Awal 2016, Fitbit Kuasai Industri Wearable Device

wearable device

Image dari Post-gazette.com

Pada beberapa ulasan yang lalu kita sudah pernah membahas berbagai jenis produk teknologi yang saat ini semakin trend dan digandrungi oleh penggunanya. Salah satunya yakni wearable device atau perangkat teknologi yang dapat dipakai atau dilekatkan pada tubuh kita.

Konsep wearable device sendiri memang sudah cukup lama muncul, namun pengaplikasiannya terhadap teknologi modern memang semakin bervariasi dengan fungsinya yang juga kian beragam. Mulai dari smartwatch, digital band hingga beragam jenis wearable device lain semakin banyak diminati karena kemudahan yang ditawarkan oleh produk tersebut.

Dan yang unik dari fakta perkembangan industri produk wearable device adalah, ternyata memasuki tahun 2016 pabrikan teknologi yang menguasai industri ini justru bukan dari nama-nama besar seperti Apple ataupun Samsung. Karena yang saat ini menduduki puncak tahta produsen dengan penjualan wearable device terbesar di dunia adalah Fitbit. Dengan penjualan di atas 4,8 juta unit, Fitbit masih termasuk unggul dibanding para pesaing bertanya.

Industri Wearable Device Di Awal Tahun 2016

Sejak 2 tahun yang lalu, industri wearable devices terus menunjukkan geliatnya sebagai salah satu produk teknologi yang paling dibutuhkan saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang disuntikkan ke dalamnya, praktis kebutuhan akan produk multifungsi tersebut juga ikut terkerek naik.

Melihat kembali pada tahun 2015 yang lalu, salah satu perusahaan riset teknologi, IDC telah merilis data tentang perkembangan industri wearable device di seluruh dunia. Di akhir tahun 2015, tepatnya pada Kuartal IV, #Apple masih menduduki puncak produsen penghasil variable device dengan jumlah penjualan mencapai 5 juta unit. Dengan produk andalan yakni Apple Watch, pabrikan yang satu ini terasa sangat dominan dibanding dengan pesaing lainnya.




Artikel lain: Mau Hidup Sehat? Cobalah 5 Wearable Device Canggih Berikut Ini

Namun memasuki awal tahun 2016, ternyata prestasi yang diraih Apple belum dapat dipertahankan dengan baik. Dari awalnya mencapai 5 juta unit, pada kuartal I tahun 2016, Apple hanya mampu mencatat penjualan 1,5 juta produk saja. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, karena pada kenyataannya produk wearable device masih terus dibutuhkan dan menunjukkan peningkatan.

Jawabannya adalah, karena kini pesaing lain juga terus menggenjot bisnis agar dapat mengejar ketertinggalan. Terbukti di tahun 2016 ini, yang menduduki posisi pertama produsen teknologi dengan penjualan produk wearable device terbesar justru dipegang oleh Fitbit. Perusahaan yang berbasis di San Francisco, Amerika ini mencatat penjualan hingga 4,8 juta unit wearable device hingga April lalu.

Sedikit mengulas tentang perusahaan Fitbit, memang sudah mulai menunjukkan potensinya sebagai pesaing pada industri wearable mulai pertengahan tahun lalu. Meski terbilang belum sebesar Apple maupun Samsung, Fitbit dirasa sudah cukup mumpuni untuk masuk dalam persaingan antar produsen teknologi raksasa dari seluruh dunia.

Mengikuti di belakang Fitbit, posisi kedua kembali jatuh ke tangan produsen lain yakni Xiaomi. Perusahaan asli Negeri Tiongkok ini mampu mengungguli Apple dengan raihan 3,7 juta unit. Baru setelahnya Apple bercokol di posisi ketiga, yang diikuti dengan Garmin dengan 900 ribu unit dan Samsung dengan 700 ribu unit.




Jatuhnya Para Raksasa Teknologi

Dalam persaingan produk wearable device, nama Apple dan juga Samsung memang bisa dikatakan sebagai pemain besar dalam beberapa tahun belakangan. Namun ternyata pada awal tahun ini, kedua perusahaan tersebut belum mampu menunjukkan pencapaian bisnis yang menggembirakan.

Dari sini muncul beberapa pandangan terkait alasan mengapa perusahaan teknologi besar justru banyak mengalami kemunduran. Salah satu yang paling mencuat adalah, karena semakin banyak produsen baru seperti Xiaomi dan juga Fitbit yang hadir menawarkan produk kualitas tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, konsumen global juga melihat bahwa, kekuatan merek tidak lagi menjadi penentu utama dalam memilih sebuah produk teknologi.

Baca juga: Kalah Di Smartphone, Nokia Kini Optimis Garap Industri Kesehatan Digital

Apple Watch Masih Tetap Diminati

Meski dalam jumlah total mengalami kemunduran, namun produk Apple Watch yang menjadi andalan pabrikan Apple, ternyata masih menjadi yang terdepan untuk jenis produk #smartwatch atau jam pintar. Jumlah penjualan AppleWatch pada Kuartal I 2016 masih menjadi yang terbesar yakni mencapai 1,5 juta. Di belakangnya Samsung yang juga mempunyai fokus untuk mengembangkan jam pintar, menduduki posisi kedua dengan total penjualan 700 ribu unit.

Secara keseluruhan, IDC mencatat bahwa trend penjualan wearable device pada awal tahun 2016 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pasalnya dari data yang dimiliki, menunjukkan sebanyak 19,7 juta wearable device telah dipasarkan ke seluruh dunia. Angka tersebut praktis naik 67,2% dibanding tahun 2015 lalu.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud