Banyuwangi Mall ~ Inovasi Pemerintah Banyuwangi Dorong UMKM Lokal Go Online

Banyuwangi Mall ~ Inovasi Pemerintah Banyuwangi Dorong UMKM Lokal Go Online

Banyuwangi Mall
Image dari Banyuwangi-mall.com

Tampaknya bukan saja pemerintah pusat yang akan menggenjot pertumbuhan bisnis #ecommerce yang sedang mengalami trend positif ini. Pemerintah daerah juga mulai menyadari bahwa keberadaan ecommerce saat ini adalah suatu keharusan untuk menjaga daya saing dan eksistensi sebuah bisnis. Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten yang mulai menyita perhatian masyarakat Indonesia dan bahkan dunia, kini mulai membangun bisnis ecommerce untuk produk UMKM mereka melalui market place Banyuwangi Mall.

Program peluncuran market place Banyuwangi Mall ini digagas oleh Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Banyuwangi Mall sendiri merupakan platform market place yang khusus mewadahi para pelaku bisnis UMKM Banyuwangi. Tentu ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa untuk mengangkat UMKM daerah bisa bersaing secara nasional.

Mendapatkan Apresiasi Dari Menteri BUMN

Dengan kehadiran market place digital Banyuwangi Mall, membuat Banyuwangi menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang bisa memfasilitasi penjualan produk #UMKM masyarakatnya melalui digital market place yang sudah terintegrasi. Peresmian dan peluncuran Banyuwangi Mall oleh Menteri BUMN Rini Sumarno bersama dengan Direktur Utama BNI, Achmad Baequni.

Menteri BUMN Rini Sumarno dalam sambutannya dengan bangga memberikan apresiasi pada terobosan yang sudah dilakukan oleh Banyuwangi. Terlebih lagi dengan sistem pembelian di Banyuwangi Mall yang simpel dan berkelas seperti situs belanja nasional dan internasional. Rini Sumarno semakin bangga dengan Banyuwangi Mall dengan melihat bahwa dua jam setelah peluncurannya, ternyata sudah tercatat hampir 200 transaksi dengan nilai mencapai Rp51 juta rupiah.

Artikel lain: EnterMea.com ~ Situs Inovasi Media Sosial Plus Ecommerce Untuk Hadapi MEA 2016

Dan yang paling menggembirakan, pembeli bukanlah berasal dari Banyuwangi saja, namun banyak juga dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Menteri BUMN juga yakin dengan keberadaan market place ini akan tumbuh semakin besar seiring nantinya tentu akan semakin banyak jumlah UMKM lokal yang bakal turut bergabung.

Aneka Produk Yang Ditawarkan Di Banyuwangi Mall

Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi menyebutkan bahwa inisiasi ini merupakan wujud dari dukungan aktif pemerintah untuk mengembangkan UMKM lokal Banyuwangi. Lebih dari itu juga untuk mendorong produk UMKM khas Banyuwangi agar lebih bisa bersaing dengan produk lain. Anas kemudian menambahkan bahwa pemasaran berbasis online saat ini adalah langkah bisnis yang wajib dilakukan. Dengan fakta bahwa pengguna #internet semakin hari semakin besar, maka tidak bisa tidak strategi pesaran produk juga harus bisa menyesuaikan diri.

Untuk produk yang ditawarkan melalui Banyuwangi Mall ini sangat banyak dan beragam. Mulai dari produk olahan makanan seperti produk khusus perikanan yang menjual sarden dan ikan asin, produk pertanian, produk kerajinan khas Banyuwangi, dan tak ketinggalan juga keragaman batik khas Banyuwangi dan juga pariwisata Banyuwangi yang ditawarkan melalui paket perjalanan ke sejumlah lokasi wisata.

Pelatihan Pelaku UMKM

Untuk meningkatkan kualitas produk UMKM lokal, Pemkab Banyuwangi melakukan beberapa pelatihan pada para pelaku bisnis UMKM. Tak kurang sekitar 5000 pelaku UMKM telah dilatih untuk didorong agar selalu meningkatkan kualitas produknya. UMKM itu dilatih dan dibekali secara khusus untuk masuk dan memanfaatkan market place yang telah disediakan.

Mereka, para pelaku UMKM akan digodok terlebih dahulu sebelum benar-benar siap untuk terjun dan bersaing melalui digital market place. Jika kemudian mereka dirasa belum memiliki kesiapan, maka akan diarahkan dan dibina sampai mereka benar-benar sudah siap.

Baca juga: WarungRakyat.com ~ Platform Bisnis Online Berbasis Dropshipping di Indonesia

Pemkab Banyuwangi juga membentuk “Rumah Kreatif” dimana di sini ada banyak sekali aktivitas dan kegiatan yang mendukung pusat operasional Banyuwangi Mall. Kegiatan yang bersifat operasional seperti pemotretan produk, pengiriman barang, penanganan pesanan, administrasi dan juga desain grafis untuk UMKM juga dilakukan di “Rumah Kreatif” ini.

Bahkan bukan saja masalah operasional saja, setiap produk yang akan masuk Banyuwangi Mall harus diperiksa di Rumah Kreatif. Di Rumah Kreatif sebuah produk akan diperiksa kelayakan mutu dan kemasan produknya. Jika belum layak maka akan diarahkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk difasilitasi uji laboratorium yang tentunya gratis.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan