Bangun Fans Base Di Facebook Dengan Tips Berikut Ini

fans base di facebook

Image dari Adweek.com

Saat ini media sosial telah menjadi salah satu alternatif memperkenalkan bisnis yang paling populer. Dengan keunggulan banyaknya orang yang terlibat di dalamnya, media sosial telah berubah layaknya kolam besar berisi jutaan ikan yang siap kita pancing dengan kail bisnis kita.

Kelebihan lain dari menggunakan #media sosial sebagai platform promosi adalah adanya keterkaitan atau engagement antar pengguna. Dalam beberapa kondisi keterkaitan ini bisa kita manfaatkan untuk membangun sebuah event atau basis penggemar. Apakah keuntungan mempunyai basis penggemar pada media sosial?

Contoh yakni pada situs Facebook, mempunyai fans base yang loyal di Facebook dapat memberikan beberapa keuntungan bagi perkembangan bisnis kita. Selain mereka akan terus menggunakan produk atau layanan kita, setiap dari anggota fans tersebut secara tidak langsung akan menjadi agen promosi yang bisa memperkenalkan bisnis kita kepada lebih banyak orang lagi.

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Pemasaran Bisnis Via Media Sosial

Bagi rekan-rekan yang mempunyai fokus membangun basis penggemar di #Facebook, berikut ini beberapa tips tentang bagaimana membangun dan menjalankan fans base di Facebook yang optimal.




1. Tentukan Target Fans Base di Facebook

Tahap pertama untuk bisa membangun sebuah kasus penggemar atau fans base di Facebook adalah menentukan target pasar yang tepat. Seperti basis penggemar lainnya,  harus menyesuaikan penggemar seperti apa sih yang tepat dengan bisnis kita.

Sebagai contoh apabila kita menjalankan sebuah bisnis UKM, akan lebih maksimal jika kita mempunyai basis penggemar yang berasal berdasarkan letak geografis. Mengapa harus seperti ini? Karena umumnya UKM mempunyai cakupan bisnis di satu wilayah tertentu. Jika kita bisa menarik minat pengguna Facebook yang ada di wilayah tersebut, maka akan lebih mudah bagi kita untuk dikenal masyarakat luas.

Penentuan target pasar yang akan menjadi penggemar di Facebook juga bisa disesuaikan berdasarkan usia atau jenis kelamin. Untuk masalah ini, kita sebenarnya sudah diberikan fasilitas oleh platform Facebook itu sendiri. Kita tinggal menargetkan jenis konsumen, maka Facebook akan menyesuaikan dengan sistem targeting yang ada di dalamnya.

2. Sesuaikan “Gaya” Dengan Jenis Penggemar

Langkah berikutnya setelah menemukan target penggemar yang pas adalah merancang gaya penyampaian yang sesuai dengan target penggemar tersebut. Gaya penyampaian di sini meliputi seperti pemilihan bahasa ketika menulis status atau jenis konten-konten yang dibagikan di Facebook.

Sebagai contoh jika bisnis kita menyasar target penggemar di usia muda, tentu mereka akan lebih cepat tertarik jika kita memberikan status-status yang lucu atau menarik serta gambar pendukung yang juga eye catching. Jika target konsumen kita berada di rentang usia dewasa atau tenaga profesional. Baik dari gaya bahasa akan lebih pas jika kita menggunakan bahasa yang formal serta dibumbui konten yang informatif. Hal seperti ini sangat tergantung dengan target fans base kita sendiri.




3. Membangun Pilar Konten

Dalam setiap bisnis mempunyai ranah yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Dalam hal ini konten yang akan kita bagikan di Facebook juga akan berbeda-beda sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Upayakan agar konten tersebut benar-benar dapat diterima dan bermanfaat bagi fans base kita.

Sebagai contoh apabila bisnis kita bergerak dalam bidang game online, pilar konten yang bisa dipilih yakni yang berhubungan dengan teknologi, perangkat gaming serta informasi seputar dunia. Dalam menentukan pilar content, akan lebih baik jika kita tidak mengambil terlalu banyak tema. Tiga tema saja dirasa sudah cukup asal kita menggarapnya secara maksimal.

Baca juga: 6 Teknik Meningkatkan Interaksi Pada Facebook Fanspage Anda

4. Sempurnakan Dengan Promosi

Seperti diketahui saat ini Facebook mempunyai layanan periklanan yang tak kalah efektif dibanding layanan periklanan online lain seperti Google Adsense atau yang lainnya. Selain banyaknya pengguna, kelebihan lain saat menjalankan #promosi Facebook adalah banyaknya fitur penting yang dapat kita gunakan.

Untuk urusan membangun fans base, metode menggunakan layanan periklanan juga sangatlah efektif. Memang benar jika dengan metode ini kita memerlukan biaya tambahan. Namun kita harus memandang biaya iklan ini sebagai investasi jangka panjang. Karena dengan besarnya basis penggemar yang terjaring lewat layanan ini nantinya, tentu akan memberikan keuntungan yang luar biasa di kemudian hari.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud