Belajar 3 Pilar Kerja dari Divisi Human Resources (HR) PT Frisian Flag dalam Menggaet Talent Berkualitas

memilih pegawai terbaik

Image dari Smallbiztrends.com

Setiap perusahaan pastinya ingin selalu mendapatkan calon karyawan yang bagus dan berkualitas. Namun untuk bisa mendapatkan talent atau karyawan yang bagus dan berkualitas ini bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya mereka pihak perusahaan melalui divisi HR (Human Resources) ini harus bisa membuat proses rekrutmen pegawai ini dengan tepat dan ketat.

Dan untuk bisa mendapatkan seorang talent atau karyawan yang terbaik dari yang baik ini ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan, dicermati dan diterapkan dalam proses rekrutmen tersebut. Untuk lebih jelasnya, kita bisa belajar dari perusahaan Frisian Flag yang bergerak dalam penyediaan susu untuk anak-anak.

Perusahaan yang sudah menjalankan usahanya selama 90 tahun ini memang memiliki catatan baik dalam mendapatkan talent atau calon pegawai yang berkualitas dan terbaik.  Lalu seperti apakah cara PT Frisian Flag untuk bisa mendapatkan talent yang baik untuk perusahaannya ini? Berikut ulasannya.



Kembangkan Tiga Pilar Kerja untuk Dapatkan Talent Terbaik

Untuk mendapatkan calon karyawan yang terbaik untuk mengisi posisi atau jabatan di perusahaan Frisian Flag ini HR Business Partner & Talent Management Manager, PT Frisian Flag Indonesia, Daman Wijaya, menjelaskan bahwa ada dua hal paling penting yang harus diperhatikan. Dua hal penting dalam rekrutmen pegawai tersebut adalah bagaimana menggaet talent berkualitas dan membangun calon pemimpin dari dalam.

Artikel lain: Temukan “Tangan Kanan” Bisnis yang Sempurna Dengan Tips Berikut Ini

Untuk mencapai kesuksesan dalam dua rekrutmen tersebut, Daman Wijaya membuat atau merancang tiga pilar atau tiga kerangka kerja HR di divisinya. Tiga rancangan yang akhirnya menjadi identitas atau sistem rekrutmen di perusahaan Frisian Flag tersebut yaitu keterikatan karyawan, talent dan manajemen yang adaptif.

1. Pilar Pertama : Keterikatan Karyawan pada Perusahaan dan Motivasi Kerja yang Tinggi

Pilar atau kerangka kerja pertama dalam rekrutmen di Frisian Flag adalah keterikatan karyawan pada perusahaan. Keterikatan karywan dalam perusahaan ini menurut Daman memang sangat penting karena dengan adanya hal ini karyawan akan merasa bangga dengan perusahaan dan akhirnya memiliki motivasi kerja yang tinggi. Menurutnya inilah yang harus dimiliki setiap perusahaan bila ingin mendapatkan talent yang terbaik. Jalankan hal ini dengan tujuan dan strategi yang jelas dan jangan ragu juga untuk menyampaikannya kepada seluruh karyawan.

Untuk lebih membuat sukses pilar pertama ini menurut Daman setiap perusahaan juga harus memperhatikan kultur kepemimpinan. Di level atas perusahaan yaitu pada jajaran direksi dan senior manager harus rutin membentuk sesi-sesi diskusi yang terbuka dan cair tentang visi dan misi perusahaan. Dalam sesi diskusi ini juga bisa digunakan untuk me-review atau mengevaluasi strategi yang telah dijalankan secara berkala.

2. Pilar Kedua : Pengembangan Talent Dari Dalam

Setelah menjalankan pilar yang pertama maka Anda perlu beralih ke pilar yang kedua yaitu pengembangan talent dari dalam. Dengan sistem yang telah mendukung dari pilar yang pertama maka pengembangan talent dari dalam ini seharusnya bisa berjalan dengan baik. Dalam pengembangan talent dari dalam ini sendiri ada dua fungsi yang harus dijalankan yaitu fungsi monitoring dan pemetaan potensi setiap karyawan.

Dengan dua fungsi ini maka usaha untuk memuluskan suksesi kepemimpinan biasanya akan berjalan dengan baik dan efektif. Dari sini juga fenomena kekosongan di pos-pos yang strategis juga akan bisa dihindarkan. Menurut Daman dalam suksesi dan pengembangan talent dari dalam ini perusahaan juga harus rutin menjalankan program edukasi korporasi dengan kurikulum yang jelas. Dari sini maka ada muncul kesamaan standar di levelnya masing-masing.

Baca juga: Ini 7 Tanda Karyawan Teladan, Pebisnis Wajib Baca!

3. Pilar Ketiga : Manajemen yang Adaptif

Terakhir, pilar yang dijalankan perusahaan Frisian Flag untuk mendapatkan talent berkualitas adalah dengan membuat manajeman yang adaptif. Maksudnya manajemen yang adaptif di sini adalah manajemen yang lincah dan mampu menyesuaikan dirinya pada perubahan yang terjadi dan kerap datang dengan tiba-tiba.

Hal ini memang sangat penting di era komunikasi dan #teknologi yang berkembang dengan cepat yang membuat dampak pada kondisi bisnis terkini.  Di sepanjang tahun 2015 sendiri menurut Daman memang banyak terjadi gejolak perubahan ekonomi  yang tidak kondusif. Dari nilai tukar rupiah terpuruk dan daya beli masyarakat ambruk, semuanya telah membuat perusahaan harus mampu cepat beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi ekonomi.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud