Benarkah Pengguna Twitter Terus Mengalami Penurunan?

penyebab pengguna Twitter menurun

Image dari Businessinsider.com

Kabar kurang sedap ini datang dari salah satu situs #media sosial terbesar di dunia Twitter. Setelah beberapa waktu yang lalu ditinggalkan oleh beberapa pembesarnya, kini Twitter dikabarkan mengalami penurunan yang signifikan dalam jumlah pengguna aktif bulanannya. Tentu bukan sesuatu yang menggembirakan, mengingat Twitter bisa dikatakan sebagai media sosial yang sangat berpengaruh di dunia. Diketahui, jumlah pengguna aktif Twitter tidak mengalami pertumbuhan dari kuartal ketiga tahun 2015.

Posisi angka pengguna Twitter pada kuartal ketiga tahun 2015 tersebut tercatat tetap sama stagnan di angka 320 juta pengguna. Bahkan, jika tanpa menyertakan pengguna yang memakai Twitter lewat pesan teks yang sering disebut dengan SMS Fast Followers, maka sebenarnya pengguna Twitter ini benar-benar mengalami penurunan. Diberitakan dari situs TechCrunch, pengguna Twitter pada kuartal keempat tahun 2015 tanpa melibatkan pengguna melalui pesan teks Twitter mengalami penurunan user dari 307 juta menjadi 305 pengguna.

Penjelasan Dari CFO Twitter Indonesia Anthony Noto

Di kawasan Amerika Serikat sendiri yang notabene merupakan negara asal #Twitter, juga mengalami penurunan, angka yang tercatat mencapai 1 juta pengguna. Dari 66 juta pengguna menjadi 65 juta pengguna. Terkait pengguna SMS Fast Followers, biasanya yang paling banyak berasal dari negara-negara berkembang seperti Brazil dan India.

Dengan fakta bahwa terjadi stagnasi pada pengguna aktif bulanan Twitter, CFO Twitter Anthony Noto kemudian memberikan sedikit penjelasan mengenai apa yang terjadi. Ia mengatakan bahwa benar pengguna aktif bulanan Twitter tidak mengalami pertumbuhan, namun ia menyebutkan bahwa pengguna aktif bulanan yang meninggalkan Twitter bukanlah user yang memiliki kualitas tinggi.

Artikel lain: Bersiap, Twitter Akan Ubah Ciri Khas 140 Karakter untuk Limit Kicauannya




Masih menurut Anthony, kemungkinan mereka yang hanya mengunjungi Twitter sebulan sekali tidak melihat adanya banyak iklan atau mereka tidak memiliki pengaruh yang berarti bagi Twitter. Meski demikian, Anthony tetap mengakui bahwa pada kuartal keempat pada tahun 2015 adalah pencapaian terburuk sepanjang sejarah Twitter. Selain pengguna yang stagnan, Twitter juga mengalami penurunan pendapatan pada kuartal keempat tahun 2015. Twitter mengalami penurunan pendapatan mencapai US$90 juta dari kuartal sebelumnya.

Fitur Baru Untuk Menggenjot Pengguna Twitter

Melihat perkembangan pengguna Twitter yang tidak mengalami kemajuan, langkah pembaruan dan penambahan sejumlah fitur pun segera diambil oleh Twitter. Fitur baru yang ditawarkan Twitter kali ini adalah memperkenalkan fungsi baru di home timeline. Fitur ini akan membuat para pengguna Twitter tetap bisa menyimak berita terkini dari beberapa orang yang mereka follow.

“Banyak dari kita mengikuti ratusan, bahkan ribuan akun. Dan ketika log in ke Twitter, pengguna mungkin akan melewatkan berbagai tweet penting dari akun-akun yang diikuti,” penjelasan dari Senior Engineering Manager Mike Jahr dikutip dari blog resmi Twitter.

Baca juga: Akibat Perombakan Masal, Banyak Petinggi Twitter Pilih Hengkang

Cara Mengaktifkan Fitur Baru

Untuk bisa menikmati fitur baru ini, pengguna harus mengaktifkan dulu pada bagian pengaturan. Ketika mungkin user sibuk dengan hal lain dan meninggalkan Twitter, maka dengan fitur ini ketika user kembali on, tweet yang menurut user penting bisa secara otomatis di bagian atas timeline. Sementara, tweet-tweet yang lain di timeline akan ditampilkan tepat setelahnya dalam urutan kronologis terbalik seperti biasanya. Untuk pengguna yang ingin melihat tweet-tweet ter update yang lain, user hanya perlu melakukan refresh pada timeline.




Bagi pengguna yang mungkin tidak memerlukan fitur ini bisa tetap memilih fitur timeline klasik Twitter yang mengurutkan secara kronologi. Fitur ini dibuat Twitter dalam bentuk opsional bagi para pengguna. Sedangkan bagi yang menginginkan fitur baru ini, pengguna bisa mengaktifkannya dengan pengaturan akun, kemudian pilih Akun – Konten – Timeline – Tampilkan Tweet terbaik lebih dulu.

Tweet terbaik akan muncul didasarkan pada akun-akun yang paling sering diajak berinteraksi, tweet yang biasa user engage, user minat dan apa yang sedang terjadi pada jaringan user. Di Indonesia sendiri, fitur ini bisa digunakan masih dalam beberapa minggu ke depan. Opsi pada fitur baru ini akan tersedia bagi semua pengguna aplikasi Twitter di iOS, #Android dan juga web.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud