Ingin Belajar WordPress Self Hosting? Cek Tutorial Lengkapnya di 6 Website Ini

Belajar WordPress Self Hosting

Anda ingin Belajar WordPress Self Hosting? Ada beberapa website yang bisa dijadikan rujukan lho.

WordPress merupakan salah satu platform yang sering digunakan oleh para webmaster untuk membuat blog saat ini. Selain mudah untuk dipelajari, CMS WordPress memang terbukti Powerful jika digunakan untuk membuat website profesional.

Menurut banyak internet marketer kelas dunia, WordPress memiliki lebih banyak kelebihan. Kelebihan WordPress yang paling menonjol adalah seperti mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun, memiliki banyak plugin, memiliki banyak pilihan Theme, sangat mudah menerapkan teknik #SEO, lisensi gratis, relatif lebih aman, dan masih banyak lagi.

Disini saya membahas tentang WordPress Self Hosting, bukan WordPress.com yang sangat banyak sekali limitasi dalam hal penggunaannya. Perbedaan yang paling mencolok diantara WP Self Hosting dan WordPress.com adalah dalam hal kebebasan fiturnya. Jadi kita bebas untuk menggunakannya tanpa batasan-batasan tertentu.

Namun dibalik semua fitur dan kemudahan dalam menggunakan CMS ini, banyak sekali dari kita, termasuk saya (6 tahun yang lalu) sangat susah dalam belajar karena tidak tahu harus belajar WordPress di mana. Maka dari itu, disini saya akan membantu Anda dalam memberikan informasi tempat belajar WordPress yang bagus untuk Anda yang ingin serius mendalami CMS yang satu ini.

Berikut ini adalah 6 website profesional yang bisa memberikan informasi lengkap mengenai cara-cara membuat blog dengan WordPress:

1. WordPress Official Website

Tempat belajar WordPress yang terbaik adalah website official dari WordPress itu sendiri (WordPress.org). Di dalam website ini, Anda dapat mempelajari kelebihan dari CMS WordPress dan juga bagaimana menggunakan CMS tersebut dari basic hingga mahir.

Semua materi yang ada di dalam website official dari WordPress memang sudah dibuat mudah dimengerti. Oleh sebab itu, jika Anda yang memang baru memulai belajar WordPress dapat memahami materinya dengan sangat mudah.

2. WordPress TV (Bahasa Inggris)

Website ini sangat cocok bagi Anda yang lebih mudah mempelajari sesuatu secara visual. Alasannya adalah karena materi panduan WordPress lengkap disuguhkan dalam bentuk video.

Selain itu, WordPress.TV tidak hanya memberikan materi-materi bagi pemula yang ingin belajar bagaimana cara membuat blog menggunakan WordPress. Website inipun memberikan materi-materi terbaru untuk orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menggunakan CMS WordPress.

Keunggulan lain dari WordPress TV ini adalah banyaknya member-member aktif yang saling sharing satu sama lain. Banyaknya member aktif di website ini jelas akan semakin mempermudah Anda yang baru mulai belajar WordPress. Anda bisa bertanya maupun bertukar pikiran langsung dengan member lainnya.




3. WPBeginner (Bahasa Inggris)

Website profesional tempat belajar Worpress pemula yang ketiga adalah WPBeginner (WPbeginner.com). Di website ini, Anda bisa mempelajari berbagai macam perbendaharaan kata yang sering digunakan di dalam WordPress.

Selain itu, WPBeginner juga memiliki banyak sekali artikel-artikel yang membahas secara detail mengenai pembuatan blog menggunakan CMS WordPress dari awal.

4. Lynda.com (Bahasa Inggris)

Bagi Anda yang benar-benar sudah serius ingin membuat blog menggunakan CMS WordPress, Lynda.com adalah salah satu website profesional yang bisa memberikan banyak sekali panduan dalam pembangunan blog.

Meskipun untuk mengakses seluruh artikel yang ada di dalam website ini Anda perlu menjadi member dengan membayar sebesar $25/bulan, namun ilmu yang akan Anda dapatkan jauh melebihi nominal tersebut.

Lynda.com memberikan banyak panduan mengenai pembuatan website, teknik marketing online, dan juga teknik fotografi untuk mendukung pembangunan website Anda.

5. The Tao of WordPress (Bahasa Inggris)

Selain Lynda.com, Anda juga bisa mendapatkan banyak tutorial WordPress lengkap di The Tao of WordPress (WP-tao.com). Website ini memiliki kurang lebih sekitar 300 halaman yang membahas secara lengkap tentang hosting dan juga software yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah blog profesional.

Jika materi yang tersedia di website ini masih belum cukup, Anda masih bisa mempelajari trik dan tips khusus pada buku yang berjudul “Wordpress Themes in Depth”. Terdapat setidaknya 450 halaman yang membahas secara lengkap mengenai tips, trik, dan juga saran-saran profesional tentang memilih tema untuk website Anda nantinya. Buku “Wordpress Themes in Depth” tersebut bisa Anda dapatkan di website The Tao of WordPress.

Baca juga: Internet Marketer: Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!

6. TutorialPemula.com (Bahasa Indonesia)

5 website rekomendasi belajar WordPress yang sudah kami bahas diatas adalah website luar dan pastinya berbahasa Inggris semua. Namun bagaimana jika Anda juga tidak begitu mahir bahasa Inggris? Nah, masalah bahasa inilah yang paling sering dialami oleh orang awam dalam memulai belajar CMS ini. Jangan khawatir, karena ada juga website lokal yang juga memberikan tutorial Gratis tentang langkah-langkah membuat WordPress secara lengkap mulai dari nol.

Tutorialpemula.com adalah solusi bagi Anda yang ingin belajar WordPress namun memiliki keterbatasan penguasaan bahasa Inggris. Website ini bisa dikatakan sebagai pondasi dasar dalam belajar membuat website jika Anda serius terjun di dunia online.

Semua materi dari kelima website tutorial WordPress yang sudah kita bahas sebelumnya sudah tersedia secara lengkap di Tutorialpemula.com. Anda bisa mempelajari tentang cara cepat install CMS WordPress, cara efektif posting artikel, optimasi permalink, cara install theme WordPress, cara install plug in penting, dan masih banyak lagi. Selain itu, Andapun bisa mendapatkan lebih dari 55 video yang membahas secara lengkap step-by-step mengenai bagaimana langkah mudah membuat blog yang professional menggunakan WordPress.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tentang WordPress di salah satu artikel Niagahoster yang berjudul Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula. Penjelasan tentang WordPress di artikel tersebut sangat cocok bagi mereka yang masih awam mengenai WordPress.

Tunggu apa lagi! Manfaatkan informasi yang sudah saya bagikan di artikel ini. Mulailah belajar WordPress dari 6 website profesional tersebut dan segera bangun bisnis online Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Aku baru migrasi nih mas, dr blogger ke wp self host jadi butuh penyesuaian.. btw situs beli template keren tapi murah dimana ya mas?

  2. Malam mas 1
    terkait pembahasan diatas ,saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan yang mungkin sangat saya perlukan .
    kebetulan saya sebagai pengguna blogger dan rencananya mau migrasi ke Self Hosting wordpress .
    1,Kira2 untuk webblog seperti ini ” alifathun-sidiq.blogspot[dot][com] ” memerlukan berapa kapasitas Bandwith – hosting ? jenis yang cocok (VPS,Share Hosting,dll)
    2.Apabila membuat Website Profil /yang hanya mencantumkan beberapa Halaman tanpa halaman posting,misal 5 halaman dalam bentuk statis page (alamat,kontak,fasilitas,dst) ,apakah sama halnya dengan kebutuhan yang diperlukan pada sebuah Blog/Website jenis Dinamis ?
    apakah diperlukan juga pemahaman tentang HTML,CSS,PHP,dll seperti halnya pada blogspot atau cukup beli template premium khusus saja (Only Pages) ?

    Besar harapan semoga mas bisa membantu saya sesuai pengalaman dan pemahaman mas ketika Pakai Hosting Berbayar.
    Terima kasih saya ucapkan dan Sehat selalu

    • Halo pak Alifathun,

      1. Itu tergantung berapa besar database dan berapa besar trafik yang masuk ke website bapak. Kalau database dan trafik website nya tidak terlalu besar bisa menggunakan share hosting. Beberapa hosting yang saya rekomendasikan:
      https://www.domainesia.com/hosting/
      http://dapurhosting.com/hosting-murah
      https://www.rumahweb.com/hosting
      https://www.jagoanhosting.com/hosting-indonesia
      https://www.niagahoster.co.id/hosting-murah

      2. Untuk membuat website statis untuk profil perusahaan, sebenarnya penggunaan hostingnya disesuaikan dengan kebutuhan. Menurut saya, website profile perusahaan itu tidak membutuhkan space untuk database yang besar tapi butuh server yang cepat dan aman. Berbeda dengan website dinamis yang membutuhkan disk space yang besar bila rajin update.

      3. Untuk WordPress sebenarnya tidak terlalu sulit, platform ini cocok untuk level pemula hingga expert. Desain website WordPress memang tergantung theme, sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak perlu harus ahli coding. Walaupun tidak harus paham coding tapi kita harus mengerti tentang penggunaan WordPress itu sendiri.

      • Untuk poin
        1. nanti saya coba dari masing-masing Webhosting yang mas rekomendasikan.
        2.Cepat dan aman ?? misalnya seperti penambahan SSL atau lebih kepada pemilihan Paket Hosting yang nantinya akan saya gunakan?
        3.Oh gitu ya ,memang sih mas dulu juga saya pernah pakai WordPress cuman yang masih .com / gratisan ,hanya saja ada keterbatasan dalam segi Fiture .

        NB :
        kalau untuk TRIAL Web yang disediakan di Rumahweb[com] ,sebenarnya itu jenis apa ya mas ,dulu saya pernah coba cuman penggunaannya tidak seperti halnya kita menggunakan wordpress maupun Blogger dan ketika dipublikasikan gak Responsive .
        Apa karena pengaruh dari costumnya itu sendiri karena secara langsung melakukan penyetingan halaman tanpa template atau apa ya ?

  3. Wah kebetulan banget nih, saya baru 2 hari ini buat blog niche untuk dioptimasi clickbank, mudah2an bisa belajar di sana, terutama di Tutotial pemula, untuk yang bahasa inggris saya nggak mudeng sih

    sekarang lagi kursus di AB, tapi baru bulan 1, jdi belum dapet banyak…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud