Pesona Batu Akik Kalsedon (Kaladen), Kilau Permata dari Pacitan

Pesona Batu Akik Kalsedon (Kaladen), Kilau Permata dari Pacitan

Batu Akik Kalsedon

Batu Akik Kalsedon – Batu akik jenis kalsedon adalah termasuk salah satu jenis batu akik yang paling banyak diburu. Batu akik jenis ini sering disebut kaladen, keleden atau di dunia internasional biasa dikenal dengan chalcedony. Dengan begitu banyaknya yang meminati batu akik jenis ini, tak heran jika harga batu ini melambung tinggi.

Tidak hanya di Indonesia, batu akik kalsedon juga begitu diminati oleh pehobi dari manca negara karena selain warnanya indah batu mulia jenis ini memiliki tingkat kekerasan sampai 7 skala Mohs. Batu yang di daerah asalnya akrab disebut dengan batu keladen ini pertama ditemukan di pacitan Jawa Timur oleh seorang ahli batu akik.

Berikut ini uraian lengkap batu akik kalsedon atau keleden.

Artikel lain: 7 Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Dicari Pecinta Batu Mulia

1. Awal Penemuan Batu Akik Kalsedon

Batu akik jenis kalsedon awal ditemukannya sekitar sepuluh tahun yang lalu oleh seorang ahli batu akik dari Pacitan. Dia adalah Mbah Paiman Timbul, ahli dan pengusaha batu akik dari Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan yang menemukan specimen batu mulia jenis keladen ini. Kemudian baru pada sekitar tahun 2013 batu ini dikenalkan pada publik.

Specimen pertama kali yang ditemukan adalah batu kalsedon dengan warna yang masih muda dengan dihiasi dengan sinar bias yang halus. Tapi inklusi yang terdapat pada batu yang ditemukan tersebut menunjukkan serat – serat yang kasar. Nah, baru belakangan ini fenomena batu dengan karakter serat seperti itu dikatakan fenomena batu kalsedon “punggung/kura-kura”.

2. Motif Batu Akik Kalsedon

Ada beberapa motif yang ada pada batu jenis kalsedon. Tak kurang ada empat motif yang begitu indah yang membuat batu jenis ini begitu diminati. Berikut ini motif batu akik kalsedon.

  • Motif Punggung Kura – Kura, motif ini yang jamak ditemukan dari batu akik jenis Kalsedon.
  • Motif Klep Moonstone, sesuai dengan namanya, batu ini jika diberi memiliki warna putih yang terang dan jika diberi cahaya senter akan menyerupai bulan.
  • Motif Klep Cat’s Eye, motif klep dengan kemilau garis tali yang memanjang dari ujung satu ke ujung lainnya.
  • Motif Bi-Colour dan Tri-Coluour Change, motif ini dimiliki oleh jenis Batu King Keladen – Golden Supreme.

Baca juga: 7 Tips Membeli Batu Akik Yang Asli, Jangan Sampai Tertipu!

3. Klasifikasi Batu Akik Kalsedon

Selain mempunyai beberapa motif, batu akik jenis keladen juga mempunyai banyak klasifikasi yang perlu Anda ketahui. Karena pad masing – masing klasifikasi dari batu akik ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini klasifikasi batu akik kalsedon.

  • Golden Supreme, klsifikasi jenis ini merupakan jenis batu akik terbaik dari jenis kalsedon. Sering juga disebut dengan jenis emas terbaik karena memiliki warna kuning kemasan menyerupai logam mulia emas. Di luar negeri batu klasifikasi ini sering disebut dengan Yellow Chalcedony.
  • Supreme Sunrise, untuk jenis klasifikasi ini tidak begitu jauh dengan jenis golden supreme, namun agak lebih muda warna kungninya. Jenis ini biasa disebut dengan Sinar Mentari Pagi Terbaik atau di pasaran mancanegara disebut Light Yellow Chalcedony.
  • Red Baron, batu kalsedon pada klasifikasi ini mempunyai nama lain batu Bangsawan Merah. Mempunyai warna merah dengan keemasan begitu mendominasi pada batu akik ini. Disebut juga Golden Reddish di mancanegara batu ini ditemukan oleh Kang Samidi seorang perajin asal Donorejo Pacitan dengan warna batu merah kristal yang begitu indah.
  • Princess Snow White, atau Putri Salju yang sering juga disebut sebagai batu White Chalcedony. Ada dua bagian dari batu ini yang dibedakan dari asalnya. Untuk yang berasal dari sungai disebut Princess Ndasar Calcedony Snow White sedang yang dari sungai Princess Snow White Chalcedony.
  • Prince atau Pangeran, yang jamak untuk klasifikasi jenis Pangeran memiliki warna hijau, abu – abu atau kuning serta pink. Yang khas dari jenis ini adalah ketika di kenai cahaya senter maka batu jenis klasifikasi ini berubah menjadi kuning muda. Yng termasuk dalam klasifikasi ini adalah jenis Prince Ndasar dan Prince Keladen.
  • Supreme Sunset atau Matahari Terbenam Terbaik dengan dominasi warna orange seperti matahari yang akan terbenam. Dalam pasaran di mancanegara disebut juga Orange Chalcedony.

10 KOMENTAR

  1. jual batu ni gan klasedon kaya yang di atas ni gan harga 2juta

  2. Minat batu red baron.giok aceh belimbing dah
    Idocrase dll.. Hub:085711364178.harga bisa nego..

  3. Yang minat keladen pacitan merah hub:085711364178.harga 1jt.

  4. Yang nyari red baron pacitan hubungi 087706765979 / 2B1195F8

  5. Yang minat batu red arwana Orange arwana dan yelow arwana asal kalimantan barat bisa hub saya di 081345413714/53cacf74..

  6. di Pacitan sendiri kalsedon red baron harga mulai Rp.1 jt.
    minat PM di twitter @aokyama

  7. Boleh juga tuh, aku pengen yg yellow brp?

  8. nasib fernando.p

    Pa widodo tinggl dmn mau d lepas brp tuh bongkahannya?

  9. wah jadi pengen punya batu kaladen, harganya berapa ya?

    • saya punya bongkahannya jika berminat…saya punya white kalsedony, lavender dan yellow

Tinggalkan Balasan