Bagaimana Memilih Bisnis yang Menjanjikan?

Memilih-Bisnis-yang-Menjanjikan

Apa yang dimaksud dengan bisnis yang menjanjikan? Mungkin kebanyakan orang akan berpendapat bahwa kata “menjanjikan” yang dimaksud adalah menjanjikan keuntungan yang besar. Tentu saja semua orang yang menjalankan bisnis memiliki harapan bahwa bisnisnya akan memberikan keuntungan dan bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang lebih besar.

Sayangnya saat ini banyak orang yang salah dalam memilih bidang bisnis, sehingga bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian. Faktor terbesar dalam masalah ini biasanya adalah kurangnya informasi, tidak memiliki jaringan, tidak ada mitra, dan kurangnya wawasan yang memadai. Sebelum memulai sebuah bisnis, pastikan Anda bukan orang yang kurang informasi dan wawasan dalam model bisnis yang akan digeluti. Silahkan menyimak tips singkat berikut ini.

Menjanjikan Berarti Kepastian

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan bisnis yang menjanjikan. Selain mengetahui potensi keuntungan sebuah bisnis, kita juga harus memahami berbagai resiko dalam menjalankan sebuah model bisnis. Ada pasang surut dan perputaran roda bisnis yang dinamis, di sinilah kita harus siap saat berada di atas maupun saat di bawah dalam perjalanan bisnis tersebut.

Ini artinya bahwa sebuah bisnis yang menjanjikan tidak berarti akan menjadi kepastian kesuksesan bagi seseorang. Semua justru dikembalikan kepada kita, apakah produk dan jasa yang kita tawarkan memang dibutuhkan khalayak ramai, apakah strategi bisnis yang dijalankan sudah baik, dan seberapa banyak kompetitor yang ada.

Artikel lain: 5 Peluang Bisnis Yang Cemerlang di Bulan Ramadhan

1. Memilih Bisnis Yang Cocok Dipasarkan Dijamannya

Bisnis yang menjanjikan biasanya adalah bisnis yang bisa mengikuti perkembangan jaman, atau dengan kata lain adalah bisnis dengan produk atau jasa yang cocok pasarkan pada jaman ini. Sebagai contoh, rokok adalah produk yang sudah cukup lama ada namun saat ini peminatnya masih besar meski mengundang banyak kontroversi terutama masalah kesehatan. Sedangkan radio tape, dahulu menjadi barang elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Namun saat ini peminatnya sudah mulai berkurang mengingat perkembangan jaman yang pesat dan posisinya sudah tergantikan dengan ponsel pintar maupun komputer.

Contoh lainnya adalah jasa warung telefon (Wartel) yang saat ini juga sudah benar-benar tidak menjanjikan karena penggunaan ponsel sudah menjadi pilihan utama masyarakat. Jadi penting untuk memilih bisnis dengan produk yang masih diminati. Para pebisnis juga harus berani melakukan inovasi pada bisnis mereka agar tetap sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Perhatikan Contoh Bisnis yang Sudah Ada

Memiliki ide bisnis sendiri atau melakukan inovasi pada bisnis yang sudah dijalankan adalah sesuatu yang baik untuk kita lakukan. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan beberapa contoh bisnis lain atau melihat berbagai contoh bisnis yang sudah ada dan dianggap menjanjikan.

Kita tahu bahwa saat ini bisnis jual beli online sedang mengalami perkerkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Nah, ini bisa menjadi salah satu alteratif yang bisa kita pertimbangkan, tentunya keberhasilan bisnis online juga tergantung produk yang kita pasarkan dan cara pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan. Kalau memang menurut Anda bisnis online sangat menjanjikan, mengapa tidak memulainya dari sekarang?

Artikel lain: Belajar Menjadi Wirausahawan yang Baik




3. Tidak Harus Berhubungan dengan Teknologi

Seberapapun pesatnya teknologi saat ini, manusia tetap butuh asupan pangan yang berasal dari alam. Tidak mungkin manusia akan makan ponsel, rakitan board atau sejenisnya. Di sinilah peluang usaha bagi mereka yang enggan berbisnis berbasis teknologi, tentunya pemasarannya kita tetap bisa memanfaatkan media internet. Agrobisnis masih menjadi usaha yang menjanjikan karena manusia masih menggantungkan hidupnya dari pertanian dan peternakan.

Jika belum menemukan cara bagaimana menjalankan bisnis peternakan yang baik, Anda bisa bergabung dengan semacam perusahaan kemitraan broiler dan sejenisnya yang sudah memiliki sistem. Contoh lain agrobisnis diantaranya adalah perkebunan, akuakultur, peternakan sapi, pemerahan susu, dan lain-lain.

Agrobisnis adalah salah satu bisnis yang akan terus dilirik oleh para pengusaha karena bisnis ini memang menjanjikan dan telah menelurkan banyak miliuner. Kita bisa berperan sebagai pemilik agrobisnis maupun sebagai distributor atau juga sebagai ritel produk agrobisnis untuk dijual kembali. Bisnis ini tetap bisa dikaitkan dengan teknologi masa kini, terutama untuk langkah pemasarannya secara online.

4. Waralaba dan MLM adalah Bisnis yang Menjanjikan

Jika Anda lebih berminat dengan bisnis kemitraan, tentu ini bukan langkah yang keliru. Satu-satunya hal yang bisa membuat kita keliru adalah ketidakcocokan produk yang ditawarkan di daerah Anda. Hampir sebagian besar bisnis waralaba pada mulanya adalah bisnis yang biasa-biasa saja dan kemudian menjadi sukses. Dalam bisnis waralaba kita diperbolehkan menggunakan serta memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual maupun penemuan dan ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Sedangkan bisnis MLM yang terkenal dengan skema jaringan, sebenarnya juga merupakan bentuk bisnis yang sangat bagus. Jika Anda memiliki jiwa sales/marketing maka bisnis MLM adalah model bisnis yang cocok mengingat hampir sebagian besar kegiatan di bisnis MLM adalah memasarkan produk.

Baca juga: Bisnis Agen Tiket Pesawat ~ Melesat Bersama Peluang yang Menjanjikan

Nah di atas tadi adalah beberapa tips dan saran bagaimana memilih bisnis yang menjanjikan. Bukan sesuatu yang sulit, namun Anda harus benar-benar jeli melihat peluang yang ada.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud