Tentang Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

Author-Rank-SEO-dan-Google-Plus

Para pelaku internet marketing, blogger, web master, dan pengguna internet lainnya, pasti sudah tahu tentang keberadaan media sosial Google plus. Ini adalah salah satu media sosial yang saat ini sudah mulai trend di kalangan blogger, terutama internet marketer yang sering menggunakan Google. Menurut saya, munculnya media sosial yang diciptakan oleh Google ini tidak hanya ingin menyaingi “keperkasaan” media sosial lainnya seperti Twitter dan Facebook. Saya melihat ada misi lain yang sedang dilakukan oleh pihak Google dengan media sosialnya ini.

Google sangat fokus pada core bisnis mereka, yaitu layanan Search Engine pada seluruh dunia. Mereka ingin memberikan hasil pencarian yang bisa membantu para pengguna Search Engine Google dengan menampilkan halaman website yang berkualitas. Kalau dulu, banyak sekali internet marketer yang bisa mengakali hasil pencarian di Google, namun setelah pengembangan algoritma Google Panda dan Penguin, ceritanya sudah berbeda sekarang.

Namun, Google merasa masih ada yang kurang. Mereka ingin halaman utama hasil pencarian di Search Engine Google diisi dengan konten yang berkualitas dan berasal dari Author yang punya kompetensi di bidangnya. Dari sinilah pertama kali muncul ide mereka untuk membuat Google Authorship. Pertama kali mereka membuat pendekatan tentang ini yaitu ketika Pubcon 2011, yang diungkapkan oleh Enginer Senior Google, Matt Cutts. Kutipan dari pernyataan Matt Cutts




Social is a good way to create a reputation for authors. If the reputation of content authors is transparent, it will make the whole web better.

Kalau Anda sering menggunakan Search Engine Google, pasti Anda akan melihat tampilan foto dan nama penulis konten sebuah halaman website di dalam hasil pencarian Google. Mereka ingin membantu para pengguna mesin pencari Google untuk menemukan tulisan dari Author tertentu, dan Google juga memanfaatkan Author Rank (reputasi seorang penulis)  dalam penentuan ranking sebuah halaman situs di halaman pencarian mereka.

Artikel terkait: Menghadapi perubahan algoritma Google

Berbeda dengan algoritma yang lama, hasil pencarian Search Engine Google saat ini sangat dipengaruhi oleh Author Rank seorang penulis konten. Jika seorang penulis konten memiliki reputasi yang baik, maka kemungkinan besar setiap artikelnya akan diprioritaskan di halaman pencarian, terutama bila si penulis memiliki spesialisasi atau fokus membuat konten pada topik tertentu di sebuah situs.

Jika seseorang sudah mengimplementasikan Google Authorship di situs mereka, maka konten mereka yang berada pada hasil pencarian Google akan menampilkan gambar Thumbnail dan link menuju profile si penulis di Google Plus. Contoh tampilannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 1

Gambar 2

Bagaimana Cara Menerapkan Google Authorship Pada Situs?

Saat ini, sudah banyak website yang memasang Google Authorship di situs mereka, dengan tujuan agar pengguna Search Engine Google lebih mengenal siapa penulis atau pembuat konten di sebuah situs. Selain itu, penerapan Google Authorship ini akan sangat berpengaruh pada ranking sebuah konten di dalam hasil pencarian Google, dengan catatan si penulis konten memiliki Author Rank yang bagus. Saya sendiri memiliki Author Rank 88 dari 100, angka yang sangat baik menurut saya. Untuk mengetahui Author Rank Anda, silahkan cek di sini.




Cara menerapkan Google Authorship sebenarnya sangat mudah, berikut ini adalah caranya:

1. Anda harus membuat akun Google Plus (G+). Caranya mudah sekali, cukup dengan memiliki akun email di Gmail. Lengkapi akun Google plus Anda dengan Biodata, Foto, dan informasi lain.

2. Setelah akun G+ Anda siap, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi bahwa Anda adalah Author dari website/ blog tersebut. Cara termudah adalah dengan memasang URL Google Plus Anda di dalam website/ blog. Untuk blog WordPress bisa memasukkan URL Google Plus di bagian profile blog WordPress nya. Lalu tambahkan link website Anda di halaman Google plus Anda, tepatnya di halaman “About” di bagian “Contributor To”. Lihat gambar di bawah,

Author Rank & SEO Di Masa Yang Akan Datang

Saat ini dan di masa-masa yang akan datang, Author Rank akan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam SEO. Jika ingin konten di website/ blog Anda mendapat perhatian dari mesin pencari Google, maka Author Rank yang baik akan sangat membantu sekali. Ini adalah cara baru untuk meningkatkan Authority sebuah domain, tidak seperti dulu yang sangat memperhatikan jumlah backlinks.

Beberapa orang salah mengartikan tentang Author Rank. Mereka menganggap bahwa semakin banyak yang memasukkan dia di dalam lingkaran Google plus orang lain, maka Author Rank nya akan semakin baik. Bahkan ada beberapa orang yang membuat banyak akun “Fake” di Google plus lalu memasukkan akun utamanya ke dalam lingkaran akun Fake tadi. Mereka berpikir itu akan berpengaruh pada Author Rank. Tidak seperti itu. Author Rank itu lebih kepada konten berkualitas pada niche tertentu, dan juga adanya keterlibatan orang lain dengan Anda.

Artikel lain: Memilih jasa SEO

Menurut saya, Google Page Rank (PR) yang selama ini dikejar-kejar para blogger tidak begitu ampuh lagi dalam SEO. Karena Author Rank sudah lebih diperhatikan oleh Google. Saya mengatakan hal ini bukan karena SOK TAU, tapi melihat beberapa riset kecil-kecilan yang saya lakukan tentang Author Rank dan Google Page Rank.

Saya perhatikan, situs yang memiliki Author Rank tinggi tapi PR nya rendah, kontennya banyak ditampilkan di halaman utama Google. Ini artinya, Google menganggap bahwa konten itu berkualitas namun belum begitu terekspose selama ini. Sebaliknya, situs yang memiliki PR tinggi tapi Author Rank nya sangat rendah, ini bisa dicurigai over backlinks oleh Google. Dan yang terbaik adalah situs Anda harus memiliki Author Rank tinggi dan PR nya juga tinggi, dijamin konten yang Anda tulis cepat masuk halaman utama Google.



63 total comments on this postSubmit yours
  1. Authorship Twitter juga penting lho..

  2. gimana caranya agar bisa juga ke facebook untuk ketika posting langsung ke google +, facebook. twitter??mohon bantuannya

  3. beberapa kasus blog yang saya punya, sulit sekali untuk memunculkan foto google+ di pencarian google

  4. Saya lupa baca dimana tapi ada di inbox dari feed langganan
    kalau tidak salah si kedepannya author anonymous akan lebih tidak dianggap oleh serp google dibandingkan dengan author yg real atau yg mencantumkan identitasnya termasuk menggunakan profil g+ dll

  5. Dapet author rank 88, lumayan. Untuk merubah kode gplus yang “115659462870693266302” menjadi “+NamaPemilik” gimana ya mas?

    • Kalau itu hadiah dari Google Plusnya mas. Waktu itu saya dikirim email sama pihak Google, saya diarahkan untuk membuat url Google plus saya dengan menggunakan nama.

  6. author rank saya 88 juga bang :)
    alhamdulillah blog saya traffiknya naik , walau pelan tapi pasti :)

  7. ” Untuk blog WordPress bisa memasukkan URL Google Plus di bagian profile blog WordPress nya”
    om mau nanya, saya pakai WordPress untuk web saya, cara memasukkan URL Google Plus di wordpress saya gimana? saya udah nyari 2 ga ada kolomnya…

    • Masuk ke bagian Users di WordPress, terus edit salah satu user yang mau ditambahkan url Google Plus. Di sana ada kolom untuk memasukkan url Google plus dan media sosial lainnya.

  8. cek author rank di mana mas ?

  9. banyak ahli soe bertebaran..membuat dinamika keilmuaan semakin berkhasanah..mks max..

  10. kalo backlingnya copas gmn mas..

    • Jangan copas, ga ada gunanya. Mendingan ditulis ulang atau disadur ulang.

  11. bang kalo pesan dibawah ini apa yang kurang yah?

    Email verification has not established authorship for this webpage.
    Email address on the abc.com domain has been verified on this profile: Yes
    Public contributor-to link from Google+ profile to abc.com: Yes
    Automatically detected author name on webpage: Not Found.

    • Itu artinya profil G+ Belijong tidak terdeteksi di website Belijong.com. Coba masukkan kode rel authornya ke dalam website.

      • thanks masukannya gan,
        masukin kode rel author yang di head bukan bang? yang kayak ini nggak bisa
        apa di website kitanya mesti bikin menu halaman buat nge link ke profil g+ nya? newbie tulen ni, maaf kalo kurang berkenan, tgl di delete aja

      • maaf head yang ini maksudnya: link rel = author href = http//plus.google. com/ 123456789>

  12. alhamdulillah dapat 85 author rank nya hehehe

  13. Wahh, punya google author rank nya dapat 86, dah bagus tuh..

  14. lumayan, dapet 86 :)

    thanks om dah share ilmunya

  15. mkasih ..nmbah ilmu nih.. trus bgaimana dengan Domain Authority ? lebih penting manakah antara DA dan AR?

    • Dua-duanya penting, saya tidak memprioritaskan salah satu tapi keduanya.

  16. makasih sangat membantu artikelnya, selama ini hanya menjafdi G+ untuk tempat nyepam hehe, sekarang harus mulai melirik untuk mengunakan G+ lebih baik lagi. thanks

  17. selamat berkenalan juga dari blogger Malaysia.. :)

    • Trimakasih sudah berkunjung balik dan meninggalkan komentar di blog saya, :)

    • Mas, kalo supaya rating postingan muncul di pencarian google gitu caranya gimana ya mas?
      terima kasih.

      • Kalau di wordpress bisa pake plugin, kalau di blogspot pake script mas. Silahkan googling ya hehehe :)

  18. cara meningkatkan author rank gimana mas? faktor2nya apa aja

    • Salah satu caranya adalah sering posting konten yang topiknya fokus pada satu niche, misalnya tentang automotive. Kalau kamu suka otomotive tentunya pasti bisa posting banyak konten bagus tentang otomotiv. Lalu optimasi tiap konten tersebut dengan promosi di media sosial, beri backlinks, aktif di forum yang se-niche dengan keahlian kamu, dan tinggalkan link ke akun Google plus kamu di signature. Intinya, buatlah konten-konten bagus kamu jadi lebih terkenal, otomatis author rank kamu juga akan naik. Btw jangan lupa sebelumnya memasang link webnya di Google plus dan memasang URL google plus di web kamu. Good luck :)

  19. caranya biar tahu id google gimana ya?

  20. Salam kenal mas makmanroe, kalau boleh tahu gimana sih cara optimasi yang dilakukan oleh mas untuk situs ini agar bisa berada diposisi top google. Terutama sisi backlinknya. Terima kasih sebelumnya

  21. jadi kalau sudah menerapkan google autorship bisa jadi jaminan gak dihasil pencarian search engine bakal diprioritaskan?
    saya sudah menerapkan google autorship :)

    • Ya tergantung Author Rank nya mas… :) Dan untuk mendapatkan Author Rank yang bagus butuh waktu

  22. Sekarang ini banyak bener ya ranking-ranking di dunia internet.
    Membuat newbie semakin bingung aja.
    Hehehe………

3 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud