Automatic Alternative Text ~ Fitur Terbaru Facebook AgarTunanetra Bisa “Melihat” Foto

Automatic Alternative Text

Image dari Independent.co.uk

Facebook terus mengembangkan teknologinya yang berwujud berbagai fitur canggih. Keberadaan fitur Facebook memang terus saja menghiasi laman dan kolom tekno di berbagai situs setiap waktu. Dengan stabilitas dan kemajuan bisnis yang diperoleh, Facebook memang sangat mungkin untuk terus mengembangkan aplikasi media sosial ini guna menjadi lebih baik lagi. Ditunjang lagi dengan keinginan founder-nya Mark Zuckerberg yang selalu berambisi mengembangkan #Facebook, membuat jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat ini makin melaju kencang ke depan.

Dan baru-baru ini, ada sebuah #teknologi canggih yang telah berwujud fitur menarik. Fitur ini sendiri bernama Automatic Alternative Text. Lalu seperti apakah fitur Automatic Alternative Text ini? Berikut ulasannya.

Kegunaan Fitur Automatic Alternative Text

Fitur terbaru yang bernama Automatic Alternative Text ini memang sangat menarik. Pasalnya dengan teknologi yang ada di dalamnya maka akan membuat para tunanetra yang notabene tak bisa melihat maka dengan fitur ini akan membuat mereka bisa “melihat” foto yang ada di Facebook. Tentu hal ini sangat fantastis untuk ukuran sebuah kemampuan sebuah teknologi.

Apalagi hal ini muncul dari sebuah #media sosial yang tidak berfokus utama pada sebuah penciptaan teknologi.

Artikel lain: Facebook Mentions ~ Fitur Facebook yang Bisa Dekatkan Fan dengan Idolanya




Bagaimana Caranya?

Pasti kita penasaran bagaimana teknologi ini bisa bekerja membuat para tunanetra mampu “melihat” foto di Facebook? Meski tak sepenuhnya mampu melihat seperti pada pandangan orang normal, namun dengan teknologi yang dihadirkan Facebook maka para tuna netra ini akan mampu membayangkan atau menggambarkan foto sebenarnya dalam imajinasinya.

Jadi ketika fitur Automatic Alternative Text ini diaktifkan maka pertama-tama ia akan membacakan deskripsi setiap foto yang ditemui di linimasa media sosial tersebut. Jadi berbagai objek yang ada di dalam foto akan disebutkan satu per satu hingga bisa didengar pengguna tunanetra. Contoh fitur ini menyebutkan ada pohon, ada dua orang saling berpandangan dan ada juga bangku taman yang diduduki oleh dua orang tersebut.

Teknologi Pengenal dan Kecerdasan Buatan

Mengapa Facebook mampu menyebutkan beragam objek yang ada di foto? Jawabannya karena Facebook telah dilengkapi dengan teknologi pengenal objek dari jaringan syaraf buatan yang memiliki miliaran parameter dan telah dilatih dengan jutaan contoh. Ya dengan teknologi kecerdasan buatan ini, maka Facebook akan mampu menjangkau lebih banyak lagi pengguna-pengguna yang belum mampu menggunakan media sosial ini.

Namun karena penyebutan objek ini berbahasa Inggris maka fitur Automatic Alternative Text ini baru bisa digunakan di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia serta Selandia Baru. Satu lagi fitur ini juga masih tersedia dalam platform #iOS. Kendati demikian, menurut pihak Facebook ia sedang berencana merilis fitur itu ke berbagai bahasa di negara lain serta perluasan ke platform lain seperti Android dalam waktu dekat ini.

Latar Belakang Pembuatan Fitur Automatic Alternative Text




Mengapa Facebook membuat fitur ini? Selain untuk menjangkau pengguna yang lebih besar, adanya sebuah fakta bahwa konten visual telah menjadi bagian terbesar di media sosial membuat Facebook bergerak. Konten visual memang telah membuat cara berkomunikasi baru di dunia online yang dianggap lebih menyenangkan dan ekspresif bagi banyak orang.

Sayangnya keberadaan konten visual yang makin banyak dipakai ini tidak bisa dinikmati oleh tunanetra maupun mereka yang mengalami gangguan penglihatan berat. Menurut pihak Facebook, ada angka lebih dari 39 juta tunanetra dan lebih dari 246 juta orang yang memiliki gangguan penglihatan. Tentu hal ini sangat disayangkan.

Baca juga: Photo Magic ~ Fitur Terbaru Facebook Untuk kenali Wajah Teman

Mencoba Mengembangkan Kecerdaasan Buatan

Sejak dahulu facebook memang diketahui sudah serius mengembangkan teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengenali berbagai objek dalam sebuah foto. Untuk mewujudkan hal ini beragam cara dilakukan salah satunya dengan memakai jejaring syaraf yang meniru fungsi otak untuk mengenali objek.

Dari sini kemudian mereka melatih kecerdasan buatan tersebut memakai jutaan contoh gambar. Dari beragam usaha yang dilakukan akhirnya muncullah fitur bernama Automatic Alternative Text ini yang bekerja membuat deskripsi dan memungkinkan pengguna tuna netra mampu “melihat” (menggambarkan gambar dengan pasti) foto yang ada di Facebook.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud