terapkan 5 Tips Ini Untuk Raih BEP Bisnis Waralaba Lebih Cepat

BEP Bisnis Waralaba

Image dari Hongkiat.com

BEP Bisnis Waralaba – Melihat perkembangan bisnis waralaba di tanah air saat ini, bukan tidak mungkin model bisnis yang satu ini akan semakin berkembang hingga beberapa tahun ke depan. Mengandalkan kepraktisan dan juga modal yang terkadang relatif lebih kecil, mengambil bisnis waralaba adalah salah satu alternatif usaha yang cocok untuk dijalankan siapa saja.

Nah, terkait bisnis waralaba, salah satu kunci suksesnya adalah bagaimana kita bisa dengan cermat membaca pasar dan memilih kemitraan waralaba yang tepat. Jika dua hal tersebut sudah bisa dilalui dengan baik, maka kita tinggal menjalankan bisnis dengan konsisten hingga mendapat provit yang di inginkan.

Sebagai tahap mencapai provit idaman, ada satu fase penting yang juga harus dilewati yakni titik BEP (Break Even Point) alias titik impas usaha. Ketika kita sudah ada pada titik tersebut, maka provit selanjutnya merupakan keuntungan yang bisa kita nikmati. Untuk membantu rekan-rekan mencapai BEP bisnis waralaba lebih cepat, berikut adalah 5 tips yang bisa Anda jalankan.

1. Lakukan Take Over agar BEP Bisnis Waralaba lebih Cepat

Tips untuk mencapai BEP bisnis waralaba lebih cepat yang pertama adalah dengan melakukan take over atau pengambil alihan usaha waralaba yang sudah berjalan. Dalam menjalankan sebuah waralaba atau usaha apapun secara umum, sebenarnya kita tidak harus memulainya dari nol. Triknya yakni dengan membeli sebuah usaha waralaba yang sudah nampak berjalan di suatu daerah.

Tantangan dalam menjalankan take over bisnis waralaba adalah bagaimana meyakinkan pemilik waralaba sebelumnya agar bisa diambil alih usahanya. Dalam ini memang kita tidak perlu memikirkan lagi potensi pasar atau mencari pelanggan, karena usaha yang akan kita ambil memang telah “berjalan” dengan baik. Yang perlu dipersiapkan adalah modal lebih, tentunya sebagai mahar take over bisnis waralaba yang akan kita ambil tersebut.




Artikel lain: 6 Kiat Cermat Memilih Bisnis Waralaba Dengan Tepat

2. Pastikan Lokasi Strategis

Jika tidak bisnis waralaba menjanjikan di sekitar daerah Anda, maka kita mau tidak mau harus memulai bisnis sendiri. Nah untuk mensukseskan hal ini, yang wajib kita pastikan adalah lokasi yang strategis. Ketika kita telah mempunyai lokasi yang pas, tentu omzet usaha bisa meningkat lebih cepat dan BEP pun bisa dicapai lebih cepat pula.

Pilihlah lokasi yang sekiranya ramai dan tentunya sesuai dengan target market yang kita bidik. Kebanyakan mitra waralaba hanya melihat banyaknya orang sebagai indikator lokasi usaha yang baik. Oleh karena itu kita wajib memahami dengan baik apakah dilokasi tersebut sesuai dengan bisnis waralaba yang kita jalankan.

3. Pastikan Kualitas dan Kuantitas Produk Selalu Terjaga

Tips berikutnya agar bisnis waralaba mencapai BEP lebih cepat adalah dengan memastikan bahwa kualitas dan kuantitas produk selalu prima. Dari sisi kualitas, sebagai contoh untuk waralaba kuliner, sudah pasti usahakan jangan sampai rasa dan tampilan produk berkurang atau berbeda. Tetap pertahankan  kualitas tersebut dengan mengikuti panduan waralaba pusat.

Sedangkan untuk kuantitas, yakni dengan menjaga agar stok barang tetap ada. Tidak jarang ada beberapa pengembang waralaba yang mewajibkan mitranya memasok bahan baku langsung dari pusat. Oleh karena itu, usahakan agar pasokan bahan tersebut tidak terhambat. Atau jika memang bisa mengusahakan bahan dengan kualitas yang sama, maka siapkan bahan tersebut sebagai cadangan jika ada masalah pengiriman dari pusat.




4. Terapkan Biaya yang Efisien

Tips berikutnya yakni membuat perencanaan biaya usaha yang efisien. Efisien di sini artinya yakni dengan melakukan penghematan agar omzet bisnis bisa lebih di optimalkan. Beberapa pos anggaran yang bisa dihemat diantarnya seperti biaya listrik, air, sewa hingga biaya pegawai.

Dalam mencapai hal tersebut, memang bukan hal yang mudah. Pasalnya terkadang akan mengganggu kinerja bisnis waralaba Anda. Di sini kejelian dan usaha keras Anda sangat diperlukan. Cobalah melihat kembali pembukuan keuangan, dan mulai menatanya kembali.

Baca juga: 5 Tips Kembangkan Sistem Bisnis Waralaba

5. Dapatkan Hak Utama Bisnis Waralaba

Dan tips terakhir adalah dengan membeli hak utama waralaba dari waralaba pusat. Beberapa pengelola waralaba menerapkan suatu sistem yang dinamakan  hak utama kemitraan. Dengan memegang hak utama tersebut, jika ada orang lain yang ingin menjalankan waralaba sejenis di wilayah tempat Anda menjalankan bisnis, maka mereka diwajibkan menjalin kerjasama tambahan dengan Anda.

Tentu dengan begitu skala bisnis waralaba Anda akan semakin besar. Namun ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan hak tersebut. Dan umumnya nilai hak utama tidaklah kecil. Oleh karena ini opsi ini nampaknya lebih cocok untuk pengusaha dengan modal yang relatif besar.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Salam kenal mas admin, saya sudarno asal jakarta. Kebetulan sekali saya sedang menggeluti usaha waralaba, terutama saya menyediakan stand both cappucino cincau. Yang saya mau tanyakan , pada point nomor 5, saya masih bingung dengan caranya. Maksudnya kemana dan apa saja yg saya butuhkan untuk mendapatkan hak utama bisnis waralaba. Kira2 butuh biaya berapa ya? Terimakasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud