Bahaya Bermain Pokemon Go Yang Perlu Anda Perhatikan

bahaya bermain Pokemon Go

Image dari Brunchnews.com

Fenomena game Pokemon Go memang sangat luar biasa. Demam Pokemon Go ini melanda segala lini masyarakat, mulai dari orang bisa, anak-anak sampai artis dunia pun keranjingan bermain Pokemon Go. Game yang mengajak para pemainnya untuk bertualang ini diklaim kaya manfaat bagi para pemainnya diantaranya adalah manfaat kesehatan. Hal ini karena Pokemon Go mengajak para pemainnya untuk selalu berjalan ke luar ruangan untuk berburu monster.

Meski Pokemon Go diklaim memiliki banyak manfaat, namun tetap saja ada banyak sisi negatif yang juga perlu Anda ketahui. Di bawah ini adalah beberapa bahaya yang mungkin saja ditimbulkan dari aktifitas bermain Pokemon Go baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

1. Kemungkinan Serangan Malware

Sebelum game Pokemon Go benar-benar dirilis secara resmi di Indonesia, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pengguna android adalah dengan download file APK kemudian diinstall di #Android mereka. Namun, perlu diketahui bahwa mengunduh file APK dari situs selain Google Playstore ini memiliki potensi yang berbahaya.

Tidak ada jaminan keamanan dari file yang diunduh karena dari pihak ke tiga. Kepopuleran Pokemon Go ini dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat APK Pokemon Go yang sudah disusupi malware. Untuk itu, jangan sembarang unduh file APK, pastikan Anda memperoleh dari situs yang terpercaya.

Artikel lain: Mau Tahu Cara Download Pokemon Go? Ini Tutorial Singkatnya!

2. Ancaman Bahaya Kejahatan

Salah satu tugas dalam permainan Pokemon Go adalah menyuru pemainnya untuk berjalan keluar dan berburu Pokemon liar di berbagai tempat. Nah, dari sini sering muncul potensi bahaya karena para pemain terlalu fokus pada pemburuan monster Pokemon. Sehingga mereka sering tidak sadar bahwa mereka sedang berada di luar ruangan yang tentunya ada banyak ancaman kejahatan yang mungkin saja menargetkan Anda sebagai korban.

Di Jakarta sendiri ada kasus pemain Pokemon yang hampir saja kehilangan #smartphone milikinya karena direbut oleh segerombolan orang tak dikenal.

3. Ancaman Bahaya Kecelakaan

Selain bahaya terjadinya kejahatan, para pemain Pokemon Go juga rawan akan bahaya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Yang paling sering terjadi adalah kecelakaan ringan seperti terpeleset, jatuh dalam got, keseleo sampai pada menabrak tiang. Kasus kecelakaan ringan seperti ini sudah muncul beberapa di berbagai negara bagi para pemain Pokemon Go.

Bahaya yang lebih parah adalah ketika para pemain Pokemon Go bermain sambil berkendara, baik mobil maupun motor, karena sangat rawan kecelakaan baik kecelakaan tunggal maupun kecelakaan dengan pengendara lain.

4. Membuat Pemainnya Lupa Waktu

Nah, ini sepertinya penyakit kebanyakan game yang disukai, mereka para pemain game ini sering lupa dengan waktu. Terlebih lagi game Pokemon Go yang sedang heboh ini, sangat berpotensi mengacaukan jadwal Anda. Pekerjaan bisa terganggu, belajar ataupun rutinitas Anda yang lain juga berpotensi terganggu.




Dan jika Anda adalah seorang pekerja, maka resiko tinggi dengan ancaman pemecatan karena kecanduan bermain Pokemon Go. So, bagaimanapun juga Anda harus tetap pandai-pandai mengatur waktu agar tidak mengganggu aktivitas utama Anda.

5. Menimbulkan Konflik Dengan Orang Lain

Ini juga sangat berbahaya sekali, ketika Anda sedang asyik berburu monster kemudian masuk ke tempat asing dan ternyata orang di sana tidak mengerti apa yang sedang Anda lakukan, maka Anda bisa dicurigai akan berbuat jahat.

Potensi kesalahpahaman ini sangat tinggi, mengingat game ini akan meminta pemainnya untuk berjalan ke luar ruangan untuk mencari di berbagai tempat terbuka. Selain itu, potensi konflik dengan sesama pemain Pokemon Go juga cukup tinggi, karena Pokemon juga bisa di adu di satu tempat yang berdekatan (Pokemon Gym).

Baca juga: Tips Aman Bermain Pokemon Go Agar Tidak Bahaya Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain

6. Pemborosan Baterai Smartphone

Penggunaan #aplikasi game Pokemon Go ini ternyata sangat menguras baterai pada smartphone. Karena dalam menggunakan Pokemon Go harus terhubung dengan internet dan harus menggunakan fungsi aplikasi GPS. Jadi, jika Anda ingin nyaman bermain Pokemon Go, bawalah power bank untuk berjaga-jaga agar baterai tidak habis di tengah-tengah asyik bermain Pokemon Go.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud