Ini Beberapa Kelebihan Parkir Modern Ala Aplikasi Smark

Image dari Twitter.com

Meskipun terkesan remeh sebenarnya masalah mencari tempat parkir bisa menjadi hal yang krusial. Jika memang kita mencari tempat parkir untuk acara umum mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Namun bisa dibayangkan jika kita sedang dalam kegiatan yang sangat penting dan diburu waktu, sedangkan untuk mencari tempat parkir saja kita harus menghabiskan beberapa menit.

Dari situlah banyak muncul solusi yang ditawarkan oleh para pengembang teknologi terutama yang menggunakan perangkat mobile. Salah satunya yakni Smark. Aplikasi Smark secara umum memiliki fungsi serupa dengan beberapa #aplikasi booking parkir lain yang sudah lebih awal terjun ke pasar.

Namun, aplikasi ini mengklaim mampu memberikan beberapa keuntungan lebih dibanding para pesaing.

Tentang Aplikasi Smark

Aplikasi Smark pertama kali diperkenalkan dan mulai aktif untuk masyarakat pada akhir bulan Maret 2017. Aplikasi ini memang memiliki kemiripan dari sisi fungsi dengan beberapa aplikasi booking parkir seperti the Jukir.co atau aplikasi dari developer luar, Parking Duck.

Menyasar segmen kelas menengah ke atas, Smark memberi beberapa kelebihan bagi para penggunanya untuk mengatasi permasalahan saat mencari lahan parkir.




Artikel lain: Aplikasi Obeng ~ Aplikasi yang Akan Membantu Anda Cari Lokasi Bengkel Kendaraan Saat Mudik

Diungkapkan oleh Kemal Putra selaku co founder Smark, awal ide terciptanya aplikasi ini adalah dari pengalaman 2 orang yakni Muhammad Syahril Sahib dan Alirizal Syarfuan ketika melihat kebutuhan akan tempat parkir yang tidak hanya aman namun juga nyaman. Saat itu di salah satu pusat perbelanjaan, terlihat bahwa mencari tempat parkir bukanlah hal yang mudah.

Mulai dari permasalahan tempat yang terbatas, hingga terkadang juga memberikan biaya parkir yang terlampau tinggi. Di sinilah Smark berupaya menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Perkembangan Aplikasi

Dengan pengalaman di bidang marketing serta periklanan, Kemal mencoba untuk mengkombinasikan kemudahan teknologi pada aplikasi Smark. Hal ini nampak menunjukkan perkembangan positif dengan jumlah unduhan aplikasi yang semakin meningkat. Meski baru pertama diluncurkan pada bulan Maret, namun atensi yang terlihat seperti contohnya dari komentar bisa dibilang cukup baik.

Salah satunya adalah ketika Smark menjalin kerjasama dengan pusat perbelanjaan besar di kawasan Jakarta yakni Grand Indonesia. Kerjasama ini merupakan langkah awal Smark untuk memperkenalkan layanan serta nantinya melakukan pengembangan pada lokasi lain.




Nantinya cara pengguna aplikasi Smark bisa melakukan semua proses mulai dari pemesanan hingga pembayaran biaya parkir lewat aplikasi. Khusus untuk pembayaran, Smark memiliki fasilitas pembayaran online yang disediakan oleh online payment, Doku.

Kemudahan Proses Parkir

Mengenai proses parkir, dijelaskan bahwa para pengguna aplikasi Smark tinggal memasuki area parkir dan melakukan scanning kode QR. Dari situ sistem akan menunjukkan dimanakah lokasi tempat parkir yang sudah dipesan. Tanpa harus bingung, nantinya juga ada bantuan dari petugas untuk membimbing pengguna menempati area parkir yang tepat.

Hingga saat ini aplikasi tersebut sudah diunduh kurang lebih 2000 kali. Selain itu melihat komentar yang masuk pada laman Google Play Store untuk aplikasi Smark, menunjukkan tanggapan positif dari sejumlah pengguna.

Pihak pengembang menyatakan hal ini sebagai pendorong agar nantinya semakin mengembangkan fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Fitur yang kemungkinan bisa kita temui pada layanan aplikasi ini beberapa waktu mendatang, mungkin terkait dengan detail informasi yang lebih rinci pada setiap pemesanan.

Lebih lanjut Kemal menyebut bahwa ada rencana untuk semakin memperlebar cakupan layanan dari aplikasi Smark. Mengenai sasaran, hingga saat ini yang menjadi target utama masih di sekitar area pusat perbelanjaan.

Baca juga: Masto ~ Aplikasi Mobile Pesan Layanan Kecantikan Dan Kesehatan Dengan Mudah

“Rencananya bulan Juni, kami akan finalisasi kontrak dengan enam pusat perbelanjaan, untuk sementara kami sekarang fokus kepada kolaborasi di Grand Indonesia ini” ungkap Kemal.

Mengenai pembiayaan, tercatat bahwa Smark masih dijalankan secara bootstrap selama masa pengembangan. Namun pihak pengembang tidak menutup kemungkinan untuk nantinya mempersilahkan para investor yang tertarik dengan model bisnis Smark.

Bagi rekan-rekan yang sering merasa kesulitan ketika mencari lahan parkir utamanya di pusat perbelanjaan grand Indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi yang satu ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud