Belajar dari Yerusalem ~ Tempat Berkembangnya Peradaban Startup Dunia

Belajar dari Yerusalem ~ Tempat Berkembangnya Peradaban Startup Dunia

startup yerusallem

Kota apa yang memiliki perkembangan startup secara pesat?

Kota di Eropa atau Amerika ternyata bukan jawabannya. Mengenai Indonesia, perkembangan #startup di Indonesia memang tergolong pesat namun belum bisa menandingi pesatnya perkembangan startup di kota ini. Kota yang memiliki perkembangan startup paling pesat di dunia adalah Yerusalem.

Yerusalem : Perpaduan Antara Sejarah dan Sisi Modern

Semua orang tahu kalau Yerusalem adalah salah satu kota dengan peradaban tertua di dunia. Didirikan sejak ribuan tahun lalu dan menjadi salah satu pusat penyebaran berbagai jenis agama, Yerusalem kerap dikaitkan dengan sisi sejarah yang kental. Bahkan sejarah yang tertinggal di kota Yerusalem juga bisa dilihat dari peninggalan bangunan-bangunan dan situs bersejarah yang kaya akan informasi kebudayaan.

Tapi kini rupanya Yerusalem sudah bersiap untuk berbenah diri menuju kehidupan yang lebih modern. Bahkan majalah Times juga menjuluki Yerusalem sebagai 1 dari 5 kota startup paling menjanjikan di dunia. Perpaduan antara sejarah dan sisi modern ini membuat Yerusalem menjadi salah satu kota yang sangat unik dan menjadi sorotan dunia.

Artikel lain: Silicon Valley ~ Tempat Kelahiran Pusat Teknologi Dunia

Bidang Teknologi yang Berkembang di Yerusalem

Yerusalem menjadi tempat berkembangnya berbagai ekosistem teknologi baru, seperti #teknologi informasi, bioteknologi dan clean tech. Perkembangan teknologi yang futuristik dan ramah lingkungan ini tentu menarik minat dari para pelaku bisnis di sektor teknologi.

Setiap kerjasama yang dijalin antara pihak pengembang startup, investor, akselerator bisnis dan berbagai pihak lainnya bisa difasilitasi dengan baik di kota Yerusalem sehingga perkembangannya terbilang pesat dengan keberadaan ruang kerja bersama (co-working space) yang kondusif dan nyaman.

Pertumbuhan Komunitas Startup

Sebuah komunitas startup besar yang bernama “Made In Jerusalem” menjadi wadah yang membantu lebih dari 400 startup dan ribuan entrepreneur di Yerusalem. Melalui Made In Jerusalem, para penggerak startup akan dibantu untuk menemukan dan menjalin kerjasama dengan mentor, investor maupun mitra di bidang bisnis startup.

Hal ini tentu menjadi hal yang positif bagi perkembangan budaya teknologi di kota Yerusalem. Para penggiat teknologi yang sebelumnya tidak memiliki wadah untuk berkumpul, bertukar pikiran dan mengembangkan jaringan kerjasama kini bisa semakin aktif menyalurkan ide dan inovasi lainnya di bidang startup. Yerusalem menjadi kota yang lebih hidup dan “melek teknologi” berkat keberadaan komunitas-komunitas pendukung startup.

Baca juga: Mengapa Bandung Cocok Dinobatkan Sbg Sillicon Valley-nya Indonesia?

Dukungan dari Lembaga Pendidikan

Tidak hanya mendapat dukungan dari pemerintah dan komunitas startup, rupanya lembaga pendidikan di Yerusalem juga tidak ingin ketinggalan untuk ikut ambil bagian dalam perkembangan startup. Sejumlah institusi seperti Hebrew University dan lembaga pendidikan lainnya turut membangun ekosistem startup lokal di Yerusalem dengan menggandeng para SDM baru yang handal dan berkualitas.

Dengan segala upaya Yerusalem untuk membangun peradaban startup modern, maka tidak mengherankan kalau Tel Aviv menjadi kota pusat perkembangan #entrepreneurship terbesar kedua setelah kawasan Silicon Valley, Amerika Serikat. Ragam inovasi yang dilakukan di Tel Aviv semakin mengukuhkan Yerusalem sebagai salah satu pusat teknologi dunia.

Kalau Yerusalem saja bisa, berarti Indonesia juga pasti bisa melakukan hal yang sama. Yuk dukung Indonesia yang kita cintai untuk mewujudkan peradaban teknologi modern terbesar di dunia.

1 KOMENTAR

  1. Bagus, Yerusalem memang layak dijadikan tempat belajar! Makasih atas sharingnya mas

Tinggalkan Balasan