Benarkah Main Ponsel Ketika Badai Petir Sangat Berbahaya? Ikuti Penjelasannya Dibawah Ini

bahaya bermain ponsel saat petir

Image dari Agu.org

Dulu, ketika turun hujan yang diiringi suara petir, saya seringkali diingatkan oleh ibu untuk mematikan segala sesuatu yang terhubung dengan listrik. Tidak hanya perangkat elektronik yang terhubung dengan listrik, saya juga diingatkan oleh ibu untuk tidak menggunakan ponsel. Dari apa yang diingatkan ibu, sejurus saya pun merespon.

Jika perangkat elektronik yang terhubung dengan antena mungkin saja saya akan lebih yakin untuk mematikannya saat hujan dan petir datang. Tapi untuk perangkat handphone, saya awalnya agak ragu dengan pernyataan ibu. Namun seiring berjalan waktu keyakinan saya akan pernyataan ibu semakin menguat. Penguatan ini sendiri didukung oleh beberapa kejadian fatal dan mengerikan yang pernah terjadi akibat pemakaian ponsel di saat hujan turun disertai petir ini.

Pikiran Berubah Saat Ada Sebuah Kejadian Terjadi

Berita yang muncul sontak membuat pikiran saya berubah saat itu. Berita ini memang mencengangkan, bagaimana tidak seorang pria bernama Jordan tersambar petir diketahui meninggal di  area pemakaman San Diego Hills saat dirinya asyik bermain ponsel saat cuaca mendung disertai petir.

Lebih detail diketahui saat itu Jordan memang sedang menggunakan perangkat handphone yang dimasukkan ke saku celana dan menjulur handsfree (aksesori audio ponsel) ke telinganya. Dari sinilah saya mulai takut untuk bermain ponsel saat hujan yang disertai petir. Tapi Benarkan demikian adanya? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 4 Bahaya Penggunaan Gadget Sebelum Tidur Bagi Kesehatan, Waspadalah!

Dua Pendapat yang Berbeda

Dalam kajian oleh beberapa pakar dijumpai dua hal yang berbeda dan bertolak belakang. Satu pendapat menyatakan bahwa penggunaan ponsel saat turun hujan disertai petir ini berbahaya namun dipihak lain menyatakan bahwa penggunaan ponsel saat hujan disertai petir masih aman-aman saja.

Pendapat pertama yang menyatakan bahwa penggunaan ponsel saat hujan disertai petir ini aman dinyatakan oleh dokter di Inggris. Dokter di Inggris ini menyatakan bahwa ketika seseorang disambar petir, arus listrik bisa mengalir di luar tubuh (external flashover) atau bisa juga mengalir di dalamnya. Dan benda-benda yang mudah menghatarkan listrik (bahan konduktif) seperti logam dan cairan, yang bersentuhan langsung dengan kulit, akan berpeluang mengalirkan arus listrik masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu jika dikaitkan degan beberapa kejadian tersambarnya pengguan listri saat hujan disertai petir maka bisa jadi hal ini terjadi. Sebab penggunaan hands free ponsel yang berkabel akan menjadi materi konduktif tersebut.

Pendapat kedua yang menyatakan bahwa penggunaan ponsel disaat hujan disertai petir itu aman dinyatakan oleh jurnal lembaga cuaca Amerika Serikat, NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration). Menurut jurnal NOAA tersebut dinyatakan bahwa penggunaan telepon seluler saat hujan disertai petir akan aman-aman saja. Alasannya menurut NOAA tidak ada penghubung langsung antara pengguna dan petir. Namun dalam keterangan selanjutnya NOAA menyarankan untuk menghindari penggunaan telepon kabel, misalnya telepon rumah yang bisa menghantarkan listrik ketika hujan disertai petir.

Minimalisir Resiko dengan Jalankan Tips Aman Berikut Ini

Meskipun masih ada saja anggapan yang tidak mempercayai bahwa kejadian ini sebagai akibat dari petir namun menurut saya alangkah baiknya jika kita meminimalisir resikonya. Hal ini dikarenakan adanya komponen-komponen materi penghantar listrik seperti logam dan kabel dalam ponsel yang berbahaya digunakan saat hujan atau ada petir. Maka dari itu untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya kita menerapkan beberapa tips aman berikut ini.

Tips Ketika di Luar ruangan

  • Jika cuaca memang diketahui sedang tidak bersahabat dan terutama ada petir, maka sebaiknya Anda menunda semua aktivitas.
  • Carilah tempat berlindung yang beratap atau masuk ke dalam rumah jika ada petir.
  • Jika Anda tidak mendapati tempat untuk berlindung, maka berjalanlah secara merayap atau merangkak. Pastikan posisi badan serapat mungkin dengan tanah atau bumi.
  • Hindari lantai beton dan dinding karena aliran listrik bisa merambat melalui kawat yang menjadi ranka beton atau logam besi.
  • Aturan 30-30 adalah hal yang perlu Anda perhatikan dalam petunjuk keamanan di saat petir ini. Aturan 30-30 maksudnya adalah sesaat setelah melihat kilat, mulailah berhitung hingga 30. Jika Anda kemudian mendengar bunyi geledek sebelum hitungan ke-30, segera masuk ke dalam ruangan dan pastikan untuk tak beraktivitas di luar hingga 30 menit setelah bunyi geledek terakhir.

Baca juga: Punya Smartphone? Beginilah 5 Tips “Nge-charge” yang Baik untuk Ponsel Pintar Anda

Tips Ketika di Dalam ruangan

  • Jangan beraktivitas dengan air pada saat badai petir, karena arus listrik petir bisa mengalir melalui pipa ledeng.
  • Matikan segala perangkat listrik sebab listrik petir juga bisa merambat lewat sistem elektrik serta sistem antena televisi dan radio.
  • Hindari lantai beton dan dinding serta jangan gunakan telepon kabel.






2 total comments on this postSubmit yours
  1. ya memang benar. kalau bisa jangan main hape saat cuaca buruk terutama diluar ruangan

  2. yah amannya mending jangan main ponsel saat hujan. mengurungkan niat sebentar saat sudah tidak kehujanan kan lebih baik.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud