Batu Akik Giok ~ Keindahan Batu Akik Etnik Penuh Kharisma

Batu Akik Giok

Batu akik giok adalah salah satu dari sekian banyak batu akik yang banyak diminati para kolektor. Batu giok dengan kharisma keindahan yang mempesona menjadikan batu mulia ini semakin digilai para pecinta batu mulia. Di Indonesia sendiri banyak daerah yang memiliki kekayaan alam berupa batu giok. Salah satu yang paling diminati adalah batu giok dari Aceh.

Batu giok atau dalam dunia internasional di sebut dengan jade, sejak jaman dahulu memang terkenal memiliki keindahan yang luar biasa. Tak segan para raja pun memiliki nya untuk menikmati keindahan nya yang tiada tara. Selain itu, tentu saja batu akik giok dianggap memiliki tuah atau khasiat tertentu sehingga para raja maupun pembesar kerajaan memakainya.

Artikel lain: Sigori Lafau, Batu Akik Fenomenal yang Dibandrol Rp 15 Miliar

1. Pengertian Batu Akik Giok

Apa itu batu akik giok, mungkin masih banyak yang belum mengetahui secara detai sebenarnya bagaimana definisi yang dikatakan sebaga batu giok. Batu giok adalah termasuk salah satu jenis batu permata hijau dari jenis batu permata. Di dalam batu giok terkandung beberapa jenis mineral yang membuatnya menampakkan warna keindahan yang mengagumkan. Batu giok sendiri sudah menjadi perhiasan para raja terutama pada bangsa Timur ribuan tahun yang lalu.

Batu permata giok ini memiliki unsur mineral yang membentuk struktur batu menjadi keras, bahkan sangat keras. Kekentalan unsur yang ada di dalamnya disamakan dengan quartz yaitu antara 6 sampai 7 skala mohs di bawah intan, jamrud dan batu bacan.

Batu akik giok selama ini identik dengan Negeri Tiongkok, karena memang di negeri tersebut batu giok menjadi komoditi ekspor yang sangat menjanjikan. Asal batu giok sendiri sebenarnya sampai saat ini belum ada yang pasti, karena di Tibet, Tiongkok dan Birma juga ada, bahkan di negara kita sendiri juga memilikinya yaitu di Aceh.

2. Bentuk, Ukuran dan Model Batu Akik Giok

Untuk perhiasan, batu giok ini memang sangat menarik dan sangat diminati, apalagi bagi seorang wanita. Selain untuk perhiasan dan kecantikan, batu mulia ini menurut kabarnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam sejarah batu mulia, konon batu ini adalah satu – satunya jenis batu permata yang bisa diasah dan dibentuk dengan berbagai model dan ukuran. Banyak variasi model dan ukuran yang bisa dikerjakan untuk memoles batu akik giok, dari ukuran yang sangat kecil sampai ukuran jumbo.

Bentuk – bentuk yang detail untuk perhiasan semacam liontin, anting bisa diaplikasikan pada batu giok, bahkan tak jarang kolektor batu giok memiliki batu giok ukuran jumbo dengan berbagai bentuk, dari patung Buddha, patung naga, patung kuda sampai dengan bentuk yang sederhana seperti meja juga ada. Warna batu giok ternyata juga bermacam – macam, yang paling populer berwarna hijau, ada juga yang berwarna kuning, merah, putih juga ada.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Batu Akik Bacan, Si Cantik Dari Maluku Utara




3. Cara Membedakan Batu Giok Asli dan Palsu

Karena semakin banyak diminati dan harganya semakin melambung, menjadikan batu akik giok semakin langka. Keadaan ini memicu banyak oknum untuk memalsukan batu giok dengan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Perhatikan beberapa ciri batu giok berikut untuk membedakan batu giok asli dan batu giok palsu.

  • Batu Giok asli memiliki indeks warna yang kuat. Warna pada batu giok yang asli memiliki kepekatan yang padat, sehingga semakin memperindah batu tersebut.
  • Tidak berbubah warna, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan ( terkena sinar matahari ). Batu akik giok asli tidak mudah berubah warna, baik terkena sinar matahari langsung maupun tidak warna nya akan tetap sama. Biasanya pada batu giok yang palsu, ketahanan warna hanya bisa bertahan selama kurang lebih 2 tahun saja.
  • Batu Giok asli memiliki struktur halus dan berpadu. Kehalusan unsur yang menyusun struktur batu giok sangat halus dan memiliki keterpaduan yang sangat kuat. Jika batu giok palsu atau sintetis, struktur yang terdapat pada batu tersebut sering kasar dan terdapat goresan pecahan.

Demikian beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai batu giok untuk Anda semua. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda semua mengenai batu akik giok.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud