Bahasa Marketing yang Sangat Ampuh untuk Pemasaran Online

Bahasa-Marketing-yang-Sangat-Ampuh-untuk-Pemasaran-Online

Menjalankan #bisnis online tampaknya memang mudah untuk dilakukan. Bermodalkan seperangkat komputer, gadget, atau smartphone dengan koneksi internet, kita dapat segera memulai bisnis online saat itu juga. Namun ternyata ada persoalan lain yang timbul dari kemudahan tersebut.

Menjalankan bisnis melalui internet membuat kita harus pandai-pandai memanfaatkan media yang ada untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kita tak bisa lagi menggunakan mimik wajah dan gesture yang bersahabat untuk meyakinkan calon pelanggan. Namun, sebagai gantinya kita dapat memanfaatkan deretan kata-kata, gambar, file suara dan video untuk berusaha meyakinkan calon pelanggan.

Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan ketika mengelola bisnis online adalah dengan memperhatikan diksi (pemilihan kata) atau bahasa marketing dalam usaha online yang Anda jalankan. Pemilihan kata yang tepat dan digunakan pada waktu yang tepat ternyata sangat efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Apa saja sih bahasa marketing yang powerful dan biasa digunakan para pebisnis online? Untuk mengetahuinya, mari simak dulu ulasannya berikut ini:

Artikel lain: Sebenarnya, Apa itu Internet Marketing?




1. Anda atau Kamu?

Penggunaan kata Anda yang terdengar sangat simpel ternyata sangat efektif untuk mulai menjalin hubungan baik dengan calon pelanggan. Kata Anda biasanya terdengar sangat profesional, sopan dan terkesan interaktif. Selain itu, untuk menciptakan kesan santai dan bersahabat, para pebisnis online juga dapat menggunakan kata kamu atau you ketika berinteraksi dengan calon pelanggan.

Namun di sisi lain tak jarang pula akun #media sosial perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan kata kamu untuk mengakrabkan diri dengan target pelanggan mereka. Hal ini mungkin lebih banyak digunakan dalam tahapan dimana kita sudah cukup dekat dengan pelanggan atau misalnya dalam suasana event khusus seperti sebuah campaign kuis online agar percakapan terkesan lebih santai. Dalam hal ini memilih sapaan yang tepat akan menjadi kunci sukses pelanggan anda betah menjalin hubungan bisnis di kemudian hari.

2. Kata “GRATIS” yang Powerful

Hampir semua orang akan merasa tertarik ketika mendengar kata gratis. Kata gratis sangat identik dengan produk yang murah, diskon besar-besaran atau produk yang bisa diperoleh secara cuma-cuma. Sepertinya kata gratis ini memang memiliki efek magis yang sangat powerful untuk membuat orang-orang membeli produk anda walaupun gratisan tersebut bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Misalnya saja, beli 2 gratis 1, atau gratis produk minyak goreng 2 liter (setelah pembelanjaan senilai Rp 500.000,-). Hmm, tetap kedengaran seru kan… tapi yang perlu kita perhatikan yakni jangan sampai menipu konsumen bersenjatakan kata “gratis”. Pasalnya ini akan menjadi senjata makan tuan jika para konsumen yang sudah kepincut ternyata sadar ada upaya penipuan.

3. Membuat Kesan Atraktif dengan Kata “NEW”

Kata new ternyata sangat efektif untuk meningkatkan rasa penasaran calon pelanggan anda. Mereka akan menaruh ekspektasi yang tinggi mengenai new spesification, new design, new technology atau new innovation. Walaupun pada kenyataannya tak banyak peningkatan atau keunggulan berbeda yang anda tawarkan, namun kata new ini tetap efektif untuk membuat calon pelanggan tergoda dan mencoba membeli produk Anda.




Artikel lain: 5 Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

4. Kata ”AMAN” yang Membuat Nyaman

Penggunaan kata aman memang sangat diperlukan untuk sejumlah produk tertentu seperti makanan, minuman, obat-obatan herbal dan zat pembasmi nyamuk. Pastikan untuk melakukan riset mengenai keamanan produk anda sebelum menggunakan kata “aman”.

Bila perlu, ajukanlah izin pada departemen kesehatan untuk menjamin legalitas dan keamanan kandungan produk anda. Kata aman yang dapat anda nyatakan dan berikan kepada pelanggan akan membuat pelanggan mempertahankan loyalitas mereka.

5. Kehebatan kata “GARANSI”

Kata garansi memang sangat efektif untuk meyakinkan calon pelanggan yang masih kurang yakin dengan segala aktivitas belanja online. Kata garansi akan membuat mereka yakin akan keraguan-keraguan seperti ketakutan ditipu, takut barang tidak sesuai dengan foto-foto di dunia maya, takut akan risiko kerusakan dan berbagai bentuk ketakutan lainnya. Gunakan kata garansi yang sesuai dengan kualitas pelayanan yang dapat Anda berikan.

Sertakan pula ketentuan mengenai garansi yang Anda maksud secara detail agar pelanggan tidak salah paham dan merasa tertipu. Kata garansi juga akan memberikan kesan service after sales yang baik untuk membangun branding bisnis online Anda menjadi bisnis yang berkualitas dan terpercaya.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

Nah, melalui ulasan ini sekarang anda dapat lebih teliti dalam memilih kata-kata yang tepat untuk menarik calon pelanggan anda. Hendaknya pemilihan kata-kata yang efektif dalam bahasa marketing juga dibarengi dengan inovasi dan pelayanan yang memuaskan agar Anda dapat senantiasa mengungguli persaingan bisnis online yang semakin ketat.

“Success in business requires training, discipline and hardwork” – Proverb



10 total comments on this postSubmit yours
  1. ini sangat joos banget mas , saya sendiri sering mengaplikasikan bahasa bahasa ini untuk berjualan online

  2. Min Untuk kata – kata promosi menarik berbeda dengan yang lain pada bidang penjualan mobil baru ?

  3. Mantap kata2 nya mas…semoga saya bisa memanfaatkan ilmu ini mas

  4. ijin praktek gan..ta coba di toko online kami. terima kasih

  5. Saya sendiri pernah mempraktekkan cara-cara tersebut,dan kebetulan saya pernah memiliki toko online kecil-kecilan,memang cara tersebut terbukti bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  6. garansi,gratis,bonus udah saya gunakan,tapi kok masih sepi pengunjung juga ya

  7. Artikel yang sangat menarik, Enak di baca tetapi sangat sulit untuk di praktekan, apa lagi seperti saya yang bermodal kecil dan baru di bisnis online

  8. wah bombastis banget tipsnya.. yg penting bisa mendongkrak penjualan dan g memakai cara2 kotor pasti akan saya coba.. nice info gan :)

  9. Artikel menarik. Kebetulan saya mengelola website pemasaran mobil KIA (www.sumbermobilkia.com). Hal-hal di atas adalah hal-hal yg biasa dilakukan oleh para marketing mobil dari merk apapun.

    Kira-kira ada kiat jitu apa lagi sekiranya kita ingin mencoba menaikkan pemasaran dengan menjaring konsumen melalui media online? Trimakasih.

  10. Nice… haahaha dapat istilah darimna tu boz.. lumayan juga idenya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud