Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Sistem Pre Order

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Sistem Pre Order

Sistem Pre Order
Image dari Continentalcurrency.ca

Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mulai menjalankan #bisnis online Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara sistem pre order. Sistem pre order sendiri adalah model bisnis yang dimana kita bersepakat dengan konsumen bahwa mereka harus membayar sejumlah uang di awal, baru kemudian barang akan datang selang beberapa waktu kemudian sesuai dengan kesepakatan di awal. Sistem ini cukup membantu bagi yang tidak memiliki modal besar, karena uang dari konsumen bisa digunakan sebagai modal untuk membeli barang terlebih dahulu.

Ada banyak pelaku bisnis online yang memulai membuka usahanya dengan menggunakan sistem pre order ini. Jika Anda ingin memulai bisnis online dengan menggunakan cara ini, maka ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda. Di bawah ini adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui agar sistem pre order yang Anda usung bisa maksimal dan bisa membuat bisnis Anda semakin berjalan lancar.

1. Pastikan Kualitas Produk Bagus

Kenapa demikian, ini karena kita berjualan sebelum barangnya ada, maka Anda sebagai penjual harus benar-benar memastikan bahwa produk yang dijual bagus kualitasnya. Karena jika sekali saja Anda mengecewakan konsumen, maka sistem pre order yang Anda jalankan akan mandeg. Dan itu tentu saja akan mempengaruhi bisnis yang sedang Anda mulai dan Anda kembangkan.

Atau akan lebih bagus lagi jika Anda mencoba terlebih dahulu produk yang akan Anda jual dengan sistem pre order tersebut, untuk sekedar memastikan kualitasnya. Intinya adalah jangan sampai ketika barang diterima oleh konsumen, justru konsumen merasa kecewa dengan barang yang Anda tawarkan tersebut atau komplain.

Artikel lain: Model Bisnis Kanvas ~ Memetakan Alur Bisnis Lebih Simple Dan Efektif

2. Tentukan Target Pencapaian Penjualan Anda

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan dan memetakan target penjualan Anda. Semakin besar target yang Anda incar, maka usaha Anda tentu juga harus semakin besar. Untuk menentukan target, Anda juga harus mempelajari kapasitas yang ada pada bisnis Anda, baik modal, asset, dan juga tentunya sumber daya yang Anda punyai.

Setelah mempelajari itu semua, maka Anda bisa menentukan target yang logis dari bisnis menggunakan sistem pre order ini. Jangan memaksakan diri dengan memasang target yang muluk-muluk jika kapasitas yang Anda miliki belum mencapai pada tahapan itu. Karena jika target yang Anda pasang terlalu besar, maka itu justru akan memberatkan langkah bisnis Anda sendiri.

3. Tentukan Media yang Anda Gunakan Untuk Memasarkan Produk

Kini, dengan kemajuan teknologi #internet, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis online ataupun membangun toko online. Ada banyak media yang bisa Anda gunakan, seperti media sosial, blog, atau juga market place. Pastikan Anda sudah memiliki semuanya untuk kemudian dimaksimalkan untuk kepentingan pengembangan bisnis dengan pre order ini.

Kemudian pastikan media mana yang Anda fokuskan untuk melakukan kampanye penjualan, Anda bisa menggunakan Fecebook misalnya, #Twitter ataupun Instagram. Atau Anda bisa menggunakan semuanya namun dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, Anda menggunakan Instagram sebagai sarana promosi saja, sedangkan untuk Facebook Anda gunakan untuk transaksi, atau cara lain yang Anda rasa cocok dan bagus untuk bisnis Anda.

4. Persiapkan Tim Yang Tangguh Untuk Bisnis Anda

Ketika Anda memutuskan memulai sebuah bisnis, maka Anda juga harus memikirkan tim kerja untuk mengelola bisnis tersebut. Meskipun mungkin bisnis Anda hanya kecil-kecilan saja, dan hanya dijalankan oleh beberapa orang, Anda tetap harus mempersiapkannya dengan matang. Kesiapan tim kerja akan sangat diperlukan untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Baca juga: Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

Jika bisnis online yang Anda jalankan sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan, maka Anda harus pandai menata tim kerja Anda agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Selalu siapkan tim untuk menghadapi pesanan besar, karena orderan besar atau membludak bisa datang kapan saja, dan jika Anda tidak siap menanganinya, akan membuat kacau bisnis yang menggunakan sistem pre order yang sudah Anda bangun itu sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait sistem pre order jika Anda ingin menjalankan bisnis online dengan sistem tersebut. Intinya adalah jangan sampai dengan sistem pre order yang Anda usung justru membuat para konsumen kecewa.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan